Sponsors Link

5 Cara Mengobati Ginjal dengan Kulit Manggis Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting. Fungsinya adalah untuk menyaring semua racun yang ada di dalam tubuh kita. Untuk itu kesehatan organ ginjal harus selalu dijaga dengan cara merawat ginjal agar tetap sehat dan cara merawat ginjal lain yang bisa dilakukan. Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal tentu saja adalah dengan menjauhi kebiasaan yang bisa merusak ginjal, terutama kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti merokok dan suka makan sembarangan.

ads

Ada banyak cara mengobati ginjal bermasalah, termasuk cara medis atau cara mengobati ginjal rusak secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk penderita ginjal bengkak, ada banyak macam ramuan tradisional untuk ginjal bengkak yang alami dan aman. Mengobati ginjal secara alami juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan khasiat daun sukun untuk gagal ginjal sebagai cara memulihkan fungsi ginjal secara perlahan.

Ada satu lagi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati ginjal, yaitu kulit manggis. Kulit manggis mengandung senyawa alami yang baik untuk merawat kesehatan ginjal dan kesehatan tubuh secara umum.

Kandungan di Dalam Kulit Manggis

Di dalam kulit buah manggis terdapat kandungan xanthone, tanin, asam fenolat, dan antosianin. Kandungan yang lain termasuk air, lemak, protein, dan karbohidrat.

  • Xanthone adalah anti oksidan alami yang mampu mengurangi resiko anti peradangan, anti inflamasi, anti kanker, anti bakteri, dan anti jamue di dalam tubuh.
  • Tanin berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan menghambat penyerapan protein di dalam organ pencernaan secara berlebihan.
  • Antosianin juga anti oksidan alami yang bisa melawan penyakit kanker, diabetes, jantung, dan penyakit otak.
  • Ethanol di dalam kulit manggis bekerja sebagai zat anti inflamasi yang bisa mencegah efek radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  • Anti mikroba di dalam kulit manggis bekerja membunuh bakteri di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit TBC, jantung koroner, asma, dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang virus dan penyakit.

Berikut cara mengobati ginjal dengan kulit manggis yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Ramuan Kulit Manggis

Cara mengobati ginjal dengan kulit manggis yang pertama adalah dengan membuat ramuan kulit manggis. Ramuan kulit manggis adalah obat alami yang baik untuk mengobati ginjal rusak. Berikut cara membuatnya:

  • Siapkan 100 gram kulit manggis, cuci hingga bersih.
  • Rebus bersama dengan 500 ml air.
  • Biarkan hingga mendidih dan air hanya tersisa setengahnya saja.
  • Saring air rebusan ramuan kulit manggis, lalu minum secara teratur setiap harinya.

2. Teh Kulit Manggis

Anda bisa membuat teh kulit manggis sendiri untuk menghindari penyakit infeksi ginjal dan saluran kemih. Cara membuatnya pun tidak ribet dan bahannya juga mudah. Begini cara membuat teh kulit manggis sendiri:

Sponsors Link

  • Cuci bersih kulit manggis secukupnya.
  • Potong kulit manggis menjadi bagian kecil-kecil, lalu jemur hingga kering.
  • Seduh teh kulit manggis setiap harinya sebanyak 1 cangkir dengan air hangat.
  • Untuk menetralkan rasa pahit, tambahkan gula atau madu sesuai selera Anda.

Jika Anda ingin yang praktis, beli saja teh kulit manggis yang dijual di toko obat tradisional terdekat.

3. Jus Kulit Manggis

Membuat ramuan kulit manggis atau teh kulit manggis memang membutuhkan proses yang tidak sebentar. Nah, jika Anda sudah tidak sabar ingin menerapkan cara mengobati ginjal dengan kulit manggis untuk penyakit ginjal bengkak, maka buat saja jus kulit manggis. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Ambil kulit manggis secukupnya, lalu cuci hingga bersih.
  • Masukkan kulit manggis yang bersih ke dalam blender, kemudian tambahkan air secukupnya.
  • Haluskan hingga menjadi jus, tambahkan madu atau gula untuk mengurangi rasa pahitnya.
  • Minum jus ini secara rutin sekali dalam sehari.
    Sponsors Link

4. Serbuk Kulit Manggis

Serbuk kulit manggis juga sudah banyak dijual di toko obat tradisional. Anda tinggal membeli dan menyeduhnya saja. Tetapi jika Anda ingin membuat serbuk kulit manggis sendiri, caranya sangat sederhana. Berikut langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Siapkan kulit manggis secukupnya, lalu cuci hingga bersih.
  • Potong kulit manggis tipis-tipis, kemudian jemur di bawah sinar matahari.
  • Biarkan kulit manggis mengering dengan sempurna.
  • Haluskan kulit manggis dengan cara ditumbuk atau diblender hingga menjadi serbuk.
  • Seduh serbuk kulit manggis dengan air hangat, baik dikonsumsi setiap sore hari untuk mengurangi resiko radang ginjal.

5. Ekstrak Kulit Manggis

Cara mengobati ginjal dengan kulit manggis yang berikutnya adalah dengan ekstrak kulit manggis. Ekstrak kulit manggis banyak dijual di apotek dalam bentuk kapsul siap minum. Ekstrak kulit manggis mengandung banyak vitamin tambahan karena komposisinya tidak hanya kulit manggis saja. Minum vitamin ini secara teratur, namun jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah cara mengobati ginjal dengan kulit manggis yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara menjaga ginjal agar tetap sehat juga bisa dilakukan dengan menjauhi pantangan penyakit ginjal yang wajib untuk dihindari. Konsumsi makanan juga harus diperhatikan. Untuk penderita gagal ginjal, ada diet gagal ginjal yang dianjurkan oleh dokter. Anda juga harus menjauhi konsumsi pantangan makanan penderita ginjal yang tidak sehat. Untuk membantu meringankan kerja ginjal, sebaiknya makan makanan pencuci ginjal yang bisa membersihkan ginjal secara alami.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :