Sponsors Link

100 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Tetap Dapat Menjalankan Fungsinya

Sponsors Link

Ciri ciri ginjal sehatGinjal adalah organ yang penting bagi kita. Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal adalah sebuah keharusan agar anda dapat memiliki tubuh yang sehat dan bertenaga. Berikut 100 cara menjaga kesehatan ginjal yang dapat anda lakukan dari sekarang.

ads

Baca juga:

1. Meminum air dengan cukup : Air adalah hal yang penting bagi tubuh, termasuk ginjal. Meminum air dengan cukup, sekitar empat sampai enam gelas per hari adalah seusatu yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Ahli ginjal James Simon, MD, mengatakan bahwa meminum air lebih dari cukup sama sekali tidak menambah manfaat untuk ginjal kita. Sehingga, tidak perlu meminum terlalu banyak, secukupnya saja.

2. Memakan makanan yang sehat : Kebanyakan masalah ginjal datang karena permasalahan kesehatan yang lain seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Sementara ginjal sendiri mampu menoleransi banyak sekali jenis makanan. Oleh karena itu menjaga pola makan kita adalah hal yang penting, karena hal itu dapat mengurangi potensi munculnya penyakit yang memicu permasalahan pada ginjal seperti diabetes.

3. Olahraga teratur : Olahraga dengan teratur dapat membantu menurunkan berat badan serta menyetabilkan tekanan darah. Namun jangan memaksakan diri apabila sedang tidak fit, karena olahraga di saat seperti ini justru akan membuat kerja tubuhmu lebih keras dari biasanya, terlebih apabila olahraga yang kamu lakukan membuat jaringan selmu terluka.

4. Hati-hati menggunakan suplemen dan obat herbal : Terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin atau suplemen dari ekstrak herbal dapat membuat ginjalmu bermasalah karena bekerja terlalu keras untuk mengolah ekstrak yang masuk ke tubuhmu. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsilah suplemen dan ekstrak herbal setelah berkonsultasi dengan dokter tentang kebutuhan tubuhmu dan kemampuan tubuhmu menerima suplemen dan obat herbal tersebut. Baca juga: Kebiasaan Penyebab Gagal Ginjal

5. Berhenti merokok : Merokok dapat merusak aliran darah yang dapat mengurangi aliran darah yang masuk ke ginjalmu sehingga menghambat kinerja ginjal secara sempurna. Selain itu merokok juga meningkatkan potensi darah tinggi dan kanker ginjal.

6. Jika sedang menderita penyakit berat, rutinlah cek up : Jika sedang menderita penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, rutinlah melakukan cek up termasuk pada kondisi ginjalmu. Dengan cek up dokter dapat mengantisipasi keadaan apa yang akan terjadi sehingga mampu memberikanmu saran untuk menjaga keadaan tubuhmu, termasuk menjaga ginjalmu. Baca juga :  Kelainan Ginjal

7. Jangan terlalu banyak menggunakan obat pereda nyeri : Obat pereda nyeri yang bisa didapatkan di apotik umum seperti ibuprofen dan naproxen dapat membahayakan ginjalmu bila dikonsumsi dalam jangka panjang dan terus menerus. Sehingga lebih baik, apabila kamu merasakan nyeri yang sering, periksalah ke dokter dan jangan mengandalkan obat tersebut. Oleh karena selain membahayakan ginjalmu, bisa jadi penyakit yang kamu derita malah tidak sembuh-sembuh.

8. Seringlah bergerak aktif : Tubuhmu tidak didesain untuk terus menerus diam di satu tempat saja. Banyak penyakit yang muncul dalam jangka panjang apabila kita sering menghabiskan waktu duduk atau berdiam diri (bermalas-malasan), termasuk penyakit ginjal. Oleh karena itu, seringlah bergerak, baik dengan berjalan kaki ke tempat kerja atau yang lainnya untuk menjaga agar tubuhmu tetap aktif. Baca juga : Macam Macam Penyakit Ginjal

9. Mengawasi kadar gula darah anda : Banyak penyakit ginjal yang muncul karena penyakit diabetes. Dengan memonitor jumlah gula darah di darah anda secara teratur, maka anda dapat mendeteksi serta mengurangi resiko terkena penyakit diabetes yang bisa memunculkan penyakit ginjal.

10. Mengawasi tekanan darah anda : Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab mengapa ginjal bisa bermasalah. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengawasi tekanan darah yang anda miliki agar dapat mengetahui apa yang harusnya anda lakukan. Dengan mengetahui tekanan darah anda, anda bisa memutuskan harus makan apa dan harus seberapa sering anda berolahraga. Sehingga resiko terkena darah tinggi yang bisa membuat ginjal anda bermasalah menjadi berkurang. Baca juga : Ciri-ciri Ginjal Bermasalah

Sponsors Link

11. Menjaga kadar garam dalam tubuh anda : Mengurangi kadar garam dalam tubuh anda dapat membantu mencegah munculnya diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lain yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit ginjal. Asupan garam per hari yang disarankan adalah sekitar 5 sampai 6 gram (kira-kira seukuran satu sendok teh). Untuk melakukan hal ini, kurangilah makanan instant atau makanan restoran yang banyak mengandung garam. Selain itu, kurangilah jumlah garam yang anda tambahkan ke makanan anda. Lebih mudah bagi anda bila mengonsumsi makanan segar atau buah-buahan untuk menjaga kadar garam dalam gula anda.

12. Minum probiotik (bakteri baik) : Probiotik atau bakteri baik dapat membantu ginjal anda dalam memproses zat sisa metabolisme. Secara umum, bakteri baik membantu dalam proses metabolisme tubuh. Penelitian menunjukakn bahwa pasien yang memiliki penyakit ginjal mengalami peningkatan fungsi ginjal setelah mengonsumsi probiotik.

13. Mengurangi konsumsi fosfor : Saat ginjal anda bermasalah, fosfor berkumpul di dalam tubuh anda. Hal ini dapat mengakibatkan kondisi yang lebih serius, seperti penyakit tulang sampai penyakit jantung. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi fosfor sangat diperlukan agar kondisi anda tidak semakin memburuk. Saat dalam kondisi sehat pun, tubuh anda hanya perlu sekitar 800 mg sampai 1200 mg fosfor per hari. Sehingga mengonsumsi banyak fosfor justru akan membuat ginjal anda bekerja lebih berat untuk membuang sisanya. Baca juga : Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

14. Minum jus dari buah berwarna hijau : Meminum jus dari buah-buahan yang berwarna hijau dapat membantu kinerja ginjal anda.

15. Minum jus cilantro : Meminum jus cilantro dapat membantu kinerja ginjal anda.

16. Meminum jus semangka : Semangka adalah salah satu buah yang dapat membantu kinerja ginjal anda.

17. Meminum jus cranberry : Buah cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran urin. Buah ini akan membuat urin and lebih asam dan membuat bakteri menjauh dari saluran ginjal. Selain itu, cranberry juga dapat mencegah timbulnya kanker serta penyakit jantung.

ads

18. Meminum jus blueberry : Blueberry adalah buah yang banyak mengandung anthocyanidins, sebuah anti oksidan yang membantu untuk menghilangi racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, blueberry juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi yang dapat membantu mengurangi potensi munculnya radang. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin C, mangan, dan lain sebagainya.

19. Meminum jus strawberi : Strawberi adalah buah yang banyak mengandung antioksidan, vitamin C, mangan dan juga serat. Selain itu strawberi juga mampu mencegah munculnya radang dan menghambat munculnya kanker. Buah ini juga baik untuk ginjal dan jantungmu.

20. Makan buah apel : Buah apel mengandung banyak serat yang dapat melawan radang. Selain itu juga mengurangi kolesterol buruk, konstipasi, penyakit jantung dan kanker. Selain itu buah ini juga baik untuk ginjal anda.

21. Memakan kol : Sayur kol adalah sayur yang baik untuk ginjal anda.

22. Memakan bunga kol : Selain sayur kol, bunga kol jua baik untuk ginjal anda. Selain itu, buah ini mengandung banyak vitamin C, folat, dan juga serat. Serta beberapa senyawa lainnya yang penting untuk hati dan mampu menetralkan senyawa beracun dalam tubuh kita.

23. Memakan lada : Lada, adalah salah satu makanan yang dapat membantu fungsi ginjal anda.

24. Memakan bawang putih : Bawang putih membantu kita untuk mengurangi radang serta kolesterol buruk dalam tubuh. Selain itu bawang putih juga mengandung antioksidan yang baik untuk membantu ginjal berfungsi secara maksimal. Anda dapat memakai bawang putih dalam banyak masakan yang anda buat.

25. Mengonsumsi bawang merah : Bawang merah mengandung flavonoids dan quercetin yang dapat membantu mencegah berkumpulnya zat-zat lemak di aliran darah. Selain itu bawang merah juga mengandung chromium yang membantu metabolisme lemak, protein dan karbohidrat.

26. Mengonsumsi minyak zaitun : Minyak zaitun dapat membantu mengurangi potensi kanker dan penyakit jantung. Minyak ini terkenal mengandung asam oleic yang dapat membantu melindungi dari oksidasi, polyphenol, dan senyawa antioksidan lain untuk mengurangi radang dan lain sebagainya.

27. Kurangi berat badan : Mengurangi berat badan dapat menurunkan potensi terkena darah tinggi. Dengan demikian, secara tidak langsung dapat mencegah penyakit ginjal yang diakibatkan karena darah tinggi yang anda derita di tubuh anda. Selain itu, mengurangi berat badan yang berlebihan juga dapat berdampak baik bagi jantungmu karena akan mengurangi kerja jantung yang berlebihan untuk memompa darah ke berbagai saluran tubuhmu.

29. Mengonsumsi paprika merah : Paprika merah adalah makanan yang bagus untuk kesehatan ginjal. Selain itu, mereka mengandung potassium, dan likopen, yang dapat membantu melindungi dari beberapa tipe kanker.

30. Mengonsumsi raspberry : Raspberry adalah buang yang mengandung asam ellagic yang menetralkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh kita. Buah ini juga mengandung antosianin, serat, vitamin c, mangan, folat, dan banyak kandungan lain yang selain baik untuk ginjal juga membantu mencegah munculnya sel kanker.

31. Memakan buah ceri : Ceri adalah buah yang mengandung banyak antioksidan dan senyawa kimia lain yang membantu melindungi jantung dan ginjal anda. Mengonsumsi ceri secara rutin dapat membantu mengurangi munculnya radang di dalam tubuh, terutama pada ginjal kita.

32. Memakan putih telur : Putih telur mengandung kandungan protein yang sangat bagus dan murni. Selain itu putih telur juga mengandung asam amino yang penting untuk tubuh serta kandungan fosfor yang rendah sehingga baik untuk ginjal anda.

33. Memakan ikan : Ikan merupakan sumber protein yang baik. Selain itu ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Ikan juga baik untuk menurunkan LDL (kolesterol buruk) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

34. Hindari soda : Soda bukanlah minuman yang baik untuk tubuh anda, selain itu soda juga mengandung banyak gula (yang dibuat alami ataupun buatan pabrik). Hal ini dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan yang berlebihan. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa soda dapat mengakibatkan penyakit ginjal dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

35. Menghindari makan daging pabrikan : Daging pabrikan mengandung banyak sodium dan nitrat yang dapat memunculkan kanker. Lebih baik pilihlah daging dari penjual daging di pasar atau yang anda percayai memiliki kandungan sodium dan nitrat yang rendah.

36. Mengurangi makan mentega : Mentega dibuat dari lemak hewan dan mengandung kolesterol serta kalori yang tinggi. Sebisa mungkin kurangilah makan mentega, dan bila terpaksa, carilah yang menandung kalori dan lemak yang rendah.

37. Mengurangi konsumsi mayonaise : Mayonaise mengandung banyak kalori serta lemak. Ada pula mayonais yang mengandung kalori rendah tapi mengandung banyak sodium dan gula serta zat aditif lainnya. Hal ini dapat berdampak buruk bagi ginjal anda.

38. Mengurangi konsumsi makanan beku : Makanan yang dibekukan dapat berdampak pada tumbuhnya diabetes tipe dua menurut beberapa penelitian. Selain itu makanan beku seperti pizza beku dan makanan yang bisa dihangatkan lagi dengan microwave biasanya melalui pemrosesan yang menambah kandungan gula sodium dan lemak. Bila terpaksa mengonsumsi makanan beku, carilah yang mengandung label rendah gula dan atau rendah sodium serta jangan terlalu sering.

39. Buang air kecil tepat waktu : Buang air kecil tepat waktu dapat membantu kinerja ginjal anda agar tetap berfungsi optimal. Menunda-nunda buang air kecil akan membuat zat sisa metabolisme yang ada dalam urin tidak cepat keluar dari tubuh sehingga mengganggu kinerja ginjal.

40. Konsumsi gula sewajarnya : Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat mengakibatkan resiko diabetes meningkat drastis. Seperti yang sudah kita ketahui, diabetes adalah penyakit yang dapat memicu masalah ginjal. Oleh karena itu, mengurangi gula secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan ginjal kita karena menurunkan potensi munculnya penyakit diabates. Apabila tetap ingin mengonsumsi gula, pakailah gula alami seperti gula merah yang lebih rendah potensinya untuk memunculkan diabetes.

41. Mengonsumsi kopi sewajarnya : Untuk menjaga ginjal maka anda harus menjaga konsumsi kafein agar tidak mengganggu kinerja ginjal dalam mempertahankan dan menggunakan zat-zat penting seperti zat besi, vitamin, dan lain sebagainya untuk di kirim ke berbagai jaringan tubuh. Sebaiknya anda tidak meminum kopi lebih dari tiga gelas per hari. Semakin hitam (tinggi kafein) kopi yang anda minum, semakin sedikit kopi yang sebaiknya anda minum.

Sponsors Link

42. Mengurangi konsumsi alkohol : Alkohol yang berlebihan dapat membuat ginjal anda bengkak, sehingga akan menggangu kinerja ginjal anda. Sebaiknya anda menghindari sepenuhnya minuman beralkohol agar ginjal selalu berada pada kondisi yang baik.

43. Mengurangi konsumsi protein hewani : Protein hewani yang berlebihan dalam tubuh anda akan membuat kinerja metabolisme ginjal anda menjadi berat, sehingga ginjal anda akan mengalami kerja yang cukup berat. Sebaiknya konsumsilah protein hewani dalam jumlah yang cukup, karena seandainya anda banyak mengonsumsinya pun akan menjadi sia-sia karena protein hewani yang berlebihan akan dibuang oleh tubuh anda.

44. Tidur dengan cukup : Tidur adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anda untuk melakukan regenerasi sel serta mengistirahatkan diri. Tidur kurang dari 6 jam dapat mempengaruhi kesehatan ginjal anda secara tidak langsung. Akibatnya dalam jangka panjang tubuh kinerja metabolisme tubuh akan sangat berkurang sehingga penyakit rentan untuk menyerang anda.

45. Menjaga kadar vitamin B6 : Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin yang diperlukan dalam tubuh. Kekurangan vitamin B6 dalam tubuh anda dapat berakibat merendahnya kadar oksalat dalam air kencing yang ada di dalam kandung kemih, sehingga dapat memicu munculnya batu ginjal. Sebaiknya anda meningkatkan konsumsi vitamin B6 melalui sumber alami seperti gandum, bayam, dan lain sebagainya.

46. Mengonsumsi labu siam : Labu siam dapat menjaga fungsi ginjal tetap optimal sehingga bisa mengeluarkan sampah dari sisa makanan yang telah kita makan dengan lancar.

47. Mengonsumsi kacang merah : Kacang merah dapat membantu menyehatkan ginjal dan menghancurkan batu ginjal yang sudah ada dalam kandung kemih.

48. Mengonsumsi seledri : Seleri organik dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan ginjal serta menggagalkan pembetukan batu ginjal.

49. Mengonsumsi daun kemangi : Meminum rebusan daun kemangi dapat membantu kita menjaga ginjal agar tetap sehat.

50. Mengonsumsi buah delima tua : Buah delima tua dapat membantu ginjal kita dalam mengeluarkan racun lewat urin serta mencegah pengendapan batu ginjal dalam ginjal kita.

51. Memakan jeruk bali : Mengonsumsi buah jeruk bali dapat melindugi dan menjaga fungsi ginjal dari kerusakan dan kekeringan akibat minimnya air didalam tubuh. Apabila anda kurang minum air, sebaiknya tambahi dengan rutin mengonsumsi jeruk bali agar kadar air tidak terlalu rendah.

52. Mengonsumsi anggur merah : Anggur merah dapat membantu menyehatkan dan memperkuat kinerja ginjal kita.

53. Mengonsumsi anggur hijau : Anggur hijau, seperti anggur merah, dapat membantu menyehatkan dan memperkuat kinerja ginjal kita.

54. Mengonsumsi anggur ungu : Anggur ungu, sebagaimana anggur hijau dan anggur merah dapat membantu menyehatkan dan memperkuat kinerja ginjal kita.

55. Mengonsumsi sayur buncis : Sayur buncis dapat membantu kita dalam menyehatkan ginjal serta menjaga kadar gula darah agar tetap pada posisi yang seimbang dan tidak berlebihan.

56. Mengonsumsi lobak tua : Lobak tua dapat membantu melancarkan pembuangan racun menuju kandung kemih serta dapat membantu menyehatkan ginjal.

57. Mengonsumsi mentimun : Mentimun dapat membantu mencegah dehidrasi serta membantu membersihkan ginjal.

58. Mengonsumsi asparagus : Asparagus sangat baik untuk ginjal anda karena membantu menjaga fungsi ginjal agar tetap berjalan optimal.

59. Mengonsumsi jagung muda : Jagung muda sangat baik untuk ginjal karena dapat membantu menghancurkan dan mengeluarkan serpihan batu ginjal yang sudah terbentuk dalam kandung kemih sehingga membantu menyehatkan ginjal.

60. Mengonsumsi jamur : Jamur adalah makanan yang baik bagi ginjal karena membantu proses pembuan limbah sisa makanan ke kandung kemih.

61. Mengonsumsi ikan tuna : Ikan tuna baik untuk ginjal anda karena membantu fungsi ginjal berjalan optimal.

62. Mengonsumsi wortel : Wortel baik untuk ginjal anda karena membantu mencegah pengendapan batu ginjal di dalam kandung kemih.

63. Mengonsumsi buah naga : Buah naga adalah buah yang mengandung banyak manfaat, salah satunya adlaah melancarkan fungsi ginjal serta menghancurkan batu ginjal yang sudah terendap di kandung kemih.

64. Mengonsumsi buah tomat : Buah tomat baik untuk ginjal karena dapat membantu penghancuran batu ginjal dalam kandung kemih. Selain itu, secara umum tomat juga dapat menyehatkan ginjal.

65. Mengonsumsi kulit buah labu bligo : Kulit buah labu bligo mampu menyembuhkan peradangan didalam jaringan ginjal serta melancarkan saluran kandung kemih.

66. Mengonsumsi perteseli : Perteseli dapat membantu meningkatkan fungsi jantung serta membantu melancarkan aliran racun sisa makanan menuju kandung kemih.

67. Mengonsumsi buah kiwi : Buah kiwi dapat membantu menyehatkan jaringan ginjal, serta mencegah terjadinya gagal ginjal.

68. Mengonsumsi buah belewah (labu besar) : Buah belewah dapat menyehatkan serta menguatkan fungsi ginjal kita.

69. Meminum air rebusan daun sukun : Meminum air rebusan daun sukun dapat membantu melancarkan pembuangan racun dalam tubuh serta menguatkan ginjal

70. Mengonsumsi buah manggis : Buah manggis merupakan buah yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membantu mencegah radang ginjal serta menguatkan fungsi ginjal.

71. Mengonsumsi buah merah : Buah merah dapat membantu membersihkan ginjal.

72. Mengonsumsi buah blueberry tua : Buah blueberry tua dapat membantu mencegah dan mengobati radang ginjal ginjal.

73. Mengonsumsi kecambah kacang hijau : Kecambah kacang hijau mampu mencegah pengendapan batu ginjal sehingga mampu membersihkan jaringan dalam ginjal.

74. Mengonsumsi kedelai : Kedelai mampu mencegah pengendapan batu ginjal sehingga mampu membersihkan jaringan dalam ginjal.

75. Mengonsumsi tauge : Tauge mampu mencegah pengendapan batu ginjal sehingga mampu membersihkan jaringan dalam ginjal.

76. Mengurangi konsumsi margarin : Mengurangi konsumsi margarin dapat membantu menajga kesehatan ginjal anda karena semakin sedikit lemak yang harus diolah oleh sistem pencernaan anda.

77. Menghindari stress : Stress adalah kondisi kejiwaan yang dapat memicu banyak penyakit seperti darah tinggi, dan juga ginjal. Lebih baik anda menghindari stress agar ginjal anda tidak bekerja terlalu berat serta tekanan darah anda terjaga dengan baik.

78. Rileksasi : Rileksasi dapat membantu pikiran dan tubuh anda untuk istirahat sejenak serta membantu mengeluarkan racun-racun dari tubuh yang masih tersisa. Rutin melakukan rileksasi dapat membuat perasaan anda membaik sehingga tubuh anda juga akan sehat, termasuk ginjal.

79. Liburan yang cukup : Liburan adalah hal yang penting untuk jiwa dan raga anda. Tanpa liburan anda akan mudah sekali merasakan stress. Oleh karena itu berlibur dengan cukup termasuk salah satu cara yang efektif agar anda tetap sehat, termasuk menjaga kesehatan ginjal anda.

80. Berpikir positif : Berpikir negatif, seperti merasa gagal, pesimis, curiga berlebihan dan semacamnya sangat rentan membuat tubuh anda untuk mengalami stress dan darah tinggi. Lebih baik anda berpikir positif dengan mencoba untuk mencari sisi baik dari kejadian yang menimpa diri anda. Hal ini akan membantu perasaan anda membaik sehingga tubuh anda tidak akan mengalami darah tinggi, sehingga ginjal anda juga akan terjaga.

81. Menghindari makanan yang terlalu asin : Makanan yang terlalu asin sudah pasti mengandung garam yang sangat banyak. Dengan menghindari makanan asin anda dapat menjaga kesehatan ginjal anda.

82. Meminum air degan : Meminum air degan dapat membantu menjaga kesehatan ginjal anda agar tetap sehat.

83. Mengonsumsi daun tempuyung : Mengonsumsi daun tempuyung dapat membantu kesehatan ginjal anda tetap sempurna.

84. Meminum biji mahoni : Biji mahoni yang dihaluskan kemudian diminum dengan air dapat membantu kesehatan reproduksi anda, termasuk kesehatan ginjal anda.

85. Meminum air seduhan kulit semangka : Air seduhan kulit semangka dapat membantu anda menjaga kesehatan ginjal.

86. Meminum daun sambung nyawa : Daun sambung nyawa yang dihaluskan kemudian direbus dan anda minum dengan air dapat membantu kesehatan ginjal anda, selain juga memberikan manfaat yang lainnya.

87. Meminum air rebusan jarum tujuh bintang : Mengonsumsi air rebusan tanaman obat jarum tujuh bintang dapat menjaga kesehatan ginjal anda.

88. Meminum air rebusan biji pepaya : Meminum air rebusan dari biji pepaya yang sudah dikeringkan dapat membantu kesehatan ginjal anda.

89. Mengonsumsi tumbuhan akar wangi : Mengonsumsi daun tanaman obat akar wangi dapat membantu menjaga kesehatan ginjal anda.

90. Mengonsumsi teripang : Teripang diyakini merupakan salah satu makanan konsumsi yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal anda.

91. Memiliki pola tidur yang baik : Pola tidur yang baik dan konsisten dapat membantu tubuh anda tetap sehat. Biasakan tidur sebelum jam 12 dan bangun setelah jam 3, apabila anda masih ingin tetap produktif namun juga tetap sehat.

92. Mengonsumsi jahe : Jahe adalah makanan konsumsi yang baik untuk tubuh kita, termasuk menjaga kesehatan ginjal dan kesehatan reproduksi.

93. Mengonsumsi kentang : Kentang dapat membantu anda menjaga kesehatan ginjal. Menurut pengobatan tradisional china, kentang manis dapat membantu kesehatan ginjal anda.

94. Meditasi : Meditasi membantu anda untuk merilekskan pikiran sehingga mampu mengurangi tingkat stress yang anda miliki, sehingga kesehatan tubuh anda, termasuk ginjal dapat terjaga.

95. Mendengarkan musik : Mendengarkan musik yang menurut anda bagus, dan mampu memperbaiki mood anda dapat membantu pikiran anda agar terhindar dari stress. Sehingga kesehatan tubuh anda juga akan terjaga.

96. Rutin memeriksakan level kreatinin dalam glomerulus : Level kreatinin dapat membantu anda mengidentifikasi penyakit ginjal dalam tubuh anda. Sehingga anda dapat mengatasinya lebih dini agar ginjal anda tetap sehat.

97. Rutin memeriksakan level albumin dalam urin : Level albumin dalam urin dapat menunjukkan apakah ginjal anda bermasalah atau tidak. Dengan demikian memeriksakan level albumin dalam urin dapat membantu anda mengidentifikasi penyakit ginjal lebih dini sehingga kesehatan ginjal anda dapat terjaga.

98. Hadapi rasa takut anda : Rasa takut adalah emosi yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan ginjal anda. Lebih baik anda menghadapi ketakutan anda dan menjadi berani serta yakin bahwa yang anda takutkan itu dapat anda atasi. Sebab bila tidak, lambat laun ginjal anda dapat mengalami masalah yang cukup berat.

99. Menggurangi paparan pembersih kimiawi : Pembersih kimiawi seperti detergen dapat mengganggu ginjal anda apabila anda sering melakukan kontak dengannya. Lebih baik gunakan pembersih alami sebagai alternatif untuk membersihkan pakaian atau rumah anda.

100. Mengonsumsi spirulina : Spriluna (dari sumber yang baik) dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda, termasuk kesehatan ginjal anda.

Itulah 100 cara menjaga kesehatan ginjal yang dapat anda lakukan sehari-hari. Selamat menjaga kesehatan ginjal anda!

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup