Sponsors Link

7 Ciri ciri Batu Ginjal Awal Wajib Diketahui

Sponsors Link

Batu ginjal adalah salah satu penyakit berbahaya yang harus dihindari oleh semua orang. Oleh karena itulah, kita harus mengetahui apa saja ciri ciri batu ginjal awal agar bisa menghindari penyakit tersebut dengan mudah. Ada beberapa ciri-ciri batu ginjal yang bisa kita gunakan untuk mengetahui apakah kita akan mengalami penyakit batu ginjal ataukah tidak. Dengan demikian kita bisa menanganinya dengan lebih cepat dan mencegah munculnya batu ginjal yang lebih parah. Hal ini sebagaimana fungsi dalam mengetahui apa saja ciri ciri batu ginjal pada laki laki.

ads

Beberapa ciri ciri batu ginjal awal tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Meningkatnya suhu badan

Ketika mengalami batu ginjal, maka pada awalnya kita bisa mengalami peningkatan suhu badan. Hal tersebut bisa terjadi karena batu ginjal bisa menyebabkan infeksi atau iritasi pada saluran kemih ataupun ginjal, dan bagian tubuh lain yang memungkinkan batu ginjal tersebut berada. Oleh karena itu, apabila suhu badanmu panas disertai dengan munculnya gejala yang lainnya, kamu harus berhati-hati dan lebih baik segera memeriksakan diri.

2. Warna urine menjadi lebih pekat

Walaupun masih berada dalam tahap awal, akan tetapi batu ginjal bisa membuat terjadinya perubahan warna urine menjadi lebih pekat. Hal tersebut bisa disebabkan karena adanya pencampuran urine dengan bau ginjal, ataupun karena darah yang keluar dari bagian yang terluka karena batu ginjal bercampur dalam urine yang kita keluarkan. Oleh karena itulah, ketika kamu melihat terjadinya perubahan urine yang kamu keluarkan, ada baiknya kamu segera memeriksakan diri.

3. Muncul rasa nyeri pada bagian sekitar pinggang

Batu ginjal, walaupun masih berada pada tahap awal tetap bisa menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman pada bagian tubuh tempatnya berada. Oleh karena itulah, pada awal kamu menderita batu ginjal pun, akan mulai muncul rasa nyeri yang terasa di sekitar pinggang dan pada akhirnya akan membuatmu terasa tidak nyaman ketika beraktivitas. Oleh karena itulah, salah satu ciri ciri batu ginjal sudah sembuh adalah hilangnya rasa nyeri pada bagian-bagian tubuh tersebut.

4. Muntah dan mual

Batu ginjal juga bisa membuatmu merasakan rasa mual yang hebat dan akhirnya memicu dirimu untuk muntah-muntah. Pada awal munculnya penyakit ini, mungkin mual dan muntah yang dialami tidak begitu banyak atau sering, akan tetapi kamu tetap harus mewaspadainya apabila lambat laun mual dan muntah yang kamu alami bertambah sering. Sebaiknya segera periksakan dirimu ketika kamu telah merasa tidak nyaman.

5. Muncul rasa nyeri saat buang air kecil

Salah satu ciri ciri batu ginjal awal adalah munculnya rasa nyeri ketika kamu membuang air kecil. Rasa nyeri ini bisa muncul karena batu ginjal sekecil apapun itu akan mempengaruhi proses pengeluaran air kencing yang akan kamu lakukan. Oleh karena itulah, apabila kamu mulai mengalami rasa nyeri ketika buang air kecil, ada baiknya kamu segera memeriksakan dirimu karena hal itu bisa menjadi pertanda bahwa kamu sedang mengalami masalah pada ginjal. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk pengaruh batu ginjal pada kehamilan.

6. Buang air kecil menjadi lebih sering

Adanya batu ginjal pada saluran kemih kita ataupun pada bagian ginjal kita, akan membuat tubuh kita menjadi lebih sering dalam mengeluarkan air kencing. Hal itu disebabkan karena kita sulit untuk mengeluarkan air kencing secara tuntas dan pada akhirnya air kencing akan menumpuk sementara kita perlu mengeluarkan air kencing tersebut. Oleh karena itulah buang air kecil akan menjadi lebih sering bagi kita yang mengalami masalah batu ginjal. Semakin besar batu ginjal yang ada di dalam saluran kemih atau ginjal, semakin sering pula kita akan mengeluarkan air kencing.

Sponsors Link

7. Air kencing lebih sulit keluar

Walaupun kita jadi lebih sering buang air kencing, akan tetapi bukan berarti semakin banyak air kencing yang kita keluarkan. Justru sebaliknya, ketika kita mengalami batu ginjal, maka air kencing yang kita keluarkan setiap kencing justru akan menjadi lebih sedikit. Hal itu disebabkan karena batu ginjal yang menghambat laju aliran air kencing kita, sehingga air kencing menjadi keluar sedikit demi sedikit.

Cara Mengatasi Batu Ginjal

Setelah mengetahui berbagai macam ciri ciri batu ginjal di atas, tentunya kita bisa menghindari batu ginjal dengan lebih cepat. Sebagimana apabila kita bisa mengetahui ukuran batu ginjal yang harus dioperasi. Akan tetapi, bagaimana cara untuk mengatasinya? Tentunya kita perlu mengetahuinya juga bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah batu ginjal yang bisa kita lakukan secara mandiri ataupun dengan bantuan dokter.

Sponsors Link

  • Meminum jus seledri
  • Meminum jus basil
  • Mengonsumsi keji keling
  • Mengonsumsi kumis kucing
  • Memakan atau mengonsumsi buah mengkudu
  • Meminum jus lemon segar
  • Mengonsumsi minyak zaitun
  • Meminum cuka apel murni
  • Mengonsumsi uva ursi
  • Mengonsumsi ramuan akar dandelion
  • Mengonsumsi air rebusan daun tempuyung

Nah, itulah beberapa cara mengatasi batu ginjal yang bisa kamu coba dan kamu terapkan secara mandiri di rumahmu ataupun dengan bantuan dokter. Semakin cepat kami mengobati penyakit batu ginjalmu, semakin cepat pula kamu bisa sehat kembali. Tentunya mengobati batu ginjal ketika baru pada tahap awal pasti akan lebih mudah dan lebih cepat daripada ketika batu ginjal telah membesar. Oleh karena itulah, ciri ciri batu ginjal awal di atas pasti akan sangat bermanfaat. Jangan lupa pula untuk mempelajari manfaat lemon untuk batu ginjal juga ya.

Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,