Sponsors Link

11 Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat Wajib Diketahui

Sponsors Link

Semua orang mendambakan ginjal yang sehat. Tidak ada orang yang ingin menderita penyakit ginjal lalu harus menghabiskan waktu berbaring terlentang tidak berdaya dan menghabiskan banyak biaya untuk mendapatkan kesembuhan. Oleh karena itu, semua orang juga harus mengetahui bagaimana cara menjaga ginjal agar tetap sehat. Hanya dengan itulah jalan yang dapat kita lakukan agar kita dapat terhindar dari penyakit ginjal yang tidak hanya menelan banyak biaya untuk berobat, akan tetapi juga membuat tubuh kita tidak akan berfungsi dengan maksimal.

ads

Ginjal memang hanyalah sekeping organ yang beratnya tak lebih dari berat kepalan tangan orang dewasa. Akan tetapi nilai penting organ yang berbentuk seperti kacang ini tidak bisa diabaikan satu kali pun. Baik anak kecil, remaja, orang dewasa atau orang tua sekalipun sangat rentan terhadap penyakit-penyakit ginjal terutama apabila mereka memiliki gaya hidup yang tidak seimbang, membuat ginjal sering bekerja dengan keras, dan kurang berolahraga. Cara menjaga ginjal agar tetap sehat oleh karenanya harus diketahui, bahkan bila perlu diajarkan sejak dini lewat contoh-contoh keseharian untuk anak-anak kita.

Memang seperti apa cara menjaga ginjal agar tetap sehat itu? Simak di bawah ini ya!

Baca juga:

1. Meminum air dengan cukup

Berbicara tentang ginjal tanpa memerhatikan jumlah konsumsi air minum adalah hal yang naif. Air adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh, termasuk ginjal. Meminum air dengan cukup, sekitar empat sampai enam gelas per hari adalah sesuatu yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal dan organ tubuh kita yang lain. Akan tetapi kadang kala kita juga berlebihan dalam mengonsumsi air minum, hingga tubuh kita malah kebanyakan cairan. Salah satu ahli ginjal James Simon, MD., mengatakan bahwa meminum air lebih dari cukup sama sekali tidak memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan ginjal kita. Oleh karenanya, yang lebih penting adalah meminum air dengan cukup. Kamu tidak perlu meminum terlalu banyak air, yang penting secukupnya saja.  Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

2. Berolahraga dengan teratur

Melakukan aktivitas olahraga dengan teratur dapat membantu menurunkan berat badan serta menstabilkan tekanan darah tubuhmu. Dengan demikian ginjal akan bekerja dengan lebih ringan karena cairan yang perlu dibersihkan olehnya akan lebih encer. Akan tetapi bukan berarti kamu harus terus berolahraga tanpa henti. Apabila kamu sedang tidak enak badan misalnya, jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga. Hal itu disebabkan karena olahraga di saat tubuhmu tidak fit justru akan membuat kerja tubuhmu lebih berat. Sel-sel yang sedang berusaha untuk melawan virus atau bakteri misalnya, akan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi karena diharuskan mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, terlebih apabila olahraga yang kamu lakukan membuat jaringan sel-mu terluka. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

3. Jika sedang menderita penyakit berat, lakukanlah check-up dengan rutin

Ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat diakibatkan karena adanya penyakit lain yang menyerang sistem tubuhmu. Beberapa jenis penyakit tersebut antara lain diabetes atau tekanan darah tinggi. Apabila kamu sedang menderita penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan secara rutin termasuk pada kondisi ginjalmu. Dengan pemeriksaan yang rutin tim dokter dapat mengantisipasi keadaan apa yang akan terjadi pada tubuhmu sehingga mampu memberimu saran-saran tertentu agar keadaan tubuhmu tidak bertambah buruk. Sekalian mintalah pada dokter untuk memeriksa dan memberikan saran bagaimana menjaga ginjalmu ketika mengalami penyakit-penyakit tersebut.  Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Sponsors Link

4. Jangan terlalu banyak mengonsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda rasa pegal atau rasa nyeri yang dengan mudah didapatkan di apotek umum seperti ibuprofen dan naproxen dapat membahayakan ginjal bila diminum dalam jangka panjang dan terus menerus. Alternatif yang lebih baik agar kamu tidak sering merasakan nyeri atau pegal setelah melakukan aktivitas adalah menambah daya tahan tubuh dengan cara berolahraga atau mengonsumsi suplemen alami seperti buah-buahan dan istirahat dengan cukup. Bila sangat sering, periksalah ke dokter dan jangan mengandalkan obat tersebut. Selain karena bisa jadi pegal atau nyeri yang kamu derita itu adalah tanda-tanda penyakit tertentu, mengonsumsi obat-obatan tersebut juga tidak baik untuk ginjal karena dapat merusak sel-sel ginjal. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

5. Sering bergerak aktif

Buat kamu yang sering melakukan aktivitas di depan laptop atau komputer, atau jarang menggerakkan badanmu, maka sebaiknya kamu mulai menghentikan kebiasaan tersebut dan mulailah rajin untuk bergerak. Tubuh manusia tidak dibuat untuk terus menerus diam di satu tempat saja. Banyak penyakit yang justru akan muncul dalam jangka panjang apabila kita sering menghabiskan waktu untuk duduk atau berdiam diri (bermalas-malasan), termasuk penyakit ginjal. Oleh karena itu, seringlah bergerak aktif, baik dengan berjalan kaki ke tempat kerja atau hanya dengan berjalan mengambil air minum untuk di minum di ruang kerja dari dapur.

Baca juga:

ads

6. Mengawasi kadar gula darah

Ada banyak penyakit ginjal yang muncul karena penyakit diabetes. Oleh karena itu, salah satu langkah untuk mencegah munculnya penyakit ginjal adalah dengan mencegah diabetes. Dengan mengawasi jumlah gula darah di dalam darahmu secara teratur, maka kamu dapat mendeteksi benih-benih diabetes lebih dini sehingga mengurangi risiko terkena penyakit diabetes serta penyakit ginjal.

7. Mengawasi tekanan darah

Penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab mengapa ginjal bisa bermasalah. Oleh karena itu, menjaga tubuhmu agar tidak sampai mengalami tekanan darah tinggi sangat penting untuk dilakukan. Lakukanlah pemeriksaan tekanan darah secara rutin untuk mengawasi tekanan darah yang kamu miliki. Dengan mengetahui tekanan darahmu secara teratur, kamu bisa memutuskan harus makan apa dan harus seberapa sering anda berolahraga. Dengan demikian risiko terkena darah tinggi yang bisa membuat ginjal anda bermasalah menjadi berkurang.

8. Menjaga kadar garam

Garam adalah salah satu zat yang dapat membuat darah menjadi lebih kental sehingga lebih berat bagi ginjal untuk membersihkannya. Mengurangi kadar garam dalam tubuhmu dapat membantu mencegah munculnya diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lain yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit ginjal.

Asupan garam per hari yang disarankan adalah sekitar 5 sampai 6 gram (kira-kira seukuran satu sendok teh). Untuk melakukan hal ini, kurangilah makan makanan instan atau makanan cepat saji, baik dibuat di restoran ataupun kaki lima yang banyak mengandung garam. Selain itu, kurangilah jumlah garam yang kamu tambahkan ke makananmu. Lebih sehat bagimu bila mengonsumsi makanan segar atau buah-buahan untuk menjaga kadar garam dalam tubuhmu.

Baca juga:

9. Mengurangi konsumsi fosfor

Fosfor adalah salah satu zat yang dapat menyebabkan permasalahan ginjal apabila jumlahnya di dalam tubuh berlebihan. Bahkan saat ginjal bermasalah, diketahui ada banyak fosfor berkumpul di dalam tubuh. Hal tersebut dapat mengakibatkan kondisi yang lebih serius, seperti penyakit tulang sampai penyakit jantung. Oleh karena itu, saat mengalami sakit ginjal, mengurangi konsumsi fosfor sangat diperlukan agar kondisi tubuh tidak semakin memburuk. Pada saat tubuhmu sehat pun, asupan fosfor yang diperlukan tubuh hanya sekitar 800 mg sampai 1200 mg fosfor per hari. Dengan demikian mengonsumsi banyak fosfor justru akan membuat ginjal bekerja lebih berat untuk membuang sisanya tanpa mendapatkan kebaikan apapun.

Sponsors Link

9. Meminum jus blueberry

Buah-buahan sangat baik untuk tubuh kita. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kita adalah beri-berian. Blueberry adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung anthocyanidins, sebuah antioksidan yang membantu untuk menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, blueberry juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat membantu mengurangi potensi munculnya radang. Buah ini juga mengandung banyak vitamin C, mangan, dan lain sebagainya. Mengonsumsi blueberry akan sangat membantu fungsi ginjalmu.

10. Meminum jus stroberi

Layaknya blueberry, stroberi adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung anthocyanidins, sebuah antioksidan yang membantu untuk menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Stroberi juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat membantu mengurangi potensi munculnya radang. Buah ini juga mengandung banyak vitamin C, mangan, dan lain sebagainya. Mengonsumsi blueberry bersama dengan stroberi akan sangat membantu fungsi ginjalmu.

11. Memakan bawang putih dan bawang putih

Si kembar dari dunia bawang ini memang menjadi duo makanan kecil yang ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Bawang putih membantu kita untuk mengurangi radang serta kolesterol buruk dalam tubuh. Selain itu bawang putih juga mengandung antioksidan yang baik untuk membantu ginjal berfungsi secara maksimal. Kamu bisa memanfaatkan bawang putih dalam banyak masakan yang kamu buat. Sementara itu, bawang merah mengandung flavonoids dan quercetin yang dapat membantu mencegah terkumpulnya zat-zat lemak di aliran darah. Selain itu bawang merah juga mengandung chromium yang membantu metabolisme lemak, protein dan karbohidrat.

Itulah beberapa cara menjaga ginjal agar tetap sehat. Semoga dengan melakukan hal-hal di atas ginjalmu semakin sehat setiap hari!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips