Sponsors Link

Cara Mengobati Ginjal dengan Daun Sukun yang Benar

Sponsors Link

Salah satu organ yang sangat berharga untuk tubuh adalah organ ginjal. Fungsi organ ini sangat vital dan tidak bisa digantikan oleh apapun. Tugas utama ginjal adalah menyaring semua kotoran dan zat sisa metabolisme agar tidak mencemari darah yang bersih. Namun sayangnya, ginjal juga sangat mudah terkena penyakit. Agar ginjal tetap sehat, Anda tentu harus melakukan segala cara merawat ginjal agar tetap sehat dan cara merawat ginjal lainnya yang bisa Anda lakukan.

ads

Terkadang meski kita sudah melakukan yang terbaik, ginjal tetap saja terserang berbagai macam jenis penyakit yang meresahkan. Jika ini sudah terjadi, tidak ada pilihan lain selain mengobatinya. Untuk Anda yang ingin mengobati ginjal dengan cara yang alami, berikut ini cara mengobati ginjal dengan daun sukun yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Ramuan daun sukun

Cara mengobati ginjal rusak secara alami dengan daun sukun yang pertama adalah dengan merebus daun sukun menjadi ramuan yang langsung diminum. Daun sukun ini bisa digunakan untuk mengobati segala penyakit ginjal asalkan Anda tahu bagaimana cara merebus daun sukun untuk gagal ginjal yang benar. Satu kali air rebusan harus habis dalam satu kali minum agar Anda mendapatkan kesegaran manfaatnya. Rebus daun sukun yang bersih dengan 300 ml air, biarkan mendidih hingga tersisa 1/3 nya saja.

2. Mencampur dengan alang-alang dan rambut jagung

Daun sukun jika dicampur dengan dua bahan alami lainnya yaitu alang alang dan rambut jagung akan menjadi obat ginjal rusak yang sangat berkhasiat. Manfaat alang alang untuk ginjal antara lain adalah membantu membersihkan ginjal dan mencegah terjadinya infeksi. Demikian pula dengan rambut jagung yang bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan organ ginjal.

Alang alang juga bermanfaat untuk menjaga tekanan agar tetap stabil sekaligus mencegah hipertensi, karena hubungan gagal ginjal dan hipertensi sangat erat. Alang alang juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah, yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes. Banyak orang memang belum mengetahui kenapa diabetes menyebabkan gagal ginjal, padahal diabetes sangat berbahaya bagi organ ginjal.

Cara mengobati ginjal rusak dengan daun sukun adalah merebus ketiga bahan secara bersamaan dengan cara yang sama seperti di atas, minum secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

3. Mencampur daun sukun dengan mahkota dewa

Salah satu tanaman obat yang khasiatnya sudah terkenal untuk mengobati segala macam penyakit adalah mahkota dewa. Bahkan beberapa orang mengonsumsi teh mahkota dewa dengan alasan untuk menjaga kesehatan tubuh. Khasiat di dalam mahkota dewa yang baik untuk ginjal antara lain adalah flavonoid, alkaloid, polifenol, dan saponin. Kandungan di dalam mahkota dewa ini mampu membantu proses detoksifikasi di dalam ginjal dan melancarkan pembuangan racun dari dalam tubuh.

Jika Anda ingin praktis, Anda bisa langsung membeli teh mahkota dewa di toko-toko obat tradisional lalu merebusnya bersama dengan daun sukun. Kedua bahan alami ini memang jenis tanaman obat tradisional untuk ginjal yang banyak manfaatnya.

Sponsors Link

4. Mencampur daun sukun dengan kumis kucing

Satu lagi tanaman obat yang bisa dicampur dengan daun sukun untuk menghasilkan ramuan yang bermanfaat bagi organ ginjal. Kumis kucing adalah jenis tanaman yang mudah untuk didapatkan karena bisa tumbuh di mana saja  termasuk di pekarang rumah Anda. Bahkan kumis kucing juga bagus dijadikan sebagai tanaman hias. Kumis kucing mengandung banyak senyawa alami antara lain minyak atsiri, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium. Tanaman ini paling baik jika digunakan untuk mengobati radang ginjal.

Radang ginjal tentu saja harus segera diobati agar tidak menjadi semakin parah sebelum tanda tanda ginjal rusak mulai muncul. Ginjal yang meradang dan rusak bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal kronis.

5. Meminum teh daun sukun

Jika Anda ingin yang mudah, maka mengolah daun sukun menjadi teh bisa menjadi solusinya. Di beberapa toko obat tradisional, daun sukun bahkan sudah dijual dalam bentuk teh siap minum. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri secara alami, ambil daun sukun secukupnya lalu cuci hingga bersih. Kemudian iris daun sukun kecil-kecil lalu jemur selama beberapa jam. Setelah daun sukun setengah kering, angkat lalu seduh dengan air panas.

Sponsors Link

Minum ramuan ini secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah infeksi ginjal dan saluran kemih yang bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak balita.

6. Ekstrak daun sukun

Karena semakin banyak orang yang percaya dengan pengobatan herbal, maka kini banyak ekstrak tumbuhan yang diolah menjadi obat siap minum. Salah satunya adalah daun sukun. Karena manfaat daun sukun untuk ginjal dan penyakit lainnya sudah cukup terkenal, Anda bisa mendapatkan ekstrak daun sukun dengan mudah di toko obat tradisional. Ikuti cara penggunaan yang disarankan, jangan sampai melebihi dosis yang dianjurkan. Anda yang menderita penyakit batu ginjal sangat disarankan untuk meminum jenis obat ini.

Itulah berbagai cara mengobati ginjal rusak dengan daun sukun yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelum ginjal terkena penyakit, jangan lupa selalu menjaga kesehatan ginjal Anda ya!

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal