Sponsors Link

Cara Mengobati Ginjal dengan Seledri yang Aman Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Dari semua organ penting yang ada di dalam tubuh, salah satunya adalah ginjal. Organ yang berbentuk mirip kacang merah ini berada di punggung bagian bawah. Ginjal berfungsi untuk menyaring semua kotoran di dalam darah dan membuangnya melalui urine. Namun sayangnya, ginjal juga bisa terserang berbagai penyakit jika Anda tidak tahu cara merawat ginjal agar tetap sehat atau cara merawat ginjal yang lainnya.

ads

Ginjal adalah organ yang sangat penting untuk tubuh kita. Tanpa ginjal, keseimbangan tubuh akan terganggu dan memicu munculnya berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan. Ginjal memiliki fungsi utama untuk membuang semua zat sisa metabolisme dan limbah yang tidak diperlukan oleh tubuh, termasuk racun-racun yang berbahaya bagi kesehatan. Jika kesehatan ginjal terganggu, bukan ginjal saja yang akan terjangkit penyakit, tetapi juga akan memicu munculnya penyakit lain seperti hipertensi dan diabetes.

Salah satu cara agar ginjal tetap sehat tentu saja adalah dengan menjauhi berbagai kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti suka merokok atau minum minuman beralkohol. Di tengah berkembangnya teknologi medis saat ini, metode pengobatan ginjal sudah sangat maju. Untuk metode cuci darah saja misalnya, kini sudah menggunakan mesin hemodialisa yang canggih.

Namun ternyata masih ada sebagian orang yang percaya dengan pengobatan alami. Misalnya saja obat tradisional ginjal rusak yaitu dengan ramuan alami yang mudah ditemukan. Salah satu sayur yang baik untuk ginjal rusak adalah seledri. Seledri bisa diolah menjadi obat ginjal yang ampuh. Berikut cara mengobati ginjal dengan seledri yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Ramuan daun seledri

Cara mengobati ginjal dengan seledri yang pertama adalah dengan membuat ramuan dari daun seledri. Berikut langkah-langkah membuat ramuan seledri yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

  • Siapkan 1 ikat seledri segar, cuci dengan air hingga bersih.
  • Panaskan 300 ml air, masukkan daun seledri ke dalamnya.
  • Biarkan hingga mendidih dan air rebusan hanya tinggal 100 ml saja.
  • Matikan kompor, lalu diamkan hingga dingin.
  • Saring air rebusan seledri lalu minum secara rutin 1 gelas setiap harinya.

2. Jus daun seledri

Cara kedua mengobati ginjal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat jus dari daun seledri. Berikut ini cara mengobati ginjal dengan seledri yang diolah menjadi jus.

  • Siapkan 1 ikat daun seledri lalu cuci dengan air hingga bersih.
  • Masukkan daun seledri ke dalam blender, tambahkan air putih sebanyak 100 ml.
  • Nyalakan blender lalu biarkan seledri hingga hancur dan menjadi jus.
  • Minum jus seledri sebanyak 1 kali sehari untuk mengobati ginjal. Seledri terkenal sangat ampuh untuk mengobati penyakit batu ginjal.
    Sponsors Link

3. Sup seledri

Seledri memiliki rasa dan bau yang cukup kuat dan khas. Anda yang sensitif dengan bau mungkin tidak tahan dan tidak doyan jika harus meminum seledri dalam bentuk ramuan atau jus. Alternatif lain untuk Anda yang ingin mengobati ginjal dengan daun seledri adalah dengan mengolahnya menjadi sup seledri.

Tetapi jangan lupa, perhatikan juga takaran airnya, jangan sampai sup seledri yang Anda buat mengandung terlalu banyak air. Seseorang yang menderita penyakit ginjal tidak boleh mengonsumsi banyak air karena bisa menjadi penyebab ginjal bengkak, baik itu ginjal bengkak sebelah kanan atau ginjal bengkak sebelah kiri.

Anda juga bisa mencampurkan bawang putih ke dalam sup, karena bawang putih adalah salah satu makanan pencuci ginjal yang baik untuk dikonsumsi.

Manfaat Daun Seledri untuk Mengobati Penyakit Ginjal

Mengapa daun seledri sangat baik untuk mengobati ginjal? Daun seledri adalah sayuran yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan ginjal. Berikut kandungan di dalam daun seledri yang baik untuk mengobati ginjal:

  • Potassium, magnesium, kalsium
  • Folat, zat besi, fosfor
  • Natirum, asam amino, nutrisi
  • Vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin C
Sponsors Link

Manfaat daun seledri yang sangat untuk baik untuk kesehatan organ ginjal antara lain adalah:

  • Bahan alami yang mampu membersihkan ginjal dengan maksimal
  • Seledri meringankan kerja ginjal dengan cara melancarkan pembuangan racun di dalam tubuh melalui urine
  • Seledri dapat berfungsi sebagai obat gangguan ginjal yang ampuh, terutama untuk menghancurkan batu ginjal.
  • Karena mampu bekerja mencuci ginjal secara alami, seledri dapat menjadi pengobatan gagal ginjal selain cuci darah secara medis di rumah sakit bagi pasien yang menderita gagal ginjal kronis.

Selain mampu menjadi obat tradisional ginjal kronis yang ampuh, seledri juga bisa menjadi obat untuk berbagai penyakit lain yang bisa menyerang tubuh Anda. Daun seledri jika dikonsumsi secara rutin dapat mencegah tubuh Anda dari penyakit batuk, alergi makanan, reumatik, dan darah tinggi atau hipertensi. Pencegahan penyakit hipertensi sangat baik untuk kesehatan ginjal karena tekanan darah yang tinggi akan memberatkan kerja ginjal, dan lama kelamaan akan menyebabkan ginjal rusak secara permanen. Inilah kenapa hipertensi bisa menyebabkan gagal ginjal pada seseorang.

Karena ginjal tidak akan bisa digantikan fungsinya oleh organ apapun, maka jaga kesehatan ginjal Anda dengan baik ya. Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena sekali saja ginjal terkena penyakit kondisinya tidak akan bisa kembali seperti semula.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal