Sponsors Link

7 Ciri ciri Albuminuria Wajib Diketahui

Sponsors Link

Penyakit albuminuria adalah suatu penyakit terdapatnya konsentrasi albumin pada urine. Albumin adalah suatu jenis protein yang terdapat pada urine. Pada umumnya, tidak terdapat konsentrasi albumin yang besar pada urine, oleh karena itulah ketika albuminuria terjadi, hal itu menunjukkan adanya permasalahan pada ginjalmu.

ads

Supaya kamu bisa mengidentifikasi apakah kamu mengalami albuminuria atau tidak, maka beberapa ciri ciri albuminuria di bawah ini, beserta informasi lainnya mungkin bisa baca. Apa saja ciri ciri albuminuria tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Gejala dan Ciri Albuminuria

Beberapa ciri ciri albuminuria atau gejala albuminuria yang merupakan salah satu gejala penyakit ginjal, adalah sebagai berikut.

1. Terjadinya pembengkakan pada wajah

Pembengkakan ini terjadi karena tidak sempurnanya sistem metabolisme tubuh bekerja karena terjadinya masalah pada ginjal. Salah satu gejala albumin adalah terjadinya pembengkakan pada wajah.

2. Terjadinya pembengkakan pada pergelangan tangan

Layaknya pembengkakan pada wajah, pembengkakan pada pergelangan tangan terjadi karena tidak sempurnanya sistem metabolisme tubuh bekerja karena terjadinya masalah pada ginjal.

3. Terjadinya pembengkakan pada kaki dan area perut

Seperti dua masalah di atas, pembengkakan pada kaki dan perut juga terjadi karena tidak sempurnanya sistem metabolisme tubuh bekerja karena terjadinya masalah pada ginjal.

4. Adanya kandungan albumin pada urine

Seperti namanya, ciri ciri albuminuria yang paling jelas adalah adanya kandungan albumin pada urine yang bisa dideteksi melalui pemeriksaan urine. Urine dengan kandungan protein albumin yang melimpah akan ditandai dengan warna urine keruh, bercampur dengan nanah, darah dan juga memiliki berbau tidak sedap yang mencolok. Apabila hal ini telah terjadi, maka dapat dipastikan bahwa orang tersebut menderita albuminuria.

5. Pinggang terasa nyeri

Kandungan protein dalam urine disebabkan karena kerusakan jaringan penyaringan cairan pada ginjal. Kerusakan jaringan penyaringan cairan dalam organ ginjal akan menyebabkan munculnya nyeri pada pinggang yang sering kali muncul. Hal ini juga bisa menjadi tanda adanya keharusan atau penyebab cuci darah.

6. Ginjal sakit

Mengalami sakit ginjal merupakan salah satu ciri seseorang bisa mengalami albuminuria. Oleh karena itu perlu dianalisis lebih lanjut apakah penyakit ginjal mereka menyebabkan albuminuria atau tidak, walaupun pada umumnya adalah iya.

7. Tubuh menjadi mudah lelah

Gejala atau ciri ciri penyakit ginjal albuminuria berikutnya adalah tubuh menjadi mudah lelah karena jaringan perut yang mengalami permasalahan akibat terjadinya albuminuria.

Sponsors Link

Penyebab Albuminuria

Apa saja yang bisa menyebabkan albuminuria? Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa menjadi penyebab albuminuria yang perlu kamu hindari lo. Silakan simak daftar berikut ini ya!

  • Kekurangan cairan sehingga bisa menyebabkan penumpukan protein dalam tubuh
  • Terlalu banyak asupan nutrisi protein
  • Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C
  • Terlalu banyak mengonsumsi kalsium
  • Glomerulus memiliki beban kerja yang terlalu berat
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes
  • Pasien telah menderita penyakit hipertensi
  • Hilangnya kemampuan tubuh dalam mengendalikan jumlah cairan dalam tubuh
  • Konsumsi obat-obatan tertentu dan adanya infeksi yang memicu peningkatan jumlah protein dalam tubuh

Cara Mengatasi Penyakit Albuminuria

Ada berbagai macam cara mengatasi penyakit albuminuria yang bisa dilakukan oleh dokter, ataupun oleh diri kita sendiri. Pada umumnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau menyembuhkan penyakit albuminuria. Beberapa cara tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Stabilitasi kadar gula darah dalam tubuh pasien penderita albuminuria yang akan dilakukan oleh dokter
  • Pada pasien albuminuria yang mengalami atau telah menderita diabetes dan hipertensi, dokter bisa memberikan obat hipertensi jenis ACE Inhibitor yang memiliki khasiat untuk melindungi jaringan ginjal agar tidak rusak serta menjaga kadar gula darah agar tetap optimal
  • Mengurangi debit atau jumlah albumin dalam tubuh dengan cara memberikan obat diuretik ringan pada pasien penderita albuminuria
  • Mengurangi jumlah makanan-makanan tinggi protein dalam tubuh
  • Terapi steroid yang dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kadar protein dalam urine dan memblokir protein dalam urine
  • Mengonsumsi kembang kol untuk mempercepat proses penyembuhan albuminuria sekaligus mencegah albuminuria
  • Memasak makanan dengan menggunakan minyak minyak zaitun atau minyak jagung yang lebih baik daripada minyak kelapa dan minyak lainnya
  • Mengonsumsi banyak bawang putih untuk membantu memulihkan kerusakan yang terjadi pada ginjal akibat infeksi atau peradangan tertentu yang membahayakan bagi ginjal dan memicu terjadinya albuminuria
Sponsors Link

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui tentang albuminuria, termasuk ciri ciri albuminuria dan berbagai hal lain yang penting tentang albuminuria. Pada prinsipnya, albuminuria merupakan salah satu penyakit yang muncul karena permasalahan pada ginjal, dan untuk mengatasinya, maka kita juga perlu melakukan perawatan yang baik pada ginjal agar penyakit albuminuria ini bisa disembuhkan dengan baik dan benar.

Dengan melakukan pencegahan serta cara mengatasi yang tepat, maka kita bisa mengatasi masalah albuminuria, sebagaimana pada ginjal bengkak bisa sembuh. Akan tetapi, tentu saja mencegah lebih baik daripada mengobati, dan oleh karenanya lebih baik apabila kita menerapkan pola hidup sehat sejak saat ini agar bisa terhindar dari albuminuria yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter kepercaayaanmu sebelum melakukan penanganan untuk albuminuria ya. Selain itu, jangan lupa pula untuk membaca artikel ginjal lainnya yang telah kami sediakan untukmu.

Selamat menjaga kesehatanmu!

Sponsors Link
>
, ,