Sponsors Link

Cara Mengobati Ginjal Pada Anak yang Benar dan Terampuh

Sponsors Link

Masalah kesehatan dapat ditemukan dari usia bayi , anak-anak , remaja , dewasa hingga pada lansia atau lanjut usia. alah satunya yaitu pada masalah ginjal , masalah ginjal biasnya cenderung menyerang orang dewasa atau lanjut usia. Namun ternya tidak hanya itu , anak-anakun juga dapat terkena masalah ginjal walaupun jarang ditemukan.

ads

Beberapa masalah ginjal pada anak diantaranya yaitu infeksi ginjal pada anak balita , radang ginjal pada anak dan lain sebagainya. Tentunya masalah masalah tersebut harus segera diatai dan diobati , agar konndis tidak semakin memburuk. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut tentunya perlu pengobatan lebih  lanjut secara medis. Berikut cara mengobati ginjal pada anak.

Cara Mengobati Ginjal Pada Anak

Sebelum menggetahu bagaimana cara mengobati ginjal pada anak kita perlu tahu apa pengertian dari masalah ginjal pada anak.

Ginjal merupakan saah satu organ terpenting pada manusia yang memiliki beberapa fungsi diantaranya yaitu menyaring darah , emnjaga tekanan darah , mempertahankan cairan tubuh , mengatur metabolisme , mempertahnkan ph tubuh serta mempertahankan elektrolit yang ada didalam tubuh . Selain itu gijal merupakan salah satu penunjang organ alam lainnya dalam melakukan fungsinya. Apabila ginjal mengalami masalah maka akan menghambat kinerja ginjal , masalah ginjal pun dapat menyerang anak aanak , diantara masalah ginjal yang dapat menyerang anak antara lain :

  • infeksi ginjal pada anak balita , yang disebabkan karena adanya perpindahan bakteri dan kandung kemih ke ginjal , biasanya menimbulkan rasa sakit ,  serta nyeri.
  • radang ginjal pada anak , yang disebabkan karena adana autoimun serta infeksi yang menyebabkan ginjal mengalami radang.
  • tumor ginjal pada anak , merupakan tumor yang terjadi pada area ginjal , biaanya akan berdampak pada menurunnya kemamuan tubuh secara komplek , sehingga menurunkan imunitas
  • batu ginjal pada anak , merupakan kondisi ketika suatu material yang keras menerupai dan berbentuk batu ditemukan di dalam ginjal.
  • ginjal bocor pada anak , disebabkan karena adanya kerusakan pada pembuluh darah kecil yng berada didalam ginjal yang mempunyai tugas untuk menyaring za yang tidak diperlukan , kerusakan tersebut menyebabkan ginjal tidak dapat melakukan tugasnya dan mengalami kebocoran.

Kasus-kasus diatas , perlu ditangani lebih lanjut. Berikut mengenai beberapa cara mengobati ginjal pada anak :

1.Mengendalikan Protein

Protein merupakan salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak . Namun saat anak terkena masalah ginjal maka kita perlu memperhatikan protein yang masuk kedalam tubuh anak. Karena protein merupakan salah satu komponen yang susah disaring didalam ginjal , yang menyebabkan ginjal bekerja keras sehingga menyebabkan kelelahan. Diet rendah protein untuk penderita gagal ginjal  perlu kita ketahui, pada usia 0-6 bulan anak membutuhkan 2,3-3 gram / kg berat badan perharinyya , 6-12 bulan membutuhkan 1,2-2,1 gram/ kg berat badan per hari , 1-2 tahun membutuhkan  1-1,8 gram/kg berat badan per hari , > 2 tahun membutuhkan 1-1,5 gram/ kg berat badan per harinya.

Sponsors Link

2.Mengendalikan Karbohidrat

Obat herbal ginjal bocor untuk anak merupakan salah satu cara alami , namun tentunya diiringi dengan melakukan pengendalian karbohidrat yang masuk kedalam tubuh anaak. Karena pada masalah ginjal di anak kita harus memastikan bahwa ginjal  tidak bekerja secara belebihan dengan cara mengendalikan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Berikan anak karbohidrat sekitar 50-65 persen  dai kebutuhan anak perharinya. Selain itu hindari memberikan anak asupan karbohidrat yang berupa olahan seperti roti , biskuit dan berbagai produk kue lainnya. Olahan-olahan tersebut memiliki kandungan natrium yang tinggi yang tidaak baik bagi kesehatan ginjal.

ads

3.Mengendalikan Lemak

Pada masalah ginjal anak , berikan asupan lemak sebanyak 30persen kalori kebutuhannya. Selain itu jenis lemak yang diutamakan yaitu lemak tidak jenuh. Apabila memberikan lemak jenuh maka berikan 10 persen dari kebutuhan lemak total. manfaat buah manggis untuk ginjal juga perlu kita ketahui , karena dapat membantu dalam proses penyembuhan masalah ginjal.

4. Hindari Mengkonsumsi Natrium Tinggi

Kadar natrium didalam tubuh sangat mempengaruhi kerja ginjal , biasanya ginjal akan bekerja sangat keras sehingga terjadi kelelahan . Apabila ginjal sedang mengalami  maasalah maka hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ginjal. Beberapa makanan yang tinggi natrium (garam) antara lain yaitu telur asin , ikan asin serta makanan dan minuman yang mengandung tinggi natrium.

5. Menjaga Cairan Tubuh

Tanda masalah ginjal yaitu ginjal tidak mamu menyaring cairan secara maksimal. Saat anak mengalami  masalah ginjal tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi air yang diminum, karena dapat mempengaruhi proses kinerja ginjal. Bukan berarti anak tidak boleh  minum , melainkan air yang diminum secukupnya sesuai kebutuhan anak. Karena apabila kekurangan cairan juga tidak baik. Maka sangat diharapkan kebutuhan cairan cukup , tidak kurang dang tidak lebih.

6. Melakukan Pengobatan Medis

Selnajutnya hal ang dapat kita lakukan yaitu dengan melakukan pengobatan medis, biasanya tahapan awal sebelum melakukan pengobatan medis ini yaitu melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu . Berikut beberapa pengobatan medis masalah ginjal pada anak yang ddapat dilakuka n :

  • Mengkonsumsi obat-obatan , beberapa jenis obat ang diberikan yaitu oat-obatan yang mengatur tekanan darah , mengurangi kadar protein , serta pemberian antibiotik.  Obat yang diberikan harus dari resep dokter.
  • Prosedur Terapi Batu Ginjal , beberapa teragpi yang dapat dilakukan yaitu terapi batu ginjal diantaranya yaitu ESWL , URS , PCNL. Prosedureterapi tersebut biasanya dilakukan pada anak yang mengalami kondisi batu ginjal.
  • Terapi Pengganti Ginjal , Terapi ini dilakukan apabila ginjal sudah tidak mampu lagi  menjalankan fungsinya. Beberapa terapi ginjal ini diantaranya adalah cuci darah atau hemodialisis , CAPD , Cagkok Ginjal atau transplatasi ginjal.

Pastikan pengobatan medis diatas dilakukan atas dasar saran dokter , karena jika tidak saran dari dokter akan mengakibatkan kerusakan pada ginnjal lebih lanjut.

7. Tidur Yang Cukup

Cara mengatasi penyakit ginjal yang sederhana yaitu dengan melakukan kebiasan baik yang meningkatakan sistem metabolisme serta meningkatkan sistem imun. Salah satu kebiasaan baik yang dapat meningkatkan proses penyembuhan penyakit ginjal yaitu dengan istirahat yang cukup , tidur cuku (kurang lebih 8 jam). Karena saat tidur membuat jaringan-jaringan  organ didalam gijal yang telah mati melakukan regenerasi ulang , sehngga akan memperceat proses penyembuhan.

Penjelasan diatas merupakan beberapa cara mengobati ginjal pada anak , tentunya sebelum melakukan tindakan kita jugaperlu mengetahui penyebab dari anak mengelami masalah ginjal , agar kita dapat menentukan cara pengobatan yang tepat.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan