Sponsors Link

7 Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih Paling Penting dan Mudah

Sponsors Link

Organ tubuh yang juga harus dijaga kesehatannya selain ginjal, jantung dan paru paru adalah kandung kemih. Setiap harinya, semua orang akan membuang air kecil yang terjadi karena peran beberapa organ termasuk kandung kemih. Jika tidak ada kandung kemih, maka urine tidak dapat ditampung dan ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi seperti infeksi bahkan kanker. Kandung kemih sendiri merupakan organ berongga di sistem ekskresi manusia dengan tugas untuk menampung cairan yang sudah disaring oleh fungsi ginjal dan akan keluar dalam bentuk urin. Dengan bertambahnya usia, maka kondisi kandung kemih juga ikut berubah serta fungsinya mulai menurun. Untuk itulah kesehatan kandung kemih harus dijaga sejak dini dengan beberapa cara menjaga kesehatan kandung kemih yang mudah dilakukan berikut ini.

ads
  1. Minum Air Putih Cukup

Minum air putih setidaknya 8 gelas perhari sangat baik untuk cara menjaga kesehatan kandung kemih. Setidaknya, setengah dari asupan cairan sehari hari harus diusahakan berasal dari air putih. Akan tetapi perlu diperhatikan jika syarat ini akan berbeda beda untuk beberapa kondisi medis. Sebagai contoh, penderita gagal ginjal kronis justru harus membatasi cairan dengan takaran yang sudah diberikan oleh dokter.

  1. Buang Air Kecil Hingga Tuntas

Salah satu cara untuk menurunkan risiko infeksi kandung kemih adalah dengan buang air kecil sampai tuntas. Ini juga sudah dianjurkan seorang dokter ahli kandung kemih Wake Forest University Baptist Medical Center di Amerika Serikat. Apabila anda mengencangkan otot panggul untuk berhenti buang air kecil lebih cepat, maka urin masih tersisa di jalan keluar namun belum sampai ke bagia ujung dan akan kembali ke kandung kemih. Ini nantinya bisa membawa bakteri masuk ke sistem kemih.

Untuk itulah ketika buang air kecil, maka pastikan sampai benar benar tuntas dan tidak tersisa dan hindari juga terburu buru buang air kecil karena biasanya tidak akan seluruhnya mengosongkan kandung kemih anda.

  1. Hentikan Merokok

Dalam setiap tahun, ada lebih dari 50 ribu orang yang didiagnosis terkena kanker kandung kemih dan faktor penyebab utamanya disebabkan karena penggunaan tembakau sebagai faktor risiko kanker kandung kemih. perokok setidaknya memiliki risiko 2 sampai 3 kali lebih tinggi terkena kanker kandung kemih dibandingkan seseorang yang tidak merokok. Apabila anda masih merokok atau memakai tembakau jenis lain, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokok tersebut untuk menjaga kesehatan kandung kemih dan juga tubuh secara menyeluruh.

  1. Lakukan Latihan Otot Panggul

Lakukan juga latihan otot dasar panggul yang biasa disebut dengan senam kegel. Latihan ini bisa membantu memperkuat otot yang bertugas mengontrol kandung kemih agar bisa bekerja dengan baik dan tidak mudah bocor ketika batuk, bersin, mengangkat sesuatu yang beat, tertawa atau ingin buang air kecil tiba tiba. Otot yang lemah nantinya bisa membuat kandung kemih bocor yang disebut dengan inkontinensia urine.

  1. Kencing Sesudah Berhubungan Intim

Sesudah berhubungan intim, maka akan ada banyak bakteri yang memenuhi area sekitar kelamin. Untuk itulah membersihkan area genital menjadi tahap penting untuk mencegah infeksi karena bakteri khususnya bagi wanita. Buang air kecil sesudah berhubungan sangat membantu untuk mengeluarkan bakteri dari sistem kemih sehingga penyakit infeksi saluran kemih atau ISK bisa dicegah. urine nantinya akan membantu untuk membasuh keluar bakteri yang menempel di uretra yakni saluran penghubung kandung kemih sampai ke luar dari tubuh. 

Sponsors Link

  1. Kurangi Minuman Kafein dan Alkohol

Minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi serta minuman berenergi dan soda serta alkohol bisa meningkatkan aktivitas kandung kemih serta risiko kebocoran yang juga menjadi pantangan ginjal bocor. Sebenarnya, seseorang masih diperbolehkan mengkonsumsi minuman tersebut asalkan tidak dilakukan terlalu sering dan berlebihan.

  1. Buang Air Kecil Teratur

Usahakan juga untuk tidak terlalu sering menahan buang air kecil. Pastikan setidaknya anda buang air kecil antara 3 hingga 4 jam sekali meski tidak sedang ingin buang air kecil. Menahan urine di kandung kemih dalam waktu yang lama nantinya bisa melemahkan otot kandung kemih serta membuat infeksi sistem urine semakin rentan terjadi.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips