Sponsors Link

Cara Mengobati Kram Ginjal Secara Alami dan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ penting manusia yang bertugas untuk melakukan penyaringan limbah dan sisa hasil metabolisme, dimana kotoran yang telah disaring akan dikeluarkan tubuh melalui urin. Manusia memiliki dua ginjal di sisi kiri dan kanan tubuh, tepatnya di dalam rongga perut. Manusia dapat hidup dengan satu ginjal, namun manusia tidak akan bertahan apabila kedua ginjal tidak berfungsi. Dan penurunan fungsi ginjal ini yang sering dikenal dengan gagal ginjal.

ads

Gagal ginjal terbagi menjadi dua jenis, yaitu gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut. Gagal ginjal kronik terjadi apabila kondisi ginjal sudah mengalami penurunan fungsi yang signifikan, karena kerusakan telah terjadi cukup lama, namun tidak disadari penderita. Sedangkan gagal ginjal akut adalah berhentinya fungsi ginjal secara tiba-tiba. Oleh karena itulah, dalam dunia medis gagal ginjal kronik lebih sulit untuk disembuhkan karena kerusakan ginjal sudah tidak dapat ditangani lagi. Sedangkan gagal ginjal akut cenderung lebih mudah diatasi.

Salah satu gejala apabila seseorang mengalami kerusakan pada ginjal adalah kram otot. Hal ini terjadi berkaitan dengan fungsi ginjal dalam melakukan penyaringan. Dalam tubuh manusia, penyaringan kotoran dan sisa hasil metabolisme sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Karena apabila kotoran yang seharusnya dibuang tersebut masuk ke aliran darah, akan banyak efek buruk yang terjadi, salah satunya adalah kram otot. Masuknya zat yang tidak diinginkan dalam aliran darah akan memicu penumpukan cairan di dalam tubuh, yang akibatnya menimbulkan reaksi pada otot atau syaraf.  Inilah mengapa kerusakan ginjal akan sangat berdampak aktivitas manusia.

Selain adanya kram otot, terdapat beberapa gejala penyakit gagal ginjal yang mungkin belum Anda ketahui, yaitu munculnya kulit gatal karena gagal ginjal kronik, rasa sakit di sekitar pinggang, mual, muntah, dan kesulitan bernapas.

Ada beberapa hal yang mungkin Anda rasakan ketika kram kambuh, diantaranya mudah kelelahan, terdapat darah dalam urin, berkurangnya pembentukan urin, nyeri punggung, dan lain sebagainya.

Cara mengobati kram ginjal, pertama perhatikan penyebab dari adanya kram tersebut. Kram disebabkan oleh penumpukan cairan dalam tubuh. Dan penumpukan cairan ini disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal. Sehingga, berikut kami sediakan beberapa alternatif  untuk memulihkan fungsi ginjal, berikut diantaranya :

  1. Mahkota dewa

Mahkota dewa merupakan salah satu jenis tanaman toga. Mahkota dewa memang telah dikenal memiliki berbagai khasiat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dalam hal mengobati masalah ginjal, mahkota dewa memiliki beberapa kandung yang dapat bekerja dan membantu memulihkan ginjal, diantaranya adalah senyawa saponin, alkaloid, flavonoid, dan berbagai zat lainnya.

Untuk meramu mahkota dewa menjadi obat untuk mengobati kram ginjal, berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan :

  • Pertama, siapkan dua atau tiga buah mahkota dewa yang sudah matang.
  • Kupas kulit, dan iris tipis-tipis daging buah mahkota dewa.
  • Sediakan panci dan tuangkan tiga gelas air ke dalam panci untuk direbus. Jangan lupa masukkan daging buah yang telah dikupas ke dalam panci.
  • Rebus air bersama daging buah di dalam panci. Tunggu sampai air dalam panci menyusut menjadi dua gelas, atau bahkan satu gelas.
  • Tunggu air rebusan sampai dingin untuk kemudian dapat diminum. Konsumsi air rebusan dua kali sehari untuk mendapat khasiat yang maksimal.
    Sponsors Link

  1. Manggis

Kebanyakan orang pasti setuju bahwa buah manggis merupakan buah yang kaya akan khasiat. Tidak hanya dapat menjadi sumber nutrisi dan vitamin, buah manggis ternyata mampu memberikan efek positif pada ginjal manusia. Mengapa demikian? Pasalnya buah manggis disertai dengan kandungan xanthone yang dapat melawan radikal bebas dan racun dalam tubuh.

ads

Selain itu, kulit manggis memiliki kemampuan untuk membantu proses elektorlit dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga kulit manggis dapat membantu kerja ginjal dalam melakukan fungsi penyaringan. Dengan lancarnya proses penyaringan, maka penyaringan kotoran akan akurat. Dan diharapkan hal ini dapat mengurangi kram akibat penumpukan cairan di dalam tubuh.

Selain membantu proses penyaringan, ada beberapa khasiat lain dari buah manggis, diantaranya adalah mencegah adanya kanker ginjal, batu ginjal, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menjaga tingkat kolestrol tubuh.

  1. Daun sukun kering

Alternatif selanjutnya untuk meredakan kram pada penderita sakit ginjal adalah menggunakan daun sukun kering. Cara meramunya cukup mudah dan dapat Anda aplikasikan di rumah. Pertama, siapkan beberapa lembar daun sukun kering. Kemudian rebus daun sukun dengan air secukupnya. Pastikan setelah direbus masih ada air yang tersisa. Minum air rebusan dua kali dalam satu hari secara rutin.

Selain untuk memperbaiki fungsi ginjal, daun sukun kering juga memiliki beberapa manfaat lain, yaitu menurunkan risiko penyakit jantung, menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan kadar kolestrol, dan masih banyak lagi.

  1. Diet

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk melakukan penyaringan limbah dan sisa hasil metabolisme. Apabila ginjal mengalami penurunan fungsi, maka kemampuan untuk menyaring secara akurat akan menurun. Sehingga, mungkin saja terdapat limbah atau kotoran yang tidak ikut tersaring. Apabila kotoran tersebut masuk ke aliran darah, maka akan menyebabkan hal yang tidak baik bagi tubuh, dan hal ini juga bergantung dengan jenis makanan yang kita konsumsi.

Maka dari itu, bagi penderita gagal ginjal sangat dianjurkan untuk melakukan diet makanan. Hal ini membantu untuk jangka panjang dan mungkin tidak akan terasa apabila hanya dilakukan untuk beberapa hari. Lakukan setiap hari untuk meringankan kerja ginjal dan menghindari masalah ketika ginjal tidak bisa menyaring sepenuhnya makanan tersebut.

Nah, untuk diet yang perlu dilakukan penderita gagal ginjal adalah diet rendah protein dan beberapa jenis mineral, seperti natrium, kalium, dan fosfat. Dan satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh supaya cairan tidak menumpuk.

  1. Terapi pengganti ginjal

Apabila kondisi ginjal sudah sangat parah, mungkin beberapa cara di atas tidak akan terlalu berpengaruh. Dan karena ginjal hampir tidak berfungsi, maka besar kemungkinan kram akan semakin terasa. Dalam kondisi seperti ini, Anda kesulitan untuk mengobati dengan cara-cara konvensional, dan cara terbaik mengobati kram ginjal adalah dengan menangani sampai ke akarnya melalui beberapa proses berikut, yaitu melakukan proses cuci darah atau proses hemodialisis, CAPD,  dan transplantasi ginjal.

Sekian artikel mengenai cara mengobati kram pada gagal ginjal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :