Sponsors Link

8 Ciri ciri Batu Ginjal Wajib Diketahui

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang wajib dijaga kesehatannya, seperti organ-organ tubuh yang lain. Dengan memiliki organ ginjal yang sehat, maka tubuh kita akan mendapatkan berbagai macam manfaat karena organ tubuh kita akan bekerja dengan baik. Sementara itu, apabila organ ginjal sakit atau terkena masalah tertentu, maka akan ada banyak sistem tubuh yang terpengaruh karena kerusakan pada organ yang satu ini bisa menyebabkan masalah pada sistem tubuh yang lain.

ads

Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan ginjal adalah karena penyakit, serangan virus, dan beberapa hal lain seperti luka fisik pada ginjal. Penyakit adalah hal yang paling umum membuat ginjal mengalami gangguan fungsi. Beberapa penyakit yang bisa menyerang ginjal di antaranya antara lain adalah gagal ginjal, ginjal bengkak, ginjal bocor, ginjal mengecil dan salah satunya merupakan batu ginjal. Batu ginjal adalah salah satu jenis penyakit yang serius karena bisa menimbulkan berbagai komplikasi ginjal, bahkan yang paling parah adalah kematian. Tidak jarang, penyakit-penyakit ginjal yang lain seperti misalnya gagal ginjal terjadi karena didahului oleh penyakit batu ginjal yang tidak teratasi dengan baik. Oleh karena itulah kamu perlu mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal supaya tidak terkena masalah semacam itu.

Secara singkat, batu ginjal merupakan sebuah keadaan adanya kristal padat oksalat atau kristal yang terbuat dari bahan lain selain oksalat yang berada di saluran kemih, atau bisa pula berada di dalam ginjal, sehingga menyumbat atau mempersulit aliran cairan yang ada di antara saluran-saluran tersebut sehingga akan mengganggu kinerja ginjal. Apabila batu ginjal semakin besar, maka iritasi pada ginjal atau saluran kemih bisa terjadi dan dampak lainnya adalah mengakibatkan cairan tidak bisa keluar atau masuk ke dalam sistem saluran kemih dan ginjal dengan optimal. Oleh karena hal tersebut, maka batu ginjal bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal, ginjal bengkak, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana caranya supaya kamu bisa mengatasi dan mencegah penyakit batu ginjal? Tentu saja kamu harus mempelajari beberapa hal penting dan mendasar tentang penyakit batu ginjal, terutama pada ciri ciri batu ginjal supaya kamu bisa menghindari penyakit batu ginjal dengan mudah dan bisa mengidentifikasinya dengan cepat. Sudah siap kan? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita bahas.

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Batu Ginjal

Ciri ciri batu ginjal pada dasarnya sangat bermanfaat untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita batu ginjal yang masih berada dalam stadium awal, serta untuk mencegah bertambah parahnya batu ginjal yang telah diderita oleh penderita penyakit ginjal tertentu. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri atau gejala batu ginjal yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi adanya batu ginjal atau tidak pada tubuhmu.

1. Tingginya suhu badan secara konsisten dan sulit dihilangkan

Batu ginjal akan menyebabkan peningkatan suhu badan manusia, terlebih apabila bati ginjal telah mengakibatkan infeksi atau iritasi yang parah pada tubuh seseorang. Oleh karena itulah, ketika kamu menderita batu ginjal, khususnya ketika telah terjadi infeksi, maka suhu badan yang kamu miliki akan bertambah alias kamu akan mengalami demam atau panas. Hal tersebut sebagai wujud respons tubuh terhadap infeksi yang telah terjadi di dalam rongga ginjal.

Sponsors Link

2. Terjadi perubahan warna urine menjadi lebih pekat

Batu ginjal juga akan menyebabkan terjadinya perubahan warna urine yang kamu miliki menjadi lebih pekat. Hal tersebut diakibatkan karena adanya campuran urine dengan darah yang disebabkan karena iritasi pada dinding ginjal, atau bisa pula karena tercampurnya zat warna pada kristal batu ginjal dengan urine yang telah diproduksi oleh ginjal. Apabila urinemu berubah menjadi pekat tanpa sebelumnya kamu meminum atau memakan makanan tertentu, besar kemungkinan hal tersebut merupakan salah satu indikasi bahwa ginjal sedang mengalami masalah termasuk di antaranya adalah adanya batu ginjal.

3. Munculnya rasa nyeri yang parah pada bagian sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul

Batu ginjal akan mengakibatkan infeksi yang cukup serius dan hal ini pasti akan bisa dirasakan oleh saraf perasa rasa sakit yang kita miliki di tubuh kita. Salah satu rasa sakit yang akan muncul ketika kamu menderita batu ginjal adalah adanya rasa sakit pada bagian punggung bawah pinggul atau pada bagian sisi tubuh yang dekat dengan ginjal, sebagai wujud respons atas rasa sakit yang ditimbulkan dari iritasi ginjal karena batu ginjal.

ads

4. Sering kali diiringi dengan mual dan muntah yang intens

Beberapa ciri-ciri adanya penyakit batu ginjal juga adalah mual dan muntah yang intens. Hal ini disebabkan karena gangguan yang terjadi pada bagian dalam ginjal akan memicu tubuh untuk melakukan pengeluaran zat-zat tertentu dari dalam tubuh atau bisa pula disebabkan karena hal yang lain.

5. Adanya nyeri saat buang air kecil

Ketika ada batu ginjal di dalam tubuh, apalagi ketika telah terjadi iritasi, maka hal tersebut bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri utamanya ketika buang air kecil. Hal tersebut diakibatkan karena adanya gesekan antara cairan dengan bagian saluran kemih atau ginjal yang telah terluka. Oleh karena cairan kencing biasanya memiliki kadar asam tertentu, hal tersebut bisa membuat tubuh kita mengalami rasa nyeri ketika buang air kecil.

6. Buang air kecil menjadi lebih intens

Adanya batu ginjal juga bisa membuat kita akan jadi lebih sering melakukan kencing. Hal tersebut dikarenakan karena adanya batu ginjal membuat aliran air kencing tidak lancar dan sulit dikeluarkan, sehingga sebelum terdapat air kencing dalam jumlah yang cukup untuk mendesak batu tersebut keluar, akan sulit untuk dikeluarkan dengan baik. Oleh karena itulah para penderita batu ginjal khususnya akan lebih sering buang air kencing. Tanda yang satu ini juga merupakan salah satu gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria.

7. Air kencing lebih sulit keluar

Walaupun buang air kecil menjadi lebih sering, akan tetapi para penderita ginjal juga akan mengalami masalah air kencing yang keluar hanya sedikit-sedikit ketika mereka kencing. Hal tersebut disebabkan karena adanya batu ginjal yang membuat saluran kencing tertutupi. Dengan demikian air kencing hanya bisa keluar sedikit demi sedikit, tergantung berapa besar celah yang terdapat pada saluran kencing yang ada di dalam tubuh penderita batu ginjal tersebut.

8. Urine berbau busuk

Ciri-ciri dari batu ginjal berikutnya adalah perubahan bau pada urine yang menjadi lebih busuk daripada urine pada umumnya. Hal ini kemungkinan disebabkan karena adanya interaksi urine dengan kristal oksalat serta karena adanya pencampuran cairan darah dengan urine.

Penyebab Batu Ginjal

Selain memahami ciri ciri batu ginjal, agar kita bisa menghindari batu ginjal dengan baik, tentu saja hal lain yang perlu kita ketahui adalah apa saja hal-hal yang akan menyebabkan munculnya masalah batu ginjal tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab batu ginjal yang bisa kamu hindari agar tidak terjangkit masalah batu ginjal.

  • Adanya proses pembentukan urine yang tidak sempurna pada ginjal dan saluran kemih sehingga gagal menghasilkan zat pemisah untuk memisahkan zat-zat kristal yang ada di saluran kemih
  • Seringnya mengonsumsi makanan tinggi kalsium yang terlalu banyak
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan oksalat
  • Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung kadar asam urat tinggi
  • Kadang kala, batu ginjal juga disebabkan karena faktor genetika alias karena masalah keturunan
  • Terjadinya infeksi ginjal
  • Gaya hidup dan pola konsumsi yang buruk
  • Terlalu sedikit atau kurang banyak minum air
  • Memakan makanan penyebab sakit ginjal
  • Kurang memakan makanan yang baik untuk ginjal
  • Memakan terlalu banyak makanan tinggi protein terutama protein hewani tanpa diimbangi dengan minum air yang cukup
  • Adanya produksi asam amino sistinuria yang berlebihan oleh ginjal

Sponsors Link

Cara Mengatasi Batu Ginjal

Mengetahui ciri-ciri dan penyebab dari batu ginjal mungkin bisa membantu dalam upaya untuk menghindari batu ginjal. Akan tetapi, bagaimana caranya supaya kita bisa mengatasi batu ginjal sejak awal ketika kita telah mengalami masalah ini? Berikut ini adalah beberapa minuman atau makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membantu mengatasi batu ginjal.

  • Jus seledri
  • Jus basil
  • Keji keling
  • Kumis kucing
  • Mengkudu
  • Lemon segar
  • Minyak zaitun
  • Cuka apel murni
  • Uva ursi
  • Akar dandelion
  • Daun tempuyung
  • Daun dadap
  • Daun gempur batu
  • Daun alpukat
  • Buah manggis
  • Teh Horsetail
  • Jus Buah Delima
  • Seledri
  • Teh basil

Itulah beberapa hal yang bisa kita ketahui tentang batu ginjal, dimulai dari ciri ciri batu ginjal sampai dengan bagaimana mengatasi batu ginjal dengan mudah dan cepat. Semoga dengan pembahasan di atas kamu bisa mengatasi batu ginjal ya. Jangan lupa untuk membacaatau tips menjaga kesehatan ginjal agar kamu bisa merawat ginjal dengan sempurna. Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,