Sponsors Link

5 Cara Pencegahan Batu ginjal Paling Mudah

Sponsors Link

Batu ginjal bisa terjadi ketika anda penumpukkan mineral keras di dalam ginjal. Gangguan ginjal ini bisa menimbulkan rasa sakit luar biasa pada saat batu melewati saluran kemih yang merupakan ciri ciri batu ginjal. Hingga saat ini, masih belum anda cara pencegahan batu ginjal yang pasti. Akan tetapi kombinasi dari perubahan pola makan dan gaya hidup serta beberapa jenis pengobatan sudah bisa sangat membantu untuk mengurangi risiko terkena batu ginjal. Berikut ini kami punya beberapa cara pencegahan batu ginjal yang bisa anda lakukan di rumah.

ads

1. Perhatikan Asupan Cairan

Cara pencegahan batu ginjal yang paling mudah dilakukan adalah minum air dalam jumlah yang cukup termasuk untuk mencegah batu ginjal pada anak. Jika anda kurang minum, maka urin yang keluar juga akan sedikit dan artinya lebih pekat serta kecil kemungkinannya untuk melarutkan garam urin penyebab batu ginjal.

Mengkonsumsi limun dan juga jus jeruk menjadi pilihan terbaik sebab keduanya mengandung sitrat yang bisa mencegah pembentukan batu ginjal. Pastikan juga anda minum 8 gelas air per hari atau jumlah cukup untuk menghasilkan 2 liter urine. Namun jika anda banyak berolahraga atau mengeluarkan banyak keringat atau mempunyai riwayat batu sisten, maka cairan tambahan sangat dibutuhkan.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Jenis batu ginjal yang paling sering terjadi adalah batu kalsium oksalat sehingga banyak orang beranggapan jika makanan mengandung kalsium juga harus dibatasi. Namun dalam faktanya, diet rendah kalsium sebetulnya hanya akan meningkatkan resiko batu ginjal dan juga osteoporosis.

Meski makanan mengandung kalsium memang seharusnya dikonsumsi untuk mencegah batu ginjal, namun sebaiknya hindari suplemen kalsium karena bisa memicu terjadinya batu ginjal dan memperburuk ciri ciri batu ginjal awal. Susu rendah lemak, yogurt dan keju rendah lemak menjadi pilihan yang tepat dikonsumsi untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

3. Kurangi Garam

Mencegah batu ginjal juga bisa dilakukan dengan mengurangi garam. Terlalu banyak garam yang terkandung di dalam urine bisa mengakibatkan penyerapan kalsium dalam urine jadi meningkat yang kemudian berdampak pada batu ginjal.

Mengurangi garam bisa membantu menjaga kadar kalsium urine lebih rendah. Jika kalsium dalam urine semakin rendah, maka risiko terkena batu ginjal juga akan diminimalisir termasuk untuk penanganan batu ginjal yang sudah terjadi. Beberapa makanan tinggi garam yang harus anda hindari diantaranya adalah sup kaleng, daging berbumbu dan makanan yang mengandung pengawet.

4. Batasi Asupan Protein Hewani

Mengkonsumsi terlalu banyak protein hewani seperti daging unggas, daging merah, telur dan juga makanan laut bisa meningkatkan kadar asam urat dan menyebabkan batu ginjal. Diet tinggi protein bisa mengurangi kadar sitrat yakni bahan kimia dalam urine yang membantu untuk mencegah terbentuknya batu ginjal termasuk untuk jenis makanan yang dihindari penderita batu ginjal.

Jika anda memang rentan terkena batu ginjal, maka sebaiknya batasi konsumsi daging harian untuk mencegah batu ginjal. Selain itu, membatasi asupan protein hewani juga sangat baik untuk kesehatan jantung anda.

5. Batasi Oksalat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung oksalat tinggi bisa meningkatkan jumlah oksalat dalam urine anda yang berhubungan dengan ciri ciri penyakit batu ginjal. Ada beberapa makanan tinggi akan oksalat yang harus lebih anda perhatikan, yakni:

Sponsors Link

  • Bit.
  • Okra.
  • Kacang mede.
  • Bayam.
  • Kiwi.
  • Almond.
  • Produk dari kedelai.
  • Bekatul dari gandum.
  • Kokoa atau coklat.
  • Teh.
  • Makanan tinggi vitamin C di mana ketika dikonsumsi lebih dari 1000 mg per hari bisa meningkatkan kadar oksalat.

Namun, bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi makanan dalam daftar di atas sama sekali. Hanya saja, perhatikan porsinya dan seberapa sering dikonsumsi.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips