Sponsors Link

10 Cara Mengobati Ginjal yang Mengecil Super Ampuh

Sponsors Link

Ginjal yang mengecil adalah salah satu keadaan berbahaya yang dapat membuat anda mengalami gagal ginjal. Banyak kejadian di mana pasien yang menderita pengecilan ginjal, atau shrinking kidney pada akhirnya menderita gagal ginjal sehingga harus melakukan cuci darah atau pencangkokan ginjal. Dengan demikian, sangat penting bagi anda untuk melakukan pengobatan sedari awal ada gejala pengecilan pada ginjal anda. Dengan kata lain, anda perlu mengetahui cara mengobati ginjal yang mengecil.

ads

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara mengobati ginjal yang mengecil baik secara alami ataupun secara medis. Dengan membaca artikel ini anda akan dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengobati ginjal yang mengecil dengan tepat dan sesuai dengan keadaan anda. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda untuk selalu mengawasi keadaan ginjal.

Baca juga:

Cara Mengobati Ginjal yang Mengecil

1. Minum air rebusan daun sirsak

Anda dapat mengobati pengecilan ginjal dengan meminum air rebusan daun sirsak. Cara sederhananya adalah mengambil beberapa lembar daun sirsak, mencucinya hingga bersih, kemudian merebusnya dengan air bersih. Setelah anda rebus dengan sempurna, diamkan hingga dingin kemudian lakukanlah penyaringan terhadap air rebusan tersebut. Setelah itu, anda dapat meminumnya secara wajar yaitu sekitar satu kali setiap hari. Baca juga: Sayuran untuk Ginjal Bocor

2. Minum rebusan daun sukun

Anda dapat mengobati pengecilan ginjal dengan meminum air rebusan daun sukun. Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun sukun, mencucinya hingga bersih, kemudian merebusnya dengan air bersih. Setelah anda rebus dengan sempurna, diamkan hingga dingin kemudian lakukanlah penyaringan terhadap air rebusan daun sukun tersebut. Setelah itu, anda dapat meminumnya secara wajar yaitu sekitar tiga kali setiap hari. Baca juga: Khasiat Buah Sukun untuk Ginjal

3. Meminum suplemen/vitamin ginjal

Di pasar, atau di toko obat pada umumnya terdapat sebuah vitamin atau suplemen yang dibuat khusus untuk membantu penyembuhan penyakit atau gejala ginjal mengecil. Namun demikian, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang anda percayai apakah memang perlu membeli vitamin seperti itu serta apa alasannya, dan tentunya berapa kali anda dapat meminumnya. Keuntungan dari meminum vitamin ini adalah kemudahannya untuk diminum sehingga anda tidak perlu membuat ramuan dan segala macam yang lain. Hanya saja, faktor resiko mungkin lebih besar apabila anda mengambil dosis atau jenis obat yang keliru.

Baca juga :

Sponsors Link

4. Meminum susu khusus ginjal

Di pasar, atau di toko obat pada umumnya terdapat sebuah susu bubuk yang dibuat khusus untuk membantu penyembuhan penyakit atau gejala ginjal mengecil. Namun demikian, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang anda percayai apakah memang perlu membeli susu seperti itu serta apa alasannya, dan tentunya berapa kali anda dapat meminumnya. Keuntungan dari meminum susu bubuk ini adalah kemudahannya untuk diminum sehingga anda tidak perlu membuat ramuan dan segala macam yang lain. Hanya saja, faktor resiko mungkin lebih besar apabila anda mengambil dosis atau jenis obat yang keliru.

Baca juga :

ads

5. Meminum teh kesehatan ginjal

Cara Mengobati Ginjal yang Mengecil Selain susu bubuk dan juga vitamin khusus untuk ginjal mengecil, juga terdapat teh khusus untuk membantu pemulihan ginjal yang mengalami pengecilan di pasar atau toko-toko obat. Teh ini membantu mencegah bocornya protein dari jaringan ginjal ke saluran urin, sehingga membantu mengatasi pengecilan ginjal.

Baca juga :

6. Mengonsumsi buah mahkota dewa

Cara Mengobati Ginjal yang Mengecil, anda juga dapat mengonsumsi buah mahkota dewa dengan cara merebusnya dengan air bersih lalu tunggu sampai airnya mendidih. Setelah itu dinginkan kurang lebih sampai sudah tidak terasa panasnya lalu diminum. Anda dapat menambahkan madu untuk menetralisir aroma atau rasa getirnya. Selain sebagai obat, buah mahkota dewa secara umum juga dapat membantu anda meningkatkan kesehatan anda serta membantu menjaga fungsi ginjal agar tidak rusak dan memperbaiki peradangan ginjal.

Baca juga :

7. Mengonsumsi daun penahong plus bunga kaktus ekor tikus

Anda dapat mengonsumsi daun penahong bersama dengan bunga kaktus ekor tikus untuk membantu penyakit pengecilan ginjal. Caranya sederhana, cukup ambil beberapa daun penahong dan bunga kaktus ekor tikus lalu diresbus dengan air bersih. Setelah dingin, anda dapat menyaring air tersebut sampai jernih lalu meminumnya sebanyak satu kali sehari. Dengan ramuan ini, ginjal anda yang mengecil akan terbantu untuk disembuhkan.

8. Mengonsumsi uva ursi

Uva ursi adalah salah satu jenis makanan yang telah lama dikenal sangat baik untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih. Di dalam uva ursi terkandung banyak senyawa penting seperti tanin, flavonoid, piceosides, triterpen, dan lain sebagainya. Dengan kandungan tersebut uva ursi dapat menjadi anti bakteri yang efektif untuk sistem kemih kita. Selain itu, uva ursi juga memiliki sifat diuretik untuk melawan batu ginjal. Dan manfaat terakhir, uva ursi juga dapat mengatasi peradangan kronis dari kandung kemih atau ginjal sehingga kesehatan saluran kemih serta ginjal anda akan terjaga dengan baik.

9. Mengonsumsi basil

Basil memiliki banyak kasiat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah mengurangi kadar asam urat dalam darah sehingga dapat membersihkan ginjal. Selain itu, di dalam basil juga terkandung asam asetat, minyak esensial, dan beberapa kandungan lain yang dapat memecah batu ginjal dan mengurangi rasa nyari saat ginjal sakit. Sifat diuretik yang dimiliki oleh basil juga membuatnya menjadi salah satu amunisi ampuh untuk mengatasi batu ginjal.

10. Mengonsumsi rumput gandum

Rumput gandum merupakan salah satu tanaman yang memiliki khasiat bagus untuk tubuh kita. Rumput gandum terutama sangat baik untuk mencegah dan melindungi ginjal pasien dari kegagalan ginjal. Di dalam rumput gandum terdapat asam lemak, 13 vitamin, lebih dari 100 macam enzim serta potein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Rumput gandum terutama membantu penyembuhan kista ginjal, serta mengurangi rasa sakit punggung/nyeri saat ginjal bermasalah serta menghambat laju pertumbuhan penyakit ginjal.

Baca juga:

Sponsors Link

Penyebab ginjal mengecil

Sementara itu, beberapa hal yang dapat membuat ginjal anda dapat mengalami pengecilan adalah sebagai berikut:

  • Penyakit pielonefritis atau infeksi ginjal
  • Penyakit displasia ginjal atau kelainan dalam perkembangan organ ginjal
  • Pola makan dan minum yang tidak ramah ginjal
  • Terkena penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Kecanduan rokok atau merokok terlalu banyak
  • Memiliki penyakit ginjal stadium lanjut seperti gagal ginjal, radang ginjal, kanker ginjal, dan lain sebagainya

Apa yang perlu dihindari saat ginjal mengecil ? 

Untuk menjaga kesehatan ginjal anda, dan membantu pemulihannya saat sedang mengalami penyusutan, maka anda harus menghindari beberapa hal tertentu. Hal-hal yang harus anda hindari saat ginjal anda mengalami pengecilan adalah sebagai berikut:

  • Makanan dengan kandungan garam yang tinggi
  • Makanan dengan kandungan protein terlalu tinggi
  • Makanan dengan kadar cokelat dan lemak yang tinggi
  • Makanan dengan kadar potassium yang tinggi
  • Makanan dengan kadar sodium yang tinggi
  • Tidak minum air atau sangat sedikit meminum air dalam satu hari
  • Makanan dengan kadar lemak hewani yang tinggi

Itulah beberapa cara mengobati ginjal yang mengecil yang dapat anda lakukan secara mandiri di rumah ataupun dengan bantuan dari tenaga profesional seperti dokter kepercayaan anda. Perhatikan baik-baik penyebab ginjal mengecil dan sebisa mungkin hindarilah melakukan atau mengonsumsi hal-hal yang dapat membuat ginjal anda mengecil. Hiduplah dengan sehat dan ginjal anda pun akan sehat. Selamat menjaga kesehatan ginjal anda!

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan