Sponsors Link

Cara Mengobati Infeksi Kandung Kemih secara Medis dan Alami

Sponsors Link

Infeksi kandung kemih merupakan salah satu jenis infeksi atau peradangan yang terjadi pada organ kandung kemih. Infeksi ini juga termasuk ke dalam salah satu infeksi saluran kemih bawah yang juga berhubungan dengan Macam Macam Penyakit Ginjal. Kondisi ini disebabkan oleh aktivitas bakteri E. Coli di dalam kandung kemih. Masuknya bakteri ini biasanya berasal dari proses pembersihan saat setelah buang air kecil atau buang air besar yang kurang bersih.

ads

Infeksi kandung kemih lebih sering dialami oleh wanita, karena uretra dari wanita lebih pendek dari laki-laki, sehingga bakteri akan lebih mudah masuk dan menyerang kandung kemih. Namun tidak menutup kemungkinan laki-laki juga bisa mengalami hal ini. Penyakit ini perlu untuk segera diatasi dan ditangani dengan baik. Karena, jika dibiarkan saja, bakteri bisa naik ke organ sistem kemih atas dan mengganggu area ginjal serta menyebabkan berbagai Kelainan Ginjal. Berikut beberapa cara mengobati infeksi kandung kemih yang bisa dilakukan, baik secara medis maupun secara alami.

  1. Hubungi dokter

Salah satu cara pengobatan infeksi kandung kemih terbaik adalah dengan mengunjungi dokter dan berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan sebelum mendiagnosis pasien yang diduga mengalami infeksi kandung kemih. Pemeriksaan itu antara lain dengan tes urine dan sejumlah pencitraan lainnya. Hal ini penting, karena dengan demikian dokter akan mengetahui seberapa parah infeksi yang ada. Baru kemudian, pengobatan yang sesuai dengan porsinya bisa dilakukan.

  1. Antibiotik

Jika infeksi kandung kemih yang ada masih terbilang ringan, maka obat antibiotik mungkin tidak diberikan kepada pasien untuk menghindari bakteri kebal terhadap obat di kemudian hari. Namun jika kasusnya sudah cukup parah, cara mengobati infeksi kandung kemih adalah dengan memberikan sejumlah dosis antibiotik. Konsumsilah obat-obatan tersebut agar bisa membantu melawan bakteri sehingga infeksi bisa segera pulih.

  1. Obat pereda rasa sakit

Gejala dari infeksi kandung kemih yang bisa dirasakan oleh penderita adalah adanya rasa sakit atau rasa nyeri di daerah kemaluan. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya dokter juga akan memberikan obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen atau paracetamol sesuai kadar yang direkomendasikan. Namun hindari konsumsi obat pereda rasa sakit tanpa resep dokter, karena ada beberapa Jenis Obat Yang Dapat Merusak Ginjal yang perlu diwaspadai.

  1. Sodium bikarbonat atau Potasium sitrat

Beberapa orang juga bisa merasakan sakit ketika buang air kecil karena penyakin infeksi kandung kemih ini. Untuk mengatasi hal tersebut, konsumsi sodium bikarbonat dan juga potasium sitrat bisa saja direkomendasikan dokter untuk mengatasi rasa sakit saat buang air kecil tersebut.

  1. Mengonsumsi banyak air

Pasien yang mengalami infeksi kandung kemih sangat disarankan untuk minum banyak air putih. Malah, sebisa mungkin, air putih sebanyak 250 ml harus diminum setiap jam, terutama di siang hari. Hal ini ditujukan untuk membantu meningkatkan jumlah urine pada tubuh. Hal itu bisa membantu mempercepat penyembuhan dari infeksi kandung kemih, karena setiap buang air kecil, maka kandung kemih akan seperti dibersihkan. Selain itu, konsumsi air yang cukup per hari rupanya bisa membantu mengusir bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Sponsors Link

  1. Jangan menahan kencing

Jika asupan cairan sudah dipenuhi setiap harinya, hal yang paling perlu diingat adalah jangan pernah menahan-nahan air kencing. Jika Anda merasa ingin buang air kecil, segera keluarkan air kecil itu. Jika urine tidak segera dikeluarkan, maka ruang itu akan menjadi ruang bagi bakteri untuk lebih cepat berkembang biak. Dan kondisi ini pasti akan menjadi lebih parah lagi nantinya jika bakteri justru bertambah banyak di sana, sehingga Ciri Urine Sehat tidak akan lagi didapatkan.

ads
  1. Hindari alkohol dan kafein

Cara mengobati infeksi kandung kemih berikutnya adalah dengan menghindari konsumsi alkohol dan juga kafein. Kedua bahan ini adalah bahan yang sama-sama bisa menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Jika seseorang sudah terdiagnosis mengalami infeksi kandung kemih, maka kafein dan alkohol harus segera dihindari. Dengan demikian, pengobatan akan bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

  1. Mengonsumsi blueberry dan nanas

Buah yang baik untuk seseorang yang terdiagnosis infeksi saluran kemih termasuk infeksi kandung kemih adalah nanas dan blueberry. Nanas adalah buah yang bisa membantu mengatasi peradangan pada kandung kemih. Sementara itu blueberry bisa membantu menghambat aktivitas bakteri. Kedua buah ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dari infeksi kandung kemih.

  1. Jus apel atau cuka sari apel

Selain nanas dan blueberry, buah lainnya yang bisa dikonsumsi sebagai salah satu cara mengobati infeksi kandung kemih adalah apel. Anda bisa mengonsumsi jus apel atau cuka sari apel karena di dalamnya ada enzim yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Apel juga kerap kali bisa bermanfaat sebagai antibiotik alami untuk membantu mengatasi infeksi kandung kemih pada tubuh dan juga merupakan salah satu jenis Buah untuk Penderita Ginjal dan Diabetes yang baik untuk dikonsumsi.

  1. Kompres hangat

Jika muncul rasa sakit, terutama pada perut  bagian bawah, Anda bisa membantu meredakan gejalanya dengan mengompres menggunakan air hangat. Cara ini memang bukan cara mengobati infeksi kandung kemih secara tuntas, namun cara ini bisa membantu mengurangi gejala nyeri atau sakit yang dirasakan oleh penderita. Selain itu, pengompresan dengan air hangat ini bisa membantu mencegah peradangan dan pembengkakan dari infeksi bakteri yang ada.

  1. Memanfaatkan baking soda

Baking soda bisa dikonsumsi sebagai tambahan bahan ke dalam minuman. Hal ini dilakukan karena baking soda memiliki sifat basa. Kondisi basa akan bisa membantu menyeimbangkan urine yang sifatnya asam. Hal ini bisa juga membantu mengatasi rasa nyeri akibat infeksi kandung kemih yang ada. Namun gunakan secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan.

  1. Mengonsumsi suplemen

Cara mengobati infeksi kandung kemih lainnya adalah dengan mengonsumsi suplemen tambahan. suplemen yang dimaksud antara lain vitamin C, cranberry, jelantang, goldenseal, dan juga echinacea. Kesemua suplemen ini akan membantu membuat aktivitas bakteri menjadi terhambat. Selain itu, bisa juga membantu memperkuat sistem imun tubuh agar sistem imun lebih kuat dalam melawan infeksi yang ada. Namun sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, selalu tanyakan pada dokter apakah suplemen tersebut aman atau tidak.

Sponsors Link

  1. Menjaga kebersihan

Kebanyakan penyebab dari infeksi kandung kemih adalah karena kurang bersihnya proses cebok. Maka dari itu, agar infeksi kandung kemih ini segera pulih, kebersihan wajib dijaga. Mandilah dengan air yang mengalir, dan hindari berendam. Selain itu, bersihkan area kemaluan juga dengan air mengalir hingga bersih, dari depan ke belakang. Hindari juga menggunakan produk-produk wangi pada area kemaluan, terutama wanita.

Demikianlah beberapa cara mengobati infeksi kandung kemih secara medis dan alami yang bisa dilakukan. Selalu gunakan juga pakaian yang tidak ketat dan bisa menyerap keringat dengan baik, khususnya pakaian dalam. Tujuannya adalah untuk mencegah bakteri. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan