Sponsors Link

15 Cara Mengobati Ginjal Kotor Secara Alami

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh kita. Apabila ginjal mengalami kerusakan, banyak dampak lain yang dapat kita rasakan seperti munculnya penyakit jantung, komplikasi, dan lain sebagainya. Ginjal yang kotor adalah salah satu penyebab mengapa ginjal dapat mengalami kerusakan. Oleh karena itu, mengetahui cara mengobati ginjal kotor adalah salah satu hal yang anda perlukan agar anda dapat merawat ginjal anda dengan baik.

ads

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara mengobati ginjal kotor yang dapat anda lakukan secara mandiri, baik di rumah atuapun di tempat yang lain. Jangan khawatir, walaupun terkesan anda perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengobati penyakit ginjal, namun cara untuk mengobati ginjal kotor yang satu ini bisa anda lakukan tanpa perlu membeli obat-obatan kimiawi lainnya. Anda hanya perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan atau minuman di bawah ini untuk membantu ginjal kotor anda. Namun perlu diketahui bahwa kondisi ginjal kotor yang sudah parah mungkin memerlukan penanganan lanjutan yang harus dilakukan oleh dokter yang profesional.

Berikut ini beberapa cara mengobati ginjal kotor yang dapat anda lakukan.

Baca juga:

1. Meminum jus lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C. Selain itu, kadar antioksidannya juga cukup tinggi sehingga dapat mengurangi penumpukan batu ginjal. Oleh karena itu, apabila anda mengonsumsi jus lemon, ginjal anda akan terbantu dalam membersihkan zat-zat yang berpotensi untuk menumpuk dan menjadi batu ginjal seperti oksalat. Anda dapat meminum jus lemon ini secara teratur setiap hari agar khasiatnya dapat dirasakan dengan lebih cepat. Baca juga: Cara Mengobati Batu Ginjal

2. Meminum jus lemon dan cuka sari apel

Untuk anda yang bosan dengan rasa jus lemon yang itu-itu saja, anda dapat mengonsumsi jus lemon bersama dengan beberapa tetes cuka sari apel untuk membantu ginjal anda membersihkan racun-racun yang ada di dalamnya. Cara membuatnya juga cukup mudah, yaitu tinggal membuat jus lemon, kemudian menambahkan beberapa tetes cuka sari apel dengan sedikit tambahan air untuk kemudian diminum. Anda dapat mencobanya dalam jangka waktu sekali dalam satu minggu atau lebih. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

3. Meminum jus cranberi

Cranberi adalah buah yang satu golongan dengan jenis buah beri-berian lain seperti blueberi atau strawberi. Buah ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita, termasuk dapat mengobati ginjal kotor. Cara mengonsumsinya pun bisa langsung dimakan mentah atau membuat just darinya. Pilihlah buah yang masih segar agar kandungan mineral yang ada masih melimpah sehingga dapat berkhasiat dengan sempurna untuk membantu membersihkan ginjal anda yang kotor. Baca juga: Makanan Perusak Ginjal

4. Minum air putih

Berbicara ginjal, berarti tidak boleh melupakan pentingnya air. Air adalah zat sangat penting bagi tubuh kita, termasuk ginjal. Kekurangan air membuat kinerja ginjal tidak maksimal dan dapat membuat racun masih tersisa di sekitar ginjal. Oleh karena itu, anda harus meminum air putih dengan cukup agar selalu terjadi sirkulasi cairan di dalam tubuh anda sehingga racun dapat dikeluarkan dengan teratur.

Sponsors Link

Dengan meminum air secukupnya, anda akan mendapati kinerja ginjal anda semakin baik dan kebersihannya juga semakin meningkat. Ingatlah arti penting air untuk ginjal anda karena tanpa air, ginjal anda sudah pasti akan kotor dan mengalami kerusakan-kerusakan lainnya. Baca juga: Efek Samping Cuci Darah

5. Meminum jus bit

Berbagai kandungan yang ada pada buah Bit dipercaya ampuh untuk mengurangi kadar asam di dalam urine. Oleh karena itu, meminum jus bit secara rutin bisa membantu meningkatkan fungsi ginjal.

Buah bit adalah salah satu buah yang mungkin jarang terdengar namanya. Namun demikian, buah ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kita, termasuk memelihara kesehatan ginjal. Salah satu kandungan fitokimia yang ada di dalamnyalah yang berperan besar dalam menjaga kesehatan ginjal, termasuk membersihkan dan membantu mengobati ginjal yang kotor.

Selain kandungan fitokimianya, buah bit juga dipercaya apat mengurangi kadar asam di dalam urin sehingga menjaga kondisi ginjal dan saluran kandung kemih pada umumnya. Dengan kata lain, meminum buah bit sangat baik untuk ginjal anda. Baca juga: Makanan Pembersih Ginjal

ads

6. Memakan apel

Apel adalah salah satu buah yang mengandung banyak zat bermanfaat. Salah satunya misalnya flavonoiod, antioksidan, vitamin, dan lain-lain. Semua senyawa yang dikandung dalam apel sangat baik untuk tubuh kita.

Pada ginjal yang kotor, kandungan antioksidan apel dapat membantu mengurangi tingkat racun agar tidak semakin berkembang karena oksidasi sehingga dapat dibersihkan oleh ginjal, dengan cara dibarengi dengan konumsi air yang cukup. Dengan demikian, lambat laun tingkat racun yang ada di dalam ginjal anda juga akan semakin berkurang. Baca juga: Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

7. Memakan semangka

Semangka adalah buah yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Semangka juga sangat efektif dalam membantu menghancurkan batu ginjal yang ada di dalam ginjal dan mengotori ginjal anda. Apabila ginjal anda kotor karena terdapat serpihan-serpihan bati ginjal, ada baiknya anda mengonsumsi semangka untuk membantu menghancurkan batu ginjal yang ada di dalam ginjal anda. Lambat laun, batu ginjal yang hancur tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh anda lewat saluran kemih.

Namun demikian, bagi anda yang sudah memiliki diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi semangka karena kandungan gula didalamnya juga cukup tinggi. Bagi anda yang tidak menderita diabetes juga sebaiknya mengimbangi konsumsi semangka dengan olahraga yang rutin agar kadar gula darah tetap dapat seimbang. Baca juga: Cara Mengobati Batu Ginjal

8. Mengonsumsi kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman yang sudah umum kita kenal dalam pengobatan tradisional. Kunyit mengandung sebuah senyawa yang bernama kurkuminoid. Senyawa ini sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit yang berpotensi muncul pada diri kita. Dalam kunyit juga terkandung fosfor, zat besi, kalsium, dan senyawa lain yang dapat membantu pembersihan organ ginjal anda. Baca juga:

Selain itu kunyit juga dapat membantu proses pembersihan hati sebagaimana kunyit dapat membantu detoksifikasi ginjal. Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah kunyit dapat membantu mencegah inflamasi sehingga membantu penyembuhan iritasi dan peradangan pada ginjal.

Pada ginjal yang kotor, kunyit dapat membantu menyempurnakan proses detoksifikasi ginjal sehingga racun-racun yang mengotori ginjal dapat keluar dengan sempurna. Baca juga: Obat Herbal Ginjal Bocor

9. Mengonsumsi seledri

Seledri adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat. Tanaman yang pada umumnya anda temui di soto ini, selain sebagai pelengkap masakan di dapur, seledri juga dapat anda gunakan untuk menjaga ginjal anda. Di dalamnya terkandung banyak manfaat lain seperti mampu membersihkan ginjal dari berbagai kotoran yang mengganggu kinerjanya. Kandungan yang ada didalamnya memang beragam, seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin C dan lain sebagainya. Selain itu seledari juga memiliki sifat diuretik yang dapat mengikat air dan racun sehingga membantu produksi urin lebih banyak.

Pada ginjal yang kotor, seledri akan membantu produksi urin lebih banyak sehingga semakin banyak cairan sebagai tempat pembuangan racun sekaligus melarutkan zat-zat berbahaya yang berpotensi menumpuk di dalam ginjal anda. Baca juga: Sayuran untuk Ginjal Bocor

10. Mengonsumsi parsley

Parsley atau disebut juga dengan nama petroselium merupakan tanaman yang daunnya mengandung banyak zat bermanfaat seperti asam amino, vitamin c, alpha-pinene, bergapten, xanthotoxin, dan lain sebagainya. Selain itu daun parsley juga mengandung zink, fosfor, potasium, kalsium dan lain-lain. Dengan kandungan tersebut daun parsley menjadi sangat bermanfaat untuk tubuh kita, termasuk ginjal.

Daun parsley dapat membantu meningkatkan kinerja ginjal serta mencegah infeksi pada saluran urinaria, dengan syarat anda tidak mengonsumsi daun parsley saat sudah terkena batu ginjal karena hal itu dapat memperparah sakit tersebut.

Sponsors Link

Beberapa cara lain yang dapat anda lakukan selain menempuh cara di atas adalah sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi mentimun
  2. Mengonsumsi melon
  3. Mengonsumsi blueberi
  4. Mengonsumsi buah pir
  5. Mengonsumsi kangkung

Baca juga:

Penyebab ginjal kotor

Sementara itu, dilihat dari segi penyebabnya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ginjal kotor. Dengan mengetahui penyebab ginjal kotor ini anda dapat menghindari melakukan perilaku atau tindakan di bawah ini Beberapa sebab ginjal anda dapat menjadi kotor antara lain adalah karena hal-hal sebagai berikut:

  • Mengonsumsi obat-obatan AINS atau Anti-Inflamasi Non-Steroid secara berlebihan.
  • Mengonsumsi obat-obatan aminoglikosid secara berlebihan.
  • Mengonsumsi obat-obatan analgesik atau pereda nyeri yang tidak ramah ginjal.
  • Mengonsumsi jamu pegal linu berlebihan.
  • Mengonsumsi jamu pelangsing berlebihan.
  • Sering memakan makanan berkadar garam tinggi.
  • Mengonsumsi kafein berlebihan.
  • Makanan dengan pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, siklamat, dan lainnya.

Itulah beberapa cara mengobati ginjal kotor yang dapat anda lakukan secara mandiri. Selamat menjaga kesehatan ginjal anda!

Sponsors Link
>
, , ,