Sponsors Link

6 Cara Mengosongkan Kandung Kemih yang Benar

Sponsors Link

Saat ini di Indonesia banyak yang mengalami kesehatan khususnya kesehatan ginjal.Tingkat kesehatan masayarakat Indonesia yang semakin rendah membuat seseorang mudah sekali untuk terserang maupun terkena beberapa penyakit,baik masalah penyakit yang ringan hingga peyakit yang berat.

ads

Ginjal merupakan organ didalam tubuh manusia yang berperan penting dalam proses metabolisme ,selain itu juga ginjal berperan penting terhadap beberapa proses seperti pengeluaran urine ,penyaringan darah dan lain sebagainya. Apabila ginjal mendapati masalah maka akan berpengaruh terhadap organ lainnya. Salah satunya yaitu kandung kemih. Kandung kemih ini merupakan salah satu anggota yang saling berkaitan dengan ginjal,karena tekait dengan proses penyimpanan dan pembuangan urin.

Ada beberapa kondisi pada kandung kemih antara lain kandung kemih neurogenik , kandung kemih hiperaktif , kandung kemih cepat penuh dan lain sebagainya. Kondisi-kondisi tersebut perlu adanya pengosongan kandung kemih .Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengosongkan kandung kemih :

Cara Mengosongkan Kandung Kemih

Sebelum kita mengetahui cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mengosongkan kandung kemih,perlu kita ketahui beberapa penjelasan dari kandung kemih itu sendiri.

Kandung kemih merupakan salah satu anggota didalam tubuh manusia yang merupakan organ pada sistem kemih. Kandung kemih mempunyai bentuk kantung yang digunakan sebagai penyimpanan urea serta air yang nantinya akan dikeluarkan dari tubuh. Letak dari kandung kemih pada wanita  yaitu terletak antara vagina dan rahim , sedangkan pada pria yaitu terletak di depan dari kelenjar prostat itu sendiri. Sistem saluran kemih pada manusia terdiri atas ginjal, ureter,kandung kemih, otot sfingter dan uretra. Komponen tersebut sangat berperan dalam pembentukan urin dan pembuangan urine , serta penyaringan limbah-limbah yang ada di dalam tubuh manusia. Apabila kandung kemih bermasalah maka akan berdampak buruk bagi kesehatan seseorang.

Penyebab kandung kemih turun mungkin salah satunya karena kandung kemih yang terlalu penuh sehingga kandung kemih perlu dikosongkan. Berikut cara mengosongkan kandung kemih :

1. Senam Kegel

Senam kegel ini digunakan untuk melatih otot-otot pada kandung kemih sehingga proses pembuangan urine didalam tubuh menjadi lancar dan tidak terhambat.Sehingga urin tidak menumpuk di dalam kandung kemih. Latihan kegel ini bisa dilakukan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Cara mengatasi kandung kemih yang lemah yaitu juga dapat melakukan latihan senam kegel ini secara rutin serta juga diimbangi dengan pola hidup sehat.

2. Senam Yoga

Senam yoga merupakan salah satu senam yang mampu merilekskan semua anggota tubuh , salah satunya yaitu kandung kemih ini. Senam yoga dalam peran kandung kemih dapat membantu dalam pengontrolan buang air kecil. Selain iu pada kandung kemih juga berperan dalam pengosongan kandung kemih yang penuh. Selain bermanfaat pada kandung kemih , yoga juga sangat berperan dalam kesehatan organ didalam tubuh seperti jantung , ginjal, paru-paru serta organ pencernaan. Yoga juga dapat membantu peredaran darah menjadi lancar sehingga dalam proses penyaringan air dan darah menjadi lancar. Makanan pembersih ginjal juga perlu kita ketahui untuk membuat ginjal lebih sehat.

Sponsors Link

3. Program Ulang Kandung Kemih

Program ulang kandung kemih ini merupakan salah satu cara dalam melatih kandung kemih untuk seseorang yang kesulitan mengontrol buang air kecil. Pelatihan atau terapi mungkin dapat membantu seseorang untuk mengosongkan kandung kemih. Meskipun cara ini tidak memberikan efek yang signifikan namun tetap saja cara ini juga sedikit membantu dalam mengatasi masalah kandung kemh yang sulit untuk dikontrol.

4. Konsumsi Obat Khusus

Obat tradisional penyakit ginjal memang sangat banyak ditawarkan , obat penyakit ginjal jatuhnya nanti juga akan mempengaruhi kandung kemih. Namun untuk mengososngkan kandung kemih ini kita dapat memanfaatkan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya dokter akan meberikan beberapa resep untuk pengosongan kandung kemih.

ads

5. Kurangi Minum

Jika didalam kandung kemih mengalami kelebihan urine akan mengakibatkan kantong kandung kemih ini akan selalu penuh. Hal tersebut akan mengakibatkan seseorang akan sulit mengontrol kencing , tak jarang sekali seseorang akan tanpa sadar telah buang air kecil. Untuk meminimalisir hal tersebut kita dapat mengosongkan kandung kemih dengan cara mengurangi asupan cairan , dan hindari mengkonsumsi cairan berlebih.

6. Melakukan Diet Sehat

Diet merupakan salah satu cara kita untuk menjaga kesehata tubuh , agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit. Namun seringkali  seseorang melakukan diet yang tidak sehat yang nantinya akan berdampak pada seseorang menjadi rentan sekali mendaptkan penyakit , diet-diet yang ekstrim justru akan membahayakan kesehatan seseorang. Diet yang baik yaitu dengan cara menjaga pola makan serta melakukan olahraga secara rutin. Selain menjaga kesehatan melakukan diet sehat juga sangat menjaga kesehatan kandung kemih , contohnya saja untuk menjaga urine yang masuk kedalam kandung kemih sehingga tidak berlebihan dan tertumpuk. Maka diet ini sangat berperan dalam pengosongan kandung kemih yang berlebihan. Kandung kemih hiperaktif ini juga dapatdiatasi atau diminimalisir tanda dan gejalanya dengan cara melakukan diet yang sehat.

Melakukan pengosongan kandung kemih tersebut tidak semata-mata tanpa adanya masalah kandung kemih. Perlu kita ketahui juga beberapa masalah-masalah yang terjadi pada kandung kemih seseorang.

Masalah Masalah pada Kandung Kemih

Suatu penyakit tertentu pastinya berawal dari adanya masalah tertentu. Contohnya saja pada kandung kemih yang masih berkaitan dengan organ ginjal karena terkait dengan sistem kemih. Adapu masalah-masalah ginjal yang berdampak pada kandung kemih antara lain yaitu gagal ginjal stadium 5 , kista ginjal kanan , ginjal kronis dan ginjal bengkak ,  masalah tersebut akan berdampak pada frekuensi buang air kecil normal pada seseorang. Biasanya seseorang yang mengalami masalah pada sistem kemih maka akan berdampak tidak normalnya frekuensi buang air kecil. Hal tersebut tergantung jenis masalah dan penyebabnya. Perlu kita ketahui masalah-masalah yang terjadi pada kandung kemih antara lain :

  • Batu saluran kemih , yang merupakan adanya kristal pada kandung kemih , kristal tersebut berupa mineral dari ginjal yang diekskresikan dan terjadi pengkristalan.
  • Kanker kandung kemih , merupakan kondisi pengembangan dari tumor ganas pada kandung kemih.
  • OAB , merupakan kerja kandung kemih yang terlalu aktif.
  • Cystitis , meupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada kandung kemih.
  • Uretritis, merupakan kondisi dimana uetra yang meradang sehingga menyebabkan rasa sakit saat melakukan buang air kecil.

Apabila seseorang ingin melakukan pengosongan kandung kemih dapat melakukan beberapa hal diatas yang telah dijelaskan. Untuk lebih tepatnya kita dapat melakukan konsultasi dengan dokter.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips