Sponsors Link

9 Cara Menyehatkan Ginjal Secara Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Ginjal adalah sebuah organ pada manusia yang bertugas melakukan ekskresi dengan cara menyaring kotoran khususnya urea dari darah dan mengeluarkannya bersama dengan air dalam bentuk urin atau kencing. Ginjal sendiri memiliki bentuk seperti kacang, dilindungi lemak untuk meredam goncangan dan terletak dibelakang perut manusia atau abdomen, di sisi kanan dan kiri tulang belakang, tepat dibawah organ limpa dan juga hati.

ads

Pada bagian atas ginjal yang disebut dengan superior terdapat sebuah kelenjar suprarenal atau yang biasa disebut kelenjar adrenal. Ginjal kanan biasanya terletak sedikit lebih bawah dari ginjal kiri karena memberi tempat untuk hati. Sebagian besar bagian atas dari ginjal ini dilindungi oleh iga ruas ke 11 dan 12.

Ukuran dan berat dari ginjal sangat bervariasi bergantung kepada umur, jenis kelamin dan ada tidaknya ginjal pada sisi lainnya. Normalnya pada orang dewasa, rata-rata ukuran ginjal adalah 11,5 cm dengan lebar sekitar 6 cm, ketebalan 3,5 cm dan berat 120-170 gram atau bisa dikatakan sebagai 0,4% dari berat badan. Ginjal memiliki bentuk seperti kacang yang berwarna merah marun dengan lekukan yang menghadap dalam. Setiap ginjal yang dimiliki oleh manusia, terdapat katup atau bukaan yang biasa disebut dengan hilus yang mampu menjadi penghubung antara arteri renal, ureter dan vena renal.

Fungsi Ginjal

Seperti yang kita tahu bahwa setiap organ yang ada ditubuh kita memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Seperti halnya ginjal yang memiliki tugas atau fungsi tertentu yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Berikut ini beberapa fungsi ginjal yang bisa harus kita ketahui:

  • Menyaring limbah-limbah kotor yang ada di dalam tubuh seperti obat-obatan, makanan dan zat kimia di dalam darah.
  • Menghasilkan hormon eritropoetin yang merupakan sebuah hormon yang mampu membantu pembentukan sel darah merah
  • Mampu menghasilkan senyawa aktif dari Vitamin D yang membantu menjaga kesehatan tulang anda.
  • Menghasilkan enzim bernama renin yang dapat membantu mengatur tekanan darah.
  • Mampu menjaga keseimbangan kadar cairan, asam darah, mineral dan kadar garam dalam tubuh anda.

Cara Menyehatkan Ginjal Secara Alami

Berikut ini beberapa cara menyehatkan ginjal secara alami yang dapat anda lakukan agar ginjal anda senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai gangguan penyakit ginjal:

  1. Buah Ceri : Cara menyehatkan ginjal satu ini mampu membuat ginjal dalam kondisi yang baik dalam menyaring darah dan mengeluarkan racun lewat kandung kemih.
  2. Buah Semangka : Kandungan air yang banyak dari buah semangka mampu menghindari terjadinya pengendapan batu ginjal.
  3. Buah Strawberry : Memiliki zat penting bernama Anthocyanin Ellagitannis yang menyehatkan kondisi ginjal.
  4. Buah Jeruk Bali : Memiliki kemampuan untuk melindungi dan menjaga fungsi dari ginjal dari kekeringan akibat minimnya air didalam tubuh.
  5. Buah Apel Hijau dan Apel Malang. Cara menyehatkan ginjal secara alami yang ini mampu mendukung kelancaran kinerja ginjal hingga ginjal mampu membuang toksin lewat kandung kemih.
  6. Anggur Merah, hijau dan ungu : Memperkuat fungsi ginjal.
  7. Buah Delima Tua : Meski saat ini sulit dicari, cara menyehatkan ginjal secara alami satu ini terbukti mampu mencegah pengendapan batu ginjal.
    Sponsors Link

  8. Labu siam : Melindungi dan menyehatkan ginjal agar mampu mengeluarkan sampah dari sisa makanan yang anda konsumsi secara lancar
  9. Kembang Kol : Cara menyehatkan ginjal secara alami satu ini mampu mengeluarkan racun dalam tubuh yang dilakukan oleh ginjal

Gejala Penyakit Ginjal

Ketika fungsi ginjal pada manusia terganggu, maka zat sisa limbah dalam tubuh dan cairan yang menumpuk akan menyebabkan beberapa gejala yang tentu saja tidak semua orang menyadarinya. Sebagian besar mungkin hanya akan menganggap bahwa gejala tersebut adalah gejala dari penyakit ringan lainnya dan tidak mengarah pada gejala gangguan pada ginjal. Maka dari itu berikut dibawa ini daftar gejala yang biasa dikeluhkan pada seseorang yang terkena gangguan ginjal:

ads

  • Urin yang bercampur busa.
  • Volume urin yang sedikit.
  • Frekuensi buang air kecil berkurang.
  • Mudah lelah dan sesak nafas.
  • Mual dan muntah. Terkadang disertai tidak nafsu makan dan penurunan berat badan secara drastis.
  • Terjadi pembengkakan di sekitar pergelangan kaki dan mata.
  • Mengalami kram otot, khususnya di bagian tungkai kaki.
  • Kulit yang kering dan terasa gatal.
  • Sulit untuk tidur.
  • Tekanan darah yang naik.
  • Penurunan kesadaran
  • Urin bercampur darah ketika penderita memiliki batu ginjal, penyakit ginjal polikistik dan infeksi ginjal.
  • Nyeri pada bagian punggung bawah
  • Dehidrasi
  • Demam dan menggigil pada penderita infeksi dan batu ginjal
  • Irama jantung yang tidak menentu

Gejala gangguan ginjal ini tentu saja berbeda tergantung dengan jenis penyakit yang dideritanya. Pada anak-anak, gangguan ginjal akan memiliki ciri-ciri seperti mengantuk, tidak nafsu makan, pertumbuhan terhambat dan tidak bertenaga atau lemas.

Macam Penyakit Ginjal

Berdasarkan gejala-gejala yang sudah disebutkan diatas, penyakit ginjal memiliki beberapa macam yang harus anda ketahui. Berikut ini macam-macam penyakit ginjal:

  • Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi karena menumpuknya garam dan mineral yang seharusnya tersaring oleh ginjal pada salah satu atau kedua ginjal. Batu ini terbentuk karena mengeras dan tertimbunnya garam dan mineral pada ginjal yang disebabkan oleh terlalu pekatnya urin sehingga garam dan mineral mengkristal.

  • Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ini merupakan penyakit yang didapatkan dari keturunan dimana akan muncul kista yang berkelompok di dalam salah satu atau kedua ginjal. Penyakit ini tidak tergolong ganas, namun mampu mengakibatkan penurunan fungsi ginjal sehingga ginjal tidak bekerja dengan baik. Selain terjadi pada ginjal, kista pada ginjal polikistik juga muncul di organ lain seperti hati.

  • Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal dapat terjadi dikarenakan adanya bakteri yang berasal dari kandung kemih naik dan menyebar menuju salah satu atau kedua ginjal. Biasanya hal ini terjadi karena adanya komplikasi infeksi saluran kemih.

Sponsors Link

  • Gagal Ginjal Akut

Gangguan pada ginjal yang dapat disebut sebagai gagal ginjal akut adalah apabila secara tiba-tiba ginjal tersebut tidak dapat berfungsi secara normal. Gangguan ginjal ini apabila tidak ditangani dengan segera an dengan tepat, akan menimbulkan penumpulan garam, mineral serta zat kimia lainnya di dalam tubuh dan akan mempengaruhi fungsi beberapa organ tubuh lainnya

  • Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit ginjal kronis merupakan sebuah gangguan ginjal yang menunjukan adanya penurunan fungsi ginjal secara bertahap selama tiga bulan. Penyakit ginjal kronis biasanya ditandai dengan gejala mual, mudah lelah dan sesak nafas. Namun, bagi penderita pda stadium 1-3 gejala ini cenderung tidak dirasakan. Maka dari itu, kebanyakan penderitanya tidak mengalami kondisi ini hingga mendapatkan kondisi stadium lanjut.

Itulah 9 cara menyehatkan ginjal secara alami yang dapat kita lakukan agar ginjal kita dapat terhindari dari berbagai macam penyakit dan gangguan ginjal. Selain itu kita harus mewaspadai penyebab penyakit ginjal yang sering kita abaikan. Apabila anda merasa hidup anda tanpa gangguan dan terus makan makanan yang secara anda tidak sadari merupakan makanan penyebab penyakit ginjal anda akan harus siap menerima beberapa gejala ginjal rusak. Maka dari itu, jagalah kesehatan, perhatikan pola makan, biasakan olahraga dan istirahatlah dengan cukup.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips