Sponsors Link

20 Cara Mengobati Ginjal Bocor Secara Alami

Sponsors Link

Ginjal bocor adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang berbagai kalangan. Mengetahui cara mengobati ginjal bocor adalah suatu keharusan agar penyakit yang anda atau orang lain yang anda kenal tidak bertambah parah dan lekas membaik. Beberapa cara mengobati ginjal bocor yang dapat anda lakukan adalah cara tradisional, dan juga secara modern dengan menggunakan obat-obatan dan bantuan dari dokter yang ahli.

ads

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati dan mengatasi ginjal bocor. Beberapa cara mungkin harus melalui pertimbangan dokter, sehingga kami menyarankan anda untuk tetap memeriksakan diri pada dokter kepercayaan anda agar tidak salah dalam penanganan.

Baca Juga :

1. Mengonsumsi kumis kucing

Salah satu cara tradisional yang dapat mengobati ginjal bocor yang anda derita adalah dengan cara memanfaatkan daun kumis kucing. Daun kumis kucing memiliki banyak khasiat dan kandungan yang salah satunya dapat membantu dalam mengatasi berbagai penyakit ginjal. Untuk mengonsumsi daun kumis kucing, anda dapat melakukannya dengan cara merebus daun kumis kucing lalu meminum air rebusan tersebut secukupnya dalam satu hari.

2. Mengonsumsi daun sukun kering

Daun sukun kering adalah salah satu bagian dari tanaman sukun yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Di antaranya untuk menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi, mengurangi potensi terkena penyakit jantung, membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, sampai membantu mengobati ginjal bocor. Anda dapat mendapatkan khasiat dari daun sukun kering dengan cara merebusnya dengan air lalu meminum air rebusan tersebut sebanyak kurang lebih dua kali sehari.

3. Mengonsumsi temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman tradisional yang berkhasiat sebagai tanaman obat-obatan. Selain sebagai obat untuk asam lambung, temulawak juga dapat menjadi tanaman obat untuk membantu mengatasi ginjal bocor. Anda dapat mengonsumsi temulawak dengan cara merebusnya kemudian meminum air rebusan temulawak tadi sebanyak kurang lebih 3 kali sehari setelah anda menyaringnya sehingga murni yang anda minum adalah air rebusannya saja.

4. Mengonsumsi rumput mutiara

Rumput mutiara adalah salah satu tanaman tradisional yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan ginjal, termasuk penyakit ginjal bocor. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus air mutiara degan air kemudian meminum air rebusan yang sudah masak. Kamu juga bisa merebusnya berbarengan dengan merebus kumis kucing serta daun sendok.

Sponsors Link

5. Mengonsumsi kubis

Kubis adalah salah satu bahan masakan yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita. Kandungan phytochemical di dalamnya dapat membantu memecah radikal bebas. Selain itu, kubis juga dapat melawan penyakit kanker dan menjaga kesehatan organ jantung. Kubis merah lebih dianjurkan untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin C dan K yang ada di dalamnya aman untuk organ ginjal yang sedang mengalami masalah, termasuk masalah seperti penyakit ginjal bocor.

6. Mengonsumsi diuretik

Diuretik merupakan sebuah sebutan untuk obat yang dapat mengikat cairan sehingga membantu meningkatkan produksi urin atau produksi cairan di dalam ginjal. Dengan cara ini maka cairan yang ada di seluruh tubuh akan banyak berkurang sehingga tidak memperparah kondisi kebocoran ginjalmu. Beberapa jenis diuretik antara lain furosemide atau spironolactone. Namun demikian, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi diuretik tanpa melalui pertimbangan dan izin dokter yang ahli terlebih dahulu. Sebaiknya anda mengonsumsi diueretik kimiawi bila memang diharuskan atau dibolehkan oleh dokter.

ads

7. Mengonsumsi meniran

Cara mengobati ginjal berikutnya adalah dengan memanfaatkan tanaman meniran. Meniran adalah salah satu tanaman obat-obatan tradisional yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara merebus daun meniran dengan air bersih, lalu meminum air rebusan tersebut. Untuk menambah khasiatya anda dapat merebusnya bersamaan dengan temulawak serta daun kumis kucing. Apabila rasanya terlalu pahit, anda dapat menambahkan gula aren sebagai pemanis, atau lebih baik lagi menambahkan madu sebagai pemanisnya.

8. Mengonsumsi bawang putih

Bawang putih adalah bahan masakan yang memiliki banyak sekali khasiat. Selain sebagai penyedap masakan, serta bumbu masakan, bawang putih juga dapat menjadi obat alami untuk berbagai penyakit yang menyerang kita. Selain sebagai obat alami untuk ginjal bocor, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta mengobati kolesterol. Walaupun anda tidak menderita sakit ginjal, konsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu anda untuk tetap sehat dan terhindar dari berbagai bahaya penyakit ginjal atau penyakit yang lain.

9. Mengonsumsi kembang kol

Kembang kol adalah salah satu tanaman yang dapat membantu mengatasi penyakit ginjal bocor. Kandungan vtamin C pada kembang kol juga sangat melimpah, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Untuk mengonsumsinya anda dapat melakukannya secara mentah-mentah, atau dikukus atau merebusnya terlebih dahulu. Bila perlu anda dapat menjadikannya sebagai lauk makan anda. Namun demikian, lebih baik apabila anda mengonsumsinya secara mentah-mentah.

10. Mengonsumsi paprika merah

Paprika merah adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak kandungan gizi, seperti asam folat, vitamin A, serat, vitamin C, dan berabgai kandungan lain. Terlebih lagi dengan kandungan antioksidan likopennya, paprika merah menjadi konsumsi yang tepat untuk melawan kanker. Manfaat yang lain dari sayuran ini adalah dapat membantu anda dalam menjaga kondisi kesehatan ginjal anda, termasuk membantu mengobati penyakit ginjal bocor.

Selain 10 cara di atas, cara lain mengobati ginjal bocor adalah sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi obat penurun kolesterol
  2. Mengonsumsi obat penekan sistem kekebalan
  3. Mengonsumsi obat penurun tekanan darah
  4. Mengonsumsi obat pengencer darah
  5. Mengonsumsi air rebusan daun sendok
  6. Mengonsumsi makanan rendah lemak
  7. Mengonsumsi makanan rendah garam
  8. Bergerak aktif
  9. Membuang air secara rutin
  10. Tidak menahan buang air

Penyebab Ginjal Bocor

Ginjal bocor adalah penyakit yang tidak terjadi secara tiba-tiba. Beberapa penyebab ginjal dapat mengalami kebocoran dan terkena penyakit ginjal bocor antara lain adalah sebagai berikut.

1. Penyakit malaria

Penyakit malaria adalah salah satu penyebab dari adanya ginjal bocor. Apabila anda menderita penyeakit malaria, sebaiknya anda segera mengatasi penyakit tersebut sebelum bertambah parah dan berakibat pada rusaknya ginjal anda.

2. Konsumsi obat-obatan berlebihan

Konsumsi obat terlalu banyak dapat mengakibatkan banyak hal buruk terjadi pada anda. Salah satunya adalah mengakibatkan kinerja ginjal dan hati anda semakin berat. Lambat laun, apabila ginjal anda tidak kuat lagi menahan beban kerja yang anda berikan padanya karena konsumsi obat yang begitu berlebihan, maka ginjal akan mengalami luka dan mengakibatkan kebocoran ginjal. Konsumsi obat yang bersifat racun terhadap ginjal (nefrotoksik) dapat meningkatkan resiko kebocoran ginjal anda.

3. Diabetes

Penyakit diabates adalah salah satu penyakit yang memiliki banyak implikasi pada kondisi kesehatan ginjal anda. Salah satu yang dapat diakibatkan oleh adanya diabetes adalah berkurangnya fungsi ginjal anda, bahkan pada tahap tertentu dapat mengakibtkan kebocoran ginjal.

Sponsors Link

4. Asupan protein kurang

Kekurangan protein dapat mengakibatkan berbagai kondisi yang tidak diinginkan, seperti sulitnya memperbarui jaringan yang rusak sehingga dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan kinerja. Pada ginjal, kekurangan protein dapat menyebabkan kebocoran ginjal. Sebaiknya anda mengonsumsi protein dalam kadar yang cukup agar tidak mengalami kekurangan protein.

5. Perubahan sistem imun

Perubahan sistem imun adalah salah satu penyebab munculnya ginjal bocor. Sebab yang satu ini sangat umum ditemui pada anak-anak. Sering juga disebut dengan minimal change disease karena filter ginjal tampak normal apabila dilihat dengan menggunakan mikroskop. Apabila ini terjadi, fungsi ginjal masih normal dan dapat membaik dengan relatif cepat.

6. Peradangan ginjal

Radang ginjal adalah salah satu penyebab umum dari kebocoran ginjal. Peradangan ini mengakibatkan kerusakan pada filter ginjal atau bagian ginjal yang lain sehingga ginjal dapat kehilangan kemampuannya untuk menyaring limbang dan atau kelebihan air dari dalam darah, sehingga dapat terjadi kebocoran ginjal

Itulah beberapa cara mengobati ginjal bocor dan penyebabnya. Semoga bermanfaat bagi anda!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan