Sponsors Link

Cara Merebus Daun Sukun Untuk Gagal Ginjal yang Benar

Sponsors Link

Salah satu penyakit atau gangguan ginjal yang paling ditakuti dan menimbulkan tingkat kekhawatiran yang tinggi adalah penyakit gagal ginjal. Sesuai namanya, penyakit ini menyerang salah satu organ dari sistem sekresi. Gagal ginjal adalah suatu kondisi yang menyatakan bahwa ginjal kehilangan fungsinya sebagai organ yang mampu menyaring sisa makanan dan cairan.  Jika kondisi ini terjadi, penumpukan racun dan cairan yang berbahaya akan membahayakn kesehatan tubuh anda.

ads

Gagal ginjal sendiri dibagi menjadi dua macam. Gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut terjadi apabila ginjal kehilangan fungsinya secara tiba-tiba tanpa ada gejala awal yang terlihat. Berbeda dengan gagal ginjal kronis yang merupakan salah satu jenis gagal ginjal yang terjadi secara perlahan dengan gejala-gejala yang dapat kita ketahui sejak awal, namun jarang kita pikirkan bahwa gejala tersebut merujuk kepada gagal ginjal sehingga banyak diantara penderitanya mengabaikan ciri-ciri tersebut.

Untuk dapat menyembuhkan gagal ginjal, dapat dilakukan beberapa cara yang dinilai efektif dan aman. Anda dapat berobat ke dokter profesional atau menggunakan ramuan alami dari tumbuhan yang ada di sekitar anda. Pilihan kedua tentu saja menjadi pilihan yang menjanjikan karena selain menggunakan bahan yang lebih alami, anda juga tidak akan kehilangan banyak uang untuk membeli obat yang mampu menyembuhkan gagal ginjal anda.

Bahan alami atau herbal yang dapat anda gunakan sebagai obat untuk menyembuhkan gagal ginjal adalah daun sukun. Daun dari tumbuhan bernama latin Artocarpus altilis ini adalah salah satu tanaman berbuah yang banyak tumbuh di Indonesia khususnya pulau jawa. Pohonnya yang tinggi dan memiliki daun menjari yang lebar ini terkenal memiliki buah yang dijuluki sebagai buah roti di negara benua eropa.

Dari tanaman sukun, kita dapat menerapkan cara merebus daun sukun untuk gagal ginjal yang ternyata mudah dan memiliki manfaat yang besar. Tanpa kita tahu, di dalam daun sukun terdapat berbagai macam zat dan mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Berikut dibawah ini macam-macam kandungan zat dalam daun sukun yang harus anda ketahui dengan baik:

  • Asam Amino Esensial

Asam amino adalah salah satu zat yang berguna dalam membantu proses pmebentukan protein dalam tubuh yang fungsinya adalah untuk membantu pembentukan otot pada tubuh. Maka dari itu, jika jika kebutuhan asam amino dalam tubuh tidak terpenuhi, akan terjadi gangguan pada pembentukan otot. Selain untuk otot, asam amino esensial juga berfungsi untuk pembenahan sel-sel rusak yang ada pada ginjal yang tidak sehat karena terkena gagal ginjal dan gejala-gejala nya.

  • Vitamin B2

Vitamin B2 baisanya juga disebut dengan ribovlavin yang mampu mendukung siklus energi pada tubuh anda. Vitamin ini membantu proses metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh sehingga didapatkan zat glukosa yang dijadikan bahan energi. Selain itu, ribovlavin juga mengandung anti oksidan yang tinggi yang mampu melindungi ginjal dari virus dan bakteri lainnya yang memungkina danya kanker ginjal atau gangguan ginjal lainnya seperti  infeksi ginjalhematuria , dan kista ginjal polikistik. Vitamin B yang tidak dipasok secara cukup di tubuh anda, akan membuat anda merasa lebih lemas karena kekurangan energi dan timbul adanya rasa terbakar pada aera mata dan mulut. Selanjutnya, anda akan sangat sensitif terhadap cahaya yang terang.

Sponsors Link

  • Kalium

Kalium atau biasa kita sebut dengan potasion adalah salah satu senyawa yang mampu memperbaiki peredarah manusia, menjaga otot, menjaga sistem pencernaan dan lainnya. Kalium memiliki peran penting dalam memperbaiki fungsi jantung yang normal dan menstabilkan tekanan dalam darah. Karena jika tekanan dalam darah dideteksi tinggi, maka kinerja ginjal akan tidak stabil dan mengalami beberapa kerusakan.

  • Polifenol

Di dalam polifenol terdapat sebuah zat yang bernama flavonoid yang mampu menghindari dan melindungi tubuh anda dari penyakit jantung dan sebagai anti radikal. Zat falvonoid ini baisanya ditemukan di beberapa tumbuhan dan Makanan yang baik untuk ginjal yang dapat kita konsumsi sehri-hari. Sebagai anti radikal, polifenol membantu tubuh agar tetap sehat karena rendahnya kemungkinan munculnya sel kanker serta menjaga dan melindungi ginjal dari kerusakan yang tidak diinginkan.

ads

Maka dari itu, anda harus paham dan tahu betul mengenai cara merebus daun sukun untuk gagal ginjal yang tepat dan benar. Karena, beberapa cara pengobatan menggunakan daun sukun untuk ginjal saat ini dilakukan dengan cara yang kurang tepat sehingga hasil yang diberikan tidak maksimal. Diperlukan cara yang benar dan berurutan untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan memiliki efek yang maksimal untuk ginjal anda.

Berikut dapat disimak bersama-sama dibawah ini merupakan cara merebus daun sukun untuk gagal ginjal yang benar dan tepat:

  1. Anda harus menyiapkan beberapa bahan dan alat yang nantinya akan dibutuhkan dalam menerapkan cara merebus daun sukun untuk gagal ginjal agar hasilnya lebih maksimal. Alat dan bahan yang anda butuhkan adalah:
    • Panci ukuran sedang
    • Ambil 5- 10 lembar daun sukun
    • Air 2 liter
  2. Setelah anda menyiapkan bahan-bahan diatas, anda harus selalu ingat untuk mencuci daun sukun hingga bersih dibawah air mengalir. Hal tersebut dilakukan untuk selalu menjaga kebersihan daun sukun yang nantinya akan anda gunakan sebagai ramuan.
  3. Masukkan 2 liter air ke dalam panci diikuti daun sukun.
  4. Rebus hingga air menyusut sampai 1 liter air saja
  5. Jika sudah menyusut, matikan kompor, diamkan hingga dingin.

Perlu diingat bahwa 1 liter air rebusan daun sukun tersebut dapat anda minum hingga 3 kali dalam sehari. Usahakan untuk tidak menyimpan air rebusan daun sukun untuk keesokan harinya. Jadi, apa yang anda rebus hari ini harus habis hari ini juga. Selain itu, hindari meminum rebusan daun sukun saat masih panas. Biarkan terlebih dahulu hingga dingin baru diminum. Hal tersebut ditujukan agar rasa segar dari ramuan ini lebih terasa dan efeknya jauh lebih manjur.

Itulah diatas cara merebus daun sukun untuk gagal ginjal yang dapat anda lakukan dengan mudah dirumah masing-masing. Selain rajin mengonsumsi ramuan rebusan daun sukun, anda tentunya dapat menentukan porsi anda dalam mengonsumsi makanan sehat untuk ginjal serta minuman pembersih ginjal sebagai pelengkapnya. Anda juga harus lebih pintar lagi dalam mengatur waktu anda dan menyempatkan diri untuk berolahraga dan istirahat dengan cukup. Terakhir, anda harus mulai perlahan menghindari  kebiasaan yang bisa merusak ginjal yang tentunya akan merugikan tubuh anda dan masa depan anda. Jadi, jangan pertaruhkan kesehatan ginjal anda hanya karena pola hidup yang tidak sehat, ya!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal