Sponsors Link

8 Cara Mengobati Ginjal Bermasalah Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Sebagai salah satu organ yang sangat vital dan penting keberadaannya bagi tubuh, berbagai cara merawat ginjal yang tepat akan dilakukan oleh setiap orang. Fungsi ginjal yang sangat penting adalah menyaring darah dalam tubuh dari berbagai zat racun dan kotoran sisa metabolisme. Jika ginjal sudah bermasalah, maka ginjal akan beresiko mengalami kerusakan. Awal dari ginjal bermasalah adalah tanda munculnya gangguan ginjal. Berikut beberapa gejala ginjal bermasalah yang wajib Anda ketahui:

ads
  • Gatal pada tubuh yang berlebihan – Rasa gatal disebabkan oleh penumpukan kotoran di dalam tubuh yang tidak dapat dibuang oleh ginjal.
  • Sesak napas – Pasokan oksigen di dalam tubuh berkurang drastis karena darah tidak bisa disaring dengan sempurna oleh ginjal.
  • Sakit di sekitar pinggang – Sakit yang menyerang pada pinggang tepat pada posisi di mana ginjal seharusnya berada. Rasa sakit awalnya hanya sesekali namun semakin lama menjadi semakin intens.
  • Perubahan pada urine – Salah satu tanda awal ginjal bermasalah yang paling sering ditemui adalah adanya perubahan pada urine. Perubahan yang mungkin terjadi antara lain adalah jumlah urine yang semakin banyak atau semakin sedikit, bisa juga urine yang berbusa dan berdarah.
  • Hormon yang tidak seimbang – Perubahan hormon di dalam tubuh bisa disebabkan oleh minimnya jumlah oksigen yang ada dalam darah.

Cara Mengobati Ginjal Bermasalah

Ginjal yang bermasalah masih disembuhkan karena kondisinya belum rusak parah. Ada banyak cara mengobati ginjal bermasalah, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan menjalani pola hidup yang sehat.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk salah satu makanan pencuci ginjal yang baik untuk dikonsumsi karena bisa membantu meringankan kerja ginjal dan mengobati ginjal bermasalah. Pada beberapa kasus, ikan laut menjadi pantangan makanan penderita ginjal bermasalah yang wajib untuk dihindari. Ikan laut memang mengandung banyak protein yang bisa memberatkan kerja organ ginjal.

Namun ikan salmon menjadi salah satu sumber gizi yang baik sebagai cara mengobati ginjal bermasalah karena kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 juga banyak diolah dan dijual sebagai produk multivitamin dalam bentuk minyak ikan. Asam lemak baik ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Jika penderita ginjal bermasalah takut akan tingginya kandungan protein dalam ikan salmon, mengonsumsi minyak ikan bisa menjadi alternatif yang baik. Asam lemak omega 3 tidak hanya ditemukan di dalam ikan salmon saja, tetapi juga dalam ikan laut yang lain seperti mackerel dan tuna. Kandungan yang sama juga dapat ditemukan dalam kenari, alpukat, dan rami.

2. Kubis

Sayuran yang satu ini banyak diolah menjadi sayur sop. Sayur kubis sangat baik untuk mengobati ginjal bermasalah karena rendah akan kandungan sodium, potassium, dan fosfor yang baik untuk ginjal. Ketiga zat tersebut jika berlebihan memang tidak baik dampaknya untuk kesehatan ginjal. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan terbatas, justru bisa meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah ginjal bermasalah. Sayur ini kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, dan serat, serta vitamin B6 dan asam folat.

Sponsors Link

3. Kembang Kol

Kembang kol memiliki kandungan yang hampir sama dengan sayur kubis. Sayur ini rendah akan sodium, potassium, dan fosfor yang bisa menimbulkan dampak tidak baik untuk ginjal. Di dalam kembang kol terdapat banyak kandungan vitamin C dan sumber folat serta serat yang baik. Kembang kol tidak hanya baik untuk ginjal, tetapi juga baik untuk menetralkan semua racun yang ada di dalam liver yang bisa merusak DNA di dalam tubuh. Kembang kol sangat baik jika disajikan mentah atau hanya dikukus saja. Mengonsumsi kembang kol adalah salah satu cara mengobati ginjal bermasalah.

ads

4. Daun Peterseli

Daun peterseli atau daun parsley banyak ditemukan tumbuh di daerah yang dingin. Manfaat peterseli untuk ginjal sangat banyak, termasuk untuk mengobati ginjal yang bermasalah. Kandungan di dalam daun peterseli antara lain adalah asam folat, lisin, xanthotoxin, apiola, beta phelandre, zat besi, kalsium, fosfor, potassium, vitamin A dan vitamin C.

Daun peterseli memiliki banyak khasiat untuk ginjal antara lain adalah membersihkan ginjal, mencegah kanker ginjal, menetralisir racun-racun yang ada di dalam ginjal, mencegah kanker ginjal, mencegah gagal ginjal termasuk gagal ginjal kronis. Selain itu sayuran ini juga sangat baik untuk membersihkan darah, menurunkan tekanan darah tanpa menyebabkan anemia.

5. Petai

Makanan khas Indonesia yang satu ini menjadi favorit hampir semua orang. Petai ternyata tidak hanya punya rasa yang enak saja, tetapi punya banyak manfaat untuk kesehatan. Terutama, manfaat petai untuk ginjal yang masih jarang diketahui. Ada banyak kandungan vitamin dan mineral di dalam petai antara lain protein, karbohidrat, fosfor, zat besi, anti oksidan, serat, sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Di antara banyak manfaat petai untuk ginjal antara lain adalah meningkatkan kerja ginjal dan mengobati ginjal yang bermasalah. Petai juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Anti oksidan yang tinggi dalam petai juga bisa mencegah berbagai virus masuk ke dalam tubuh.

6. Daun Meniran

Salah satu tanda awal ginjal bermasalah adalah berbagai macam penyakit ginjal yang mulai menyerang seperti gangguan pada saluran kemih, urine berdarah dan bernanah, serta peradangan yang terjadi pada ginjal. Daun meniran berukuran kecil dengan bentuk yang lonjong. Di dalam daun meniran terdapat banyak kandungan yang baik untuk ginjal seperti filantin, kalium, damar, dan flavonoid.

7. Minyak Zaitun

Mengobati ginjal bermasalah dengan minyak zaitun adalah penemuan terbaru dari penelitian di Columbia University. Minyak zaitun adalah bagian dari diet ala Mediteranian yang sudah sejak lama dilakukan. Hasil  penelitian menunjukkan, konsumsi minyak zaitun bisa menurunkan resiko penyakit gagal ginjal kronis. Selain bisa mencegah penurunan fungsi ginjal dan kerusakan ginjal, minyak zaitun mampu mengurangi resiko serangan jantung. Minyak zaitun adalah anti oksidan alami yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Sponsors Link

8. Kulit Manggis

Kulit manggis adalah salah satu jenis obat herbal yang sangat terkenal dan banyak diekstrak menjadi multivitamin yang mudah untuk dikonsumsi. Nutrisi alami yang ada di dalam kulit manggis adalah xanthone, tanin, antosianin, anti inflamasi, anti kanker, dan anti mikroba.

Beberapa manfaat kulit manggis antara lain adalah membantu meringankan kerja ginjal, membantu ginjal menyaring dan membersihkan darah, mencegah penyakit polikistik pada ginjal, mencegah batu ginjal. Tidak hanya itu saja, manfaat kulit manggis lainnya adalah mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, menyehatkan sistem pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah berbagai cara mengobati ginjal bermasalah yang bisa dilakukan dengan mudah. Berbagai makanan yang menyehatkan untuk ginjal bermasalah ini mudah didapatkan dan bisa dibeli dengan harga yang murah. Namun sebelum ginjal bermasalah dan terjangkit penyakit ginjal, sebaiknya jaga kesehatan ginjal dengan baik agar ginjal bisa tetap menjalankan fungsi seperti biasanya.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan