Sponsors Link

11 Cemilan Untuk Penderita Gagal Ginjal yang Super Sehat

Sponsors Link

Para penderita gagal ginjal akan di pantau dan di pertimbangkan tentang asupan dan bahan makanan apa saja yang mereka konsumsi perharinya. Karena sangat penting untuk mengatur ragam diet dan pola makan bagi penderita gagal ginjal. Karena ada beberapa makanan sehat yang tetap mejadi pantangan penyakit ginjal. Nah, walaupun demikian, para penderita gagal ginjal tetap memiliki keinginan untuk merasakan berbagai cemilan sehat yang di perbolehkan untuk mereka. Walaupun pola makan memang harus di kontrol dan di jaga dengan ketat, pastinya akan menimbulkan tingkat kejenuhan yang tinggi apabila para pasien gagal ginjal tidak dapat menikmati berbagai macam cemilan ringan.

ads

Cemilan atau snack merupakan makanan ringan yang dapat berupa kue, manisan, sayur – sayuran dan juga buah – buahan. Walaupun demikian, tidak semua jenis cemilan tentunya bisa di nikmati dengan bebas oleh penderita gagal ginjal. Sebelum berusaha memilih berbagai macam cemilan untuk penderita gagal ginjal, tentunya anda harus terlebih dahulu mengetahui tentang pantangan gagal ginjal kronik agar tidak memperparah kondisi kesehatan ginjal anda.

Bukannya melarang, tapi hanya harus lebih waspada dan berhati – hati dalam pemilihan menu makanan baik itu berupa cemilan maupun makanan berat yang di konsumsi sehari – hari. Berikut daftar cemilan untuk penderita gagal ginjal yang bisa anda kombinasikan dan aman untuk ginjal anda :

1. Kue Jahe

Ada banyak sekali manfaat kesehatan untuk tubuh yang di miliki oleh jahe. Seperti halnya dalam peranan untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh, mengencerkan darah yang membeku dan mengurangi nyeri sendi akibat adanya penyakit reumatik. jahe juga di gunakan untk pengobatan mual atau morningsickness, diare dan kram perut. Karena berbagai khasiat jahe yang juga ramah terhadap kesehatan ginjal ini maka jahe bisa di olah menjadi cemilan yang baik untuk penderita gagal ginjal berupa kue kering dari jahe.

2. Marshmallow

Sebenarnya marshmallow telah sering di pergunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi batuk kering dan sakit pada tenggorokan. Karena kandungan alaminya yang telah banyak berguna bagi kesehatan maka cemilan marshmallow juga menjadi salah satu obat penyakit ginjal yang harus anda ketahui. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat diatasi dengan marshmallow adalah pencegahan dari sakit maag, gangguan pencernaan dan ulkus lambung.

Sedangkan pada penhyakit diabetes di temukan sebuah reaksi di mana marshmellow dapat menjadi salah satu pengobatan alternatif untuk pengaturan kadar gula darah. Ini dikarenakan adanya kandungan mucilaginous yaitu senyawa aktif yang bisa mengurangi infeksi dari virus, bersifat antibakteri dan antitusif.

3. Wortel Muda

Wortel merupakan cemilan sehat untuk penderita gagal ginjal. Wortel yang terkenal akan fungsinya untuk menjaga kesehatan mata dan melembutkan kulit, Juga bisa menurunkan faktor resiko penyakit jantung. Senyawa caretonoids sangat efektif untuk mengendalikan resiko penyakit jantung. Wortel juga memiliki kandungan lutein, beta carotene dan alpha carotene. Memakan snack wortel mentah juga akan membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Karena wortel juga mengandung senyawa berupa serat yang berfungsi mengikay LDL yang beredar di dalam darah. Wortel juga merupakan cemilan sehat yang mampu mebantu kinerja hati dalam mengatasi masalah racun di dalam tubuh. Lemak dan LDL dapat di kendalikan dengan mengkonsumsi cemilan wortel.

4. Apel

Jika berbicara masalah apel dan manfaatnya bagi tubuh maka akan mendapatkan penjelasan yang sangat panjang. Karena apel memang salah satu buah buahan obat ginjal yang di rekomendasikan bagi penderita gagal ginjal. Ketika anda rutin mengkonsumsi cemilan sehat ini maka organ jantung anda akan lebih sehat karena kandungan dari senyawa fenolik yang terdapat di dalam kulit apel.

Sponsors Link

Adanya kandungan dari senyawa serat larut pada apel mampu untuk mencegah datangnya berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah diabetes. Sedangkan bagi penderita gagal ginjal yang memiliki sistem imunitas yang menurun maka apel akan membantu dalam meningkatkannya, karena apel mengandung senyawaquercetin atau termasuk kedalam zat anti oksidan.

6. Jus Mengkudu

Banyak sekali khasiat buah mengkudu untuk ginjal yang harus anda ketahui. Mengkudu memiliki kandungan nutrisi seperti mineral, vitamin dan protein. Selain itu mengkudu juga mengandung selenium yaitu senyawa anti oksidan yang lebih hebat dari anti oksidan biasa. Mengkudu juga mengandung senyawa fitronutrien yang baik untuk anti bakteri, meningkatkan kekebalan imunitas seluler, perbaikan sel tubuh dan anti virus.

ads

Mengkudu juga baik untuk membantu melancarkan peredaran darah sehingga mempelancar pengangkutan oksigen menuju daerah ginjal. Dan mengkonsumsi jus mengkudu akan mempermudah penderita gagal ginjal melakukan penyerapan zat – zat yang baik yang terkandung di dalam buah mengkudu. Mengkudu ini juga mengandung senyawa proxeronine dan xeronine untuk menurunkan level LDL.

7. Orange Cupcake

Banyak manfaat kesehatan yang di tawarkan oleh buah jeruk dan tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan ginjal anda. Jeruk juga sangat mengandung senyawa limonoid dimana kandungan ini dapat mencegah kanker kulit, payudara dan usus. Jeruk juga bagus untuk mengurasi resiko terkena batu ginjal. Adanya penelitian tentang rutin mengkonsumsi jeruk akan menurunkan faktor resiko untuk terkena batu ginjal. Nyeri yang hebat biasa di temukan pada penderita batu ginjal karena saluran sekresinya mengalami sembatan atau hambatan.

8. Salad Telur

Selain baik untuk kesehatan kulit telur juga merupakan sumber dari protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Putih telur juga memiliki kandungan penting akan sumber vitamin B dan asam folat. Kandungan dari kolin sangat bagus untuk perkembangan dan perbaikan sel tubuh yang mengalami kerusakan. Sedangkan kandungan dari kuning telur memang mengandung kolesterol, walaupun tidak selamanya kandungan kolesterol merupakan hal yang jahat bagi tubuh. Inilah mengapa banyak orang lebih menganjurkan untuk mengkonsumsi putih telur dibandingkan dengan kuning telur.

9. Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang memang sering di jadikan lalapan atau cemilan. Apalagi jika anda adalah seseorang yang menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka melakukan konsumsi mentimun mentah sebagai cemilan atau membuat jus mentimun adalah salah satu penanganannya. Kandungan dari zat magnesium, serat alami dan kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi anda.

Mengkonsumsi mentimun secara rutin dan teratur telah terbukti dapat mnegatasi berbagai masalah pencernaan seperti konstipasi, gastritis, perut mulas dan maagh. Selain hal tersebut, cemilan mentimun juga bagus bagi penderita diabetes karena senyawa mangan yang ada di dalam mentimun akan berfungsi dalam sintesis insulin di dalam darah. Mentimun juga bisa untuk menurunkan kadar dari LDL. Kandungan air yang terdapat pada mentimun dapat membantu terjadinya urinasi atau pembentukan urin dan memperlancar kinerja ginjal serta menjaga kesehatan kantong kemih.

10. Seledri

Seledri adalah tanaman obat dan sayuran yang selalu ada di daftar belanjaan para ibu rumah tangga. Selain untuk bumbu masak seledri sendiri memiliki bermacam kegunaan yang mungkin belum di ketahui oleh banyak masyarakat. Seledri mengandung senyawa apigenin yang berfungsi untuk menurunkan hormon stress dan berfungsi sebagai anti radang. Seledri juga bisa membantu dalam peningkatan dari sekresi asam empedu dan akan membantu menurunkan kadar dari LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Memiliki efek yang positif untuk menjaga dan menurunkan faktor resiko terkena serangan stroke dan juga mampu menjadi obat herbal penurun panas tubuh.

Sponsors Link

11. Anggur

Merupakan buah yang sangat sering di jadikan untuk cemilan, anggur memang baik untuk berbagai fungsi kesehatan tubuh. Anggur merupakan buah yang kaya akan senyawa flavanoid yang berfunsi untuk menurunkan kadar LDL dan juga senyawa kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan dari organ jantung. Tentunya hal ini akan meringankan kinerja ginjal dan sangat bagus bagi penderita gagal ginjal. Selain itu, anggur juga di yakini berfungsi sebagai pencegah dan memperlambat progresifitas terjadinya berbagai macam kanker.

Demikianlah 11 jenis cemilan untuk penderita gagal ginjal. Diet yang tepat adalah penanganan utama para penderita gagal ginjal dan pemilihan menu cemilan yang tepat adalah salah satunya.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman