Sponsors Link

30 Cara Mengobati Ginjal Secara Tradisional Tanpa Cuci Darah

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang penting. Dengan adanya ginjal kita dapat mempertahankan kandungan yang penting bagi tubuh serta membuang racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu penting bagi kita untuk merawat kesehatan ginjal. Apabila ginjal menderita sakit, tidak perlu terburu-buru untuk panik karena kita masih memiliki cara mengobati ginjal secara tradisional yang dapat anda lakukan secara mandiri di rumah. Cara mengobti ginjal secara tradisional ini dapat membantu anda untuk mengatasi berbagai penyakit ginjal, baik sebelum benar-benar sakit atau pada saat masa perlawanan menghadapi penyakit tersebut.

ads

Baca juga:

1. Mengonsumsi garam secukupnya

Mengonsumsi garam secukupnya dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah serta mengatasi penyakit ginjal yang anda derita. Pada konsisi yang sudah parah, anda dapat mengurangi konsumsi garam dalam jumlah yang drastis. Hal ini anda lakukan untuk mengurangi beban ginjal anda dalam menyaring cairan di dalam tubuh dengan cara mengurangi kekentalannya. Dengan mengonsumsi garam dengan cukup, kesehatan ginjal anda dapat terjaga dengan baik. Apabila anda menderita penyakit ginjal, kondisi ginjal anda dapat terbantu dengan pembatasan konsumsi garam ini.

2. Istirahat malam dengan cukup

Istirahat malam dengan cukup merupakan salah satu cara untuk mengobati dan menjaga kesehatan ginjal anda tanpa memerlukan terapi medis atau meminum ramuan tertentu. Istirahat malam dapat membantu tubuh anda untuk melakukan proses detokfisikasi dengan lebih sempurna. Di antara jam 12 sampai jam 3, adalah waktu alamiah bagi tubuh anda untuk melakukan istirahat, termasuk untuk melakukan regenerasi sel yang telah mengalami kerusakan. Hal ini dapat membantu penyembuhan ginjal anda pada saat mengalami sakit.

3. Mengonsusi teh dan kopi sewajarnya

Pada saat ginjal anda sehat, konsumsi kopi dan teh sebaiknya tidak berlebihan. Konsumsi kopi dan teh yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah anda sehingga memperberat kinerja ginjal anda sendiri. Pada saat ginjal anda mengalami sakit, maka salah satu cara mengobatinya adalah dengan mengonsumsi kopi dan teh sewajarnya, bahkan lebih baik bila anda tidak mengonsumsinya sama sekali. Hal ini akan membantu menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi, sehingga meringankan beban kerja yang harus ditanggung oleh ginjal anda.

4. Mengurangi konsumsi protein hewani

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal sekaligus mengobati penyakit ginjal adalah dengan cara mengonsumsi protein hewani dalam kadar yang tidak berlebihan, bahkan pada kondisi tertentu harus dibatasi. Dengan membatasi konsumsi protein hewani ini, ginjal akan memiliki beban kerja yang tidak begitu berat sehingga dapat melakukan perbaikan jaringan-jaringan yang rusak. Namun demikian bukan berarti anda tiadk membutuhkan protein sama sekali. Anda harus tetap memiliki asupan protein yang cukup namun didapatkan dari sumber yang berbeda, seperti misalnya dari sayuran atau buah-buahan lainnya.

5. Mengurangi konsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri adalah salah satu faktor yang menyebabkan mengapa kinerja ginjal menjadi sangat berat. Salah satu cara untuk mengobati ginjal adalah dengan mengubah pola hidup anda dengan cara mengurangi konsumsi obat pereda nyeri, bahkan bila perlu tidak mengonsumsi sama sekali apabila anda tidak menderita penyakit parah. Lebih baik anda melatih tubuh anda untuk bergerak aktif sehingga terhindar dari rasa nyeri berlebihan, atau bila memang perlu, mengalokasikan waktu istirahat yang cukup agar tubuh anda tidak terbebani rasa nyeri yang tidak seharusnya dia alami.

Sponsors Link

6. Mengonsumsi ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu makanan yang dapat anda konsumsi untuk memelihara kesehatan ginjal anda. Dengan mengonsumsi ikan salmon, banyak manfaat yang dapat anda raih. Kandungan lemak anti-peradangan, yaitu omega-3 dapat membantu tubuh kita untuk mengatasi kanker, sakit jantung, menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh, serta bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Dengan mengubah pola makan anda, salah satunya dengan rutin mengonsumsi ikan salmon, ginjal anda yang sakit dapat membaik secara alami.

7. Tidak menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil dapat membuat urin tertahan di dalam ginjal, serta meningkatkan tekanan air yang ada di dalam ginjal. Apabila hal ini sering terjadi, maka fungsi ginjal akan terganggu dan dapat mengalami penurunan fungi. Dengan tidak menahan untuk buang air kecil apabila anda sudah merasakannya, maka anda dapat menjaga sekaligus membantu mengobati kerusakan ginjal akiat anda terlalu sering menahan urin.

8. Mengonsumsi buah kelapa kuning

Buah kelapa kuning adalah salah satu buah yang mengandung khasiat untuk tubuh kita. Salah satunya adalah membantu menjaga kesehatan ginjal kita. Apabila anda menderita penyakit ginjal, buah kelapa kuning dapat membantu anda mengobati penyakit tersebut sehingga kondisi kesehatan ginjal anda akan cenderung membaik. Pencampuran buah kelapa kuning dengan tanaman tradisional lain yang juga dapat menjadi obat ginjal menjadi lebih efektif untuk mengobati penyakit ginjal, seperti misalnya gagal ginjal.

ads

9. Minum air putih secukupnya

Air putih adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh kita. Selain sebagai sumber utama pelarut yang ada di dalam tubuh kita, air putih juga membantu kerja ginjal kita. Mengonsumsi air dengan cukup akan membuat kekentalan darah kita berada pada kadar yang baik, sehingga membuat ginjal akan bekerja dengan cukup mudah. Sebaliknya, bila konsumsi air kurang, kekentalan darah meningkat, produksi urin berkurang dan seterusnya, maka fungsi ginjal juga akan terpengaruh baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Mengonsumsi air putih dengan cukup dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan ginjal anda, serta membantu pemulihan fungsi ginjal anda yang mengalami kerusakan. Dengan demikian, ginjal anda lambat laun akan sehat kembali.

10. Mengonsumsi kubis

Kubis adalah salah satu sayuran yang sering kita jadikan berbagai bahan masakan. Di dalam kubis terkandung fitokimia dalam kadar yang tinggi. Senyawa ini dapat membantu kerusakan organ dalam kita. Kesehatan jantung dan ginjal serta organ-organ lain akan terjaga, sementara kanker pun dapat dilawan dengan menggunakan senyawa ini.

Kandungan kubis yang lain adalah senyawa asam folat, vitamin B6, vitamin K, vitamin C, dan lain sebagainya. Kandungan yang beragam ini dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan ginjal anda secara alami, dan tentunya efektif.

Itulah 10 cara untuk mengobati ginjal anda secara alami. Apabila anda merasa tidak dapat melakukan beberapa cara di atas jangan khawatir karena selain 10 cara di atas, masih terdapat cara lain yang dapat anda lakukan. Berikut ini beberapa cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengobati ginjal anda.

  1. Tidak meminum alkohol
  2. Mengonsumsi bunga kol
  3. Memakan apel
  4. Mengonsumsi minyak zaitun
  5. Mengonsumsi air rebusan daun sirsak
  6. Mengonsumsi bawang putih
  7. Tidak meminum minuman bersoda
  8. Menjaga berat badan tetap ideal
  9. Mengonsumsi air rebusan daun keji beling
  10. Mengonsumsi daun binahong
  11. Mengonsumsi mahkota dewa
  12. Mengonsumsi air rebusan daun sukun
  13. Mengonsumsi bawang bombay
  14. Mengonsumsi jeruk nipis
  15. Mengonsumsi akar alang-alang
  16. Mengonsumsi kumis kucing
  17. Mengonsumsi rambut jagung
  18. Berhenti merokok
  19. Mengonsumsi kaktus ekor tikus
  20. Mengonsumsi buah paruh burung

Penyebab ginjal bermasalah

1. Kerusakan saraf kandung kemih

Salah satu penyebab ginjal mengalami bermasalah (pembenengkakan) adalah karena adanya kerusakan pada saraf kandung kemih. Kerusakan ini dapat diakibatkan oleh berbagai macam hal, seperti peradangan uretra karena virus, atau karena adanya kanker seperti kanker prostat, kanker ginjal, dan lain-lain. Baik kanker atau peradangan, semuanya berpotensi besar dalam menyebabkan iritasi serta peradangan pada kandung kemih. Sehingga saraf kandung kemih menjadi lemah dan pembuangan urin menjadi terhambat. Akibatnya ginjal dapat mengalami pembengkakakan.

2. Pembesaran prostate

Pada laki-laki, kerusakan ginjal berupa pembengkakan ginjal dapat terjadi karena adanya pembengkakan pada prostat (prostatitis) sehingga menghambat aliran urin dari kandung kemih. Hal itu dapat menyebabkan urine tertahan dan menumpuk di dalam ginjal. Lambat laun ginjal akan mengalami pembengkakan dan akan semakin parah apabila masalah pada prostat tidak ditangani secepatnya.

Sponsors Link

3. Kehamilan

Pada wanita, salah satu penyebab kerusakan ginjal berupa ginjal bengkak adalah karena mengalami kehamilan. Hal itu terjadi karena pada saat masa kehamilan, para wanita akan cenderung lebih mengalami kesulitan di saat buang air, karena saluran kandung kemih akan terhambat. Hal tersebut akan membuat banyak urin yang dapat kembali ke dalam saluran kandung kemih. Akibatnya bakteri jahat dapat tumbuh dan sewaktu-waktu bisa menyerang ginjal anda.

4. Batu ginjal

Adanya batu ginjal juga dapat membuat ginjal anda mengalami kerusakan ginjal. Hal itu terjadi lantaran batu ginjal mengakibatkan penutupan saluran ureter. Akibatnya urin yang sudah diproduksi oleh ginjal dapat tertahan dan kembali kepada ginjal itu sendiri. Akibatnya hal itu dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal. Untuk mengatasi hal ini maka batu ginjal harus dihilangkan.

5. Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter

Keadaan lain yang dapat menyebabkan pembengkakan ginjal adalah adanya penyumbatan atau penyempitan pada saluran ureter yang bisa terjadi karena berbagai macam hal. Salah satunya adalah batu ginjal. Penyumbatan saluran ureter ini dapat mengakibatkan urin tertahan dan kembali ke ginjal sehingga lambat laun ginjal akan mengalami pembengkakan.

6. Peradangan ginjal

Radang ginjal adalah salah satu penyebab umum dari masalah kebocoran ginjal. Peradangan ini mengakibatkan kerusakan pada filter ginjal atau bagian ginjal yang lain sehingga ginjal dapat kehilangan kemampuannya untuk menyaring limbang dan atau kelebihan air dari dalam darah, sehingga dapat terjadi kebocoran ginjal.

Itulah beberapa cara mengobati ginjal secara tradisional. Selamat merawat kesehatan ginjal anda!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan