Sponsors Link

12 Cara Merawat Ginjal yang Patut Dilakukan

Sponsors Link

Semua orang memiliki sepasang ginjal di dalam tubuhnya. Organ kecil yang hanya berukuran kurang lebih satu genggam tangan orang dewasa ini ternyata memiliki fungsi yang pentingnya bukan main. Kinerja ginjal akan mempengaruhi banyak sistem tubuh kita, dari sistem peredaran darah sampai dengan sistem pencernaan. Melihat betapa pentingnya organ ini, seharusnya semua orang harus mengetahui cara merawat ginjal yang baik dan benar bukan?

ads

Selain karena pentingnya ginjal bagi tubuh manusia, hal lain yang membuat seseorang harus mengetahui cara merawat ginjal yang baik dan benar adalah karena semua orang pasti ingin tubuhnya sehat dan menghindarkan diri dari penyakit. Apabila ginjal sakit, semua orang pasti tidak menyukainya dan oleh karena itu secara alamiah semua orang dituntut untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Baik anak kecil ataupun orang dewasa semuanya perlu mengetahui bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk merawat ginjal mereka.

Bagaimanakah cara untuk merawat ginjal kita agar dia selalu sehat dan dapat berfungsi dengan baik? Berikut ini beberapa cara untuk merawat ginjal kesayanganmu. Dengan menerapkan langkah-langkah di bawah ini semoga ginjal kesayanganmu senantiasa sehat sehingga kamu tidak perlu mengalami masalah-masalah ginjal yang membuat tubuhmu menjadi sakit sehingga terjadi penurunan produktivitas. Apa saja langkahnya? Simak di bawah ini ya.

Baca juga:

1. Meminum air dengan cukup

Berbicara tentang ginjal berarti kita membicarakan tentang asupan air dalam tubuh kita. Air adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh kita, khususnya bagi ginjal. Asupan air yang cukup akan membantu ginjal untuk berfungsi dengan sempurna. Oleh karena itu setiap orang perlu meminum air dengan cukup, sekitar empat sampai enam gelas per hari. Meminum lebih dari itu tidak akan banyak membantu fungsi ginjal, sebagaimana disampaikan oleh salah satu ahli ginjal yang bernama James Simon, MD, mengatakan bahwa meminum air lebih dari cukup sama sekali tidak menambah manfaat untuk ginjal kita. Sehingga, tidak perlu meminum terlalu banyak air karena hal itu akan percuma saja. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

2. Melakukan olahraga dengan teratur

Hukum alamiah dari tubuh kita adalah membutuhkan gerakan atau melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya tentu adalah melakukan olahraga dengan teratur. Olahraga yang teratur membantu tubuh kita dalam menurunkan berat badan serta menstabilkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh. Akan tetapi bukan berarti kamu harus terus-menerus berolahraga tanpa memerhatikan keadaan tubuhmu. Apabila kamu sedang tidak fit, jangan memaksakan dirimu untuk melakukan olahraga. Oleh karena olahraga di saat seperti itu justru akan membuat tubuhmu bekerja lebih keras dari biasanya, terlebih apabila olahraga yang kamu lakukan membuat jaringan sel-mu terluka. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Sponsors Link

3. Berhenti merokok atau tidak merokok

Rokok-rokok yang umumnya dijual di pasaran merupakan salah satu penyebab ginjalmu dapat mengalami masalah, khususnya pada saat rokok sudah menjadi suatu candu bagi orang tersebut. Merokok dapat menghambat aliran darah yang masuk ke ginjalmu sehingga menghambat kinerja ginjal secara sempurna. Selain itu merokok juga dapat meningkatkan potensi darah tinggi dan kanker ginjal. Oleh karena itu sebaiknya kamu menghindari rokok atau bila kamu sudah terlanjur kecanduan rokok, sebaiknya kamu segera menghentikannya. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

4. Jangan terlalu banyak menggunakan obat pereda nyeri

Dewasa ini kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang adalah meminum obat pereda nyeri yang mudah didapatkan dari apotek-apotek umum seperti ibuprofen dan naproxen. Mengonsumsi obat-obat tersebut dalam jangka panjang dan sering, ternyata dapat membahayakan ginjalmu. Kandungan-kandungan zat yang ada pada obat-obatan tersebut membuat ginjal bekerja sangat keras serta membuat sel-sel ginjal lebih cepat mengalami kerusakan. Oleh karena itu lebih baik apabila kamu sering merasakan nyeri, periksakan keadaanmu ke dokter dan jangan mengandalkan obat tersebut. Oleh karena selain membahayakan ginjalmu, bisa jadi penyakit yang kamu derita malah tidak sembuh-sembuh. Kamu juga bisa meningkatkan olahraga, mengatur pola makan, serta istirahat dengan cukup. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

ads

5. Rutin bergerak aktif

Tubuh manusia tidak di-desain hanya untuk terus menerus diam di satu tempat saja. Banyak penyakit yang muncul dalam jangka panjang apabila kita sering menghabiskan waktu duduk atau berdiam diri (bermalas-malasan), seperti misalnya tekanan darah tinggi, obesitas, kanker, dan termasuk penyakit ginjal. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan ginjal, atau kesehatan tubuhmu pada umumnya, kamu harus sering bergerak aktif baik dengan berjalan kaki ke tempat kerja atau melakukan gerakan-gerakan lainnya untuk menjaga agar tubuhmu mendapatkan jatah gerakan yang ia perlukan.

6. Mengatur kadar garam dalam tubuh

Garam adalah salah satu senyawa yang penting untuk tubuh kita. Kekurangan garam dapat menyebabkan kita terkena penyakit-penyakit tertentu karena kekurangan zat elektrolit dalam tubuh, misalnya. Akan tetapi garam dalam kadar yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terlalu banyak garam akan membuat darahmu semakin kental dan semakin berat untuk disaring.

Mengurangi kadar garam dalam tubuh dapat membantu mencegah munculnya diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lain yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit ginjal. Sebaiknya kamu mengonsumsi garam sesuai dengan jatah konsumsi garam per hari, yaitu sekitar 5 sampai 6 gram (kira-kira seukuran satu sendok teh). Untuk melakukan hal ini dengan mudah, kurangilah makanan instan atau makanan restoran yang banyak mengandung garam. Selain itu, kurangilah jumlah garam yang kamu tambahkan saat memasak sendiri. Lebih mudah bagimu bila mengonsumsi makanan segar atau buah-buahan untuk menjaga kadar garam dalam gula tubuh sekaligus mendapatkan nutrisi yang sehat dari buah-buahan dan sayuran yang kamu minum.

Baca juga:

7. Meminum probiotik (bakteri baik)

Probiotik atau bakteri baik adalah sekumpulan bakteri yang dapat membantu tubuh kita dalam menjalankan fungsi-fungsinya. Salah satu kegunaan dari probiotik adalah dapat membantu ginjal dalam memproses zat sisa metabolisme yang ada di dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien yang memiliki penyakit ginjal mengalami peningkatan fungsi ginjal setelah mengonsumsi probiotik. Dengan kata lain, probiotik dapat membantu memulihkan kesehatan ginjal. Bagi orang yang sehat, tentunya probiotik dapat menjaga kesehatan ginjal.

8. Mengurangi konsumsi fosfor

Fosfor adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh kita. Akan tetapi konsumsi fosfor secara berlebihan juga tidak baik. Pada saat ginjal bermasalah, fosfor akan terkumpul di dalam tubuhmu karena tidak dapat dipisahkan dengan efektif oleh ginjal. Hal ini dapat mengakibatkan kondisi yang lebih berbahaya, seperti penyakit tulang sampai dengan penyakit jantung. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi fosfor sangat diperlukan agar kondisi tubuhmu tidak semakin memburuk ketika mengalami sakit ginjal. Saat kamu sehat pun, tubuh hanya perlu sekitar 800 mg sampai 1200 mg fosfor per hari. Dengan kata lain, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi fosfor per hari apabila jumlah yang kamu makan lebih dari jumlah yang dianjurkan untuk menjaga agar ginjal tidak bekerja terlalu keras menyaring kelebihan fosfor yang ada di dalam tubuhmu.

Sponsors Link

9. Minum jus dari buah berwarna hijau

Buah-buahan adalah makanan alami yang sangat baik bagi tubuh manusia. Ada banyak jenis buah-buahan yang dapat membantu meningkatkan kinerja ginjal, salah satunya berasal dari buah-buahan yang berwarna hijau seperti apel dan sejenisnya. Meminum jus dari buah-buahan yang berwarna hijau dapat membantu kinerja ginjalmu.

Baca juga:

10. Minum jus cilantro

Cilantro adalah salah satu jenis buah yang dapat membantu ginjalmu. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, manfaat yang kamu peroleh adalah terjaganya fungsi ginjal sehingga kamu tidak akan mengalami penyakit ginjal yang berbahaya seperti misalnya radang ginjal. Kamu bisa mengonsumsi cilantro dengan cara membuat jus dari cilantro.

11. Meminum jus semangka

Semangka adalah salah satu jenis buah yang dapat membantu ginjalmu. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, manfaat yang kamu peroleh adalah terjaganya fungsi ginjal sehingga kamu tidak akan mengalami penyakit ginjal yang berbahaya seperti misalnya radang ginjal. Kamu bisa mengonsumsi semangka dengan cara membuat jus dari semangka.

12. Meminum jus cranberry

Buah cranberry dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada saluran urin. Buah cranberry akan membuat air kencing menjadi lebih asam dan membuat bakteri menjauh dari saluran ginjal. Selain itu, buah ini juga dapat mencegah munculnya kanker serta penyakit jantung.

Itulah beberapa cara merawat ginjal yang dapat kamu lakukan secara mandiri. Dengan melakukan cara-cara di atas, tentunya harapan kita tubuh akan semakin sehat dan akhirnya terbebas dari penyakit ginjal. Semoga kamu dapat menjaga tubuhmu dengan baik!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips