Sponsors Link

Cara Merawat Ginjal setelah Operasi Transplantasi Ginjal

Sponsors Link

Operasi ginjal bisa jadi diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan harapan hidup pasien penyakit ginjal. Misalnya transplantasi ginjal untuk mengganti organ ginjal yang sudah rusak. Operasi semacam ini perlu dilakukan terutama pada gagal ginjal kronis yang tidak bisa disembuhkan. Dengan transplantasi ginjal, pasien akan mendapatkan kesempatan baru untuk bisa hidup lebih layak.

ads

Namun memang akan ada beberapa Efek Samping Setelah Operasi Ginjal yang bisa jadi terjadi. Sehingga perawatan pasca operasi tetap diperlukan. Berikut ini beberapa cara merawat ginjal setelah operasi yang perlu dilakukan.

  1. Melakukan diet sesuai anjuran dokter

Salah satu cara perawatan pasca operasi transplantasi ginjal adalah melakukan diet yang tepat. Setelah operasi pasti dokter akan memberikan rekomendasi makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Demikian pula dengan Makanan yang Dianjurkan Setelah Operasi Ginjal yang bisa dikonsumsi agar kondisi cepat membaik. Sebaiknya patuhi saran diet dari dokter tersebut untuk mempercepat pemulihan dan mencegah komplikasi dari operasi itu sendiri.

  1. Melakukan kontrol secara berkala

Cara merawat ginjal setelah operasi selanjutnya adalah melakukan kontrol secara berkala. Seperti yang diketahui bersama bahwa operasi transplantasi ginjal bukanlah operasi yang sepele. Karena operasi ini terbilang operasi besar yang memiliki banyak risiko. Maka dari itu, pasien perlu melakukan kontrol secara berkala sesuai dengan jadwal yang disepakati oleh dokter. Hal ini mengingat bisa saja tubuh pasien menolak organ baru yang ditanamkan di tubuhnya sehingga kondisi pasien perlu untuk dipantau dalam kurun waktu tertentu.

  1. Mengonsumsi obat dari dokter

Selain makanan dan minuman, Perawatan Pasca Transplantasi Ginjal lainnya berkaitan dengan obat-obatan. Dimana dokter juga akan memberikan obat-obatan tertentu untuk dikonsumsi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing pasien. Obat-obatan ini adalah salah satu upaya perawatan ginjal pasca operasi yang harus dipatuhi dosis dan jenisnya. Dengan demikian tubuh akan cepat membaik setelah operasi.

  1. Hindari aktivitas berat

Menghindari aktivitas yang terlalu berat merupakan cara merawat ginjal setelah operasi selanjutnya yang perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan setelah Proses Transplantasi Ginjal tubuh bisa jadi belum cukup kuat unutk kembali beraktivitas. Selain itu perlu diingat juga bahwa kebutuhan aktivitas fisik dari orang dengan satu ginjal juga berbeda dengan orang yang normal. Biasanya dokter akan memberikan batas waktu tertentu sampai pasien pasca operasi boleh kembali beraktivitas secara normal.

Sponsors Link

  1. Mengatur kehamilan

Jika pasien gagal ginjal adalah seorang wanita yang masih produktif, mengatur kehamilan juga perlu dilakukan setelah menjalani operasi tersebut. Biasanya menunda kehamilan memang akan direkomendasikan oleh dokter sampai waktu yang ditentukan. Tujuannya adalah untuk mencegah komplikasi operasi pada ibu hamil dan janin, serta agar menjaga masa kehamilan pasien tersebut agar berjalan dengan baik. Mungkin saja pasien perlu menunda kehamilan hingga beberapa tahun ke depan, sesuai dengan kondisi masing-masing pasien dan hasil diagnosis dari dokter yang bersangkutan.

Demikianlah beberapa cara merawat ginjal setelah operasi yang perlu dilakukan. Untuk perawatan pasca operasi ginjal lainnya, diskusikan dengan dokter yang bersangkutan. Ketahui juga beberapa Pantangan Transplantasi Ginjal lainnya yang perlu dihindari. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan