Sponsors Link

20 Cara Mengobati Ginjal Bengkak Secara Alami

Sponsors Link

Kesehatan ginjal adalah sesuatu yang penting. Apabila anda mengalami gangguan ginjal, maka anda harus segera mengobatinya. Salah satu penyakit ginjal adalah ginjal bengkak.

ads

Cara mengobati ginjal bengkak di bawah ini dapat anda terapkan untuk mengatasi penyakit ginjal yang anda derita. Dengan menerapkan cara mengobati ginjal bengkak di bawah ini, semoga anda dapat mengatasi penyakit ginjal bengkak yang anda derita.

Baca juga:

1. Meminum air rebusan daun kumis kucing

Kumis kucing mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk ginjal, seperti kalium, glikosida orthosiphon, saponin, dan lain sebagainya yang dapat melarutkan pembentukan batu ginjal. Dengan demikian batu ginjal yang sudah terbentuk akan terhancurkan dan mengalir melalui saluran ureter. Kumis kucing juga memiliki kemampuan untuk melarutkan oksalat, garam fosfat, dan lain sebagainya, yang menjadi penyebab munculnya batu ginjal. Dengan demikian, akan mencegah batu ginjal terbentuk lagi.

2. Mengonsumsi air rebusan akar alang-alang

Akar alang-alang merupakan salah satu jenis tanaman rumput, yang dapat dijadikan sebagai obat untuk ginjal bengkak. Tanaman yang mudah ditemukan di berbagai tempat seperti halaman rumah ini cukup direbus dengan air, kemudian di minum air rebusannya sebanyak dua sampai tiga kali pada pagi dan sore hari. Oleh karena akar alang-alang mengandung kalium yang sangat tinggi, sehingga dapat menghancurkan kista dan batu ginjal yang menghalangi bergeraknya urin di sepanjang saluran kandung kemih. Dengan demikian, aliran di sekitar ginjal akan kembali normal sehingga ginjal bengkak dapat teratasi dengan baik.

3. Meminum air rebusan daun tempuyung

Daun tempuyung merupakan salah satu obat alami untuk penyakit ginjal bengkak. Daun tempuyung dapat direbus dengan air, kemudian diminum air rebusan tadi sebanyak dua kali sehari secara rutin. Khasiat yang ditimbulkan dari perilaku tersebut adalah larutnya batu ginjal sehingga dapat menyembuhkan pembengkakakan yang telah terjadi pada ginjal. Dengan kata lain, daun tempuyung memiliki kemampuan untuk menghancurkan batu ginjal.

Sponsors Link

4. Meminum air seduhan daun alpukat

Daun alpukat adalah salah satu obat ginjal alami yang ampuh untuk mengatasi ginjal yang sedang bermasalah. Cara memanfaatkan daun alpukat sebagai obat untuk ginjal adalah dengan cara menyeduhnya pada segelas air. Setelah beberapa saat, anda dapat meminum air seduhan daun alpukat tersebut sebanyak dua kali sehari sampai rasa nyeri pada bagian ginjal hilang akibat pembengkakan yang muncul pada ginjal karena serangan virus atau bakteri tertentu.

5. Meminum air rebusan daun sirsak

Cara mengobati ginjal bengkak berikutnya adalah dengan mengonsumsi rebusan daun sirsak. Daun sirsak adalah salah satu daun yang bermanfaat untuk menjaga serta mengobati ginjal secara alami. Salah satu kandungan daun sirsak adalah senyawa acetoneinis yang dapat membantu mempercepat penyembuhan organ ginjal yang mengalami inflamasi karena bakteri atau virus. Dengan demikian anda dapat membantu mempercepat penyembuhan ginjal anda. Anda dapat memanfaatkannya dengan cara merebus daun sirsak kemudian meminumnya dua kali sampai tiga kali sehari.

ads

6. Meminum air rebusan kulit manggis

Meminum air rebusan kulit manggis juga merupakan salah satu cara mengobati ginjal bengkak secara alami. Daun manggis adalah salah satu daun yang bermanfaat untuk menjaga serta mengobati ginjal secara alami. Salah satu kandungan daun manggis adalah senyawa xanthone yang dapat membantu menghadang pergerakan sel kanker pada ginjal dan kandung kemih. Dengan demikian anda dapat membantu mempercepat penyembuhan ginjal anda. Anda dapat memanfaatkannya dengan cara merebus daun sirsak kemudian meminumnya dua kali sampai tiga kali sehari.

7. Operasi

Operasi merupakan cara mengobati ginjal terakhir yang dapat anda tempuh. Cara ini digunakan apabila penyebab pembengkakan ginjal harus dihilangkan langsung secara fisik. Beberapa kondisi yang menuntut operasi antara lain kanker, tumor, kista, dan lain sebagainya.

8. Mengonsumsi buah mengkudu

Buah mengkudu adalah buah yang mengandung banyak sekali khasiat bagi tubuh kita. Di dalam buah mengkudu terkandung flavonoid dan xeronyne yang merupakan senyawa anti toksin yang sangat efektif. Zat ini dapat mengatasi endapat toksin dalam ginjal dan di luar ginjal karena pembuangan yang tidak lancar. Terdapat pula fungsi diuretik, zat scolopetin yang merupakan zat anti inflammasi dan membantu penyembuhan dinding ginjal, dan berbagai zat lain yang sangat baik untuk tubuh. Namun dosis yang anda perlukan berbeda-beda tergantung tingkat kerusakan ginjal anda. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar dapat menentukan berapa banyak buah mengkudu yang harus anda konsumsi.

9. Mengonsumsi teripang emas

Teripang adalah hewan invertebrata laut yang dikenal juga dengan sebutan timun laut. Teripang dapat dikonsumsi oleh manusia. Selain itu, teripang juga mengandung berbagai khasiat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah dapat mengatasi masalah pembengkakan ginjal.

10. Terapi antiobitik

Terapi antibiotik dapat diberikan apabila penyebab ginjal yang bengkak adalah karena adanya bakteri yang menginfeksi di sekitar saluran kandung kemih. Terapi antibiotik harus dilakukan dengan pengawasan serta saran dari dokter. Apabila salah mengonsumsi antibiotik dikhawatirkan malah membuat bakteri kebal terhadap antibiotik dan memperparah kondisi kerusakan ginjal.

Selain 10 cara di atas, cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi pembengkakan ginjal adalah sebagai berikut:

  1. Kateterisasi urin
  2. Penghancuran batu ginjal dengan gelombang suara
  3. Mempersempit saluran ureter
  4. Kemoterapi untuk mengatasi kanker (bila mengalami kanker)
  5. Radioterapi untuk mengatasi kanker (bila mengalami kanker)
  6. Pieloplasti
  7. Pemasangan stent pada saluran ureter
  8. Pengangkatan prostat (pada penderita kanker prostat)
  9. Mengonsumsi putih semangka
  10. Meminum cukup air untuk mempercepat proses penyembuhan
Sponsors Link

Penyebab ginjal bengkak

1. Kerusakan saraf kandung kemih

Salah satu penyebab ginjal mengalami pembengkakan adalah karena adanya kerusakan pada saraf kandung kemih. Kerusakan ini dapat diakibatkan oleh berbagai macam hal, seperti peradangan uretra karena virus, atau karena adanya kanker seperti kanker prostat, kanker ginjal, dan lain-lain. Baik kanker atau peradangan, semuanya berpotensi besar dalam menyebabkan iritasi serta peradangan pada kandung kemih. Sehingga saraf kandung kemih menjadi lemah dan pembuangan urin menjadi terhambat. Akibatnya ginjal dapat mengalami pembengkakakan.

2. Pembesaran prostat

Pada laki-laki, pembengkakan ginjal dapat terjadi karena adanya pembengkakan pada prostat (prostatitis) sehingga menghambat aliran urin dari kandung kemih. Hal itu dapat menyebabkan urine tertahan dan menumpuk di dalam ginjal. Lambat laun ginjal akan mengalami pembengkakan dan akan semakin parah apabila masalah pada prostat tidak ditangani secepatnya.

3. Kehamilan

Pada wanita, salah satu penyebab ginjal bengkak adalah karena mengalami kehamilan. Hal itu terjadi karena pada saat masa kehamilan, para wanita akan cenderung lebih mengalami kesulitan di saat buang air, karena saluran kandung kemih akan terhambat. Hal tersebut akan membuat banyak urin yang dapat kembali ke dalam saluran kandung kemih. Akibatnya bakteri jahat dapat tumbuh dan sewaktu-waktu bisa menyerang ginjal anda.

4. Batu ginjal

Adanya batu ginjal juga dapat membuat ginjal anda mengalami pembengkakan. Hal itu terjadi lantaran batu ginjal mengakibatkan penutupan saluran ureter. Akibatnya urin yang sudah diproduksi oleh ginjal dapat tertahan dan kembali kepada ginjal itu sendiri. Akibatnya hal itu dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal. Untuk mengatasi hal ini maka batu ginjal harus dihilangkan.

5. Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter

Keadaan lain yang dapat menyebabkan pembengkakan ginjal adalah adanya penyumbatan atau penyempitan pada saluran ureter yang bisa terjadi karena berbagai macam hal. Salah satunya adalah batu ginjal. Penyumbatan saluran ureter ini dapat mengakibatkan urin tertahan dan kembali ke ginjal sehingga lambat laun ginjal akan mengalami pembengkakan.

Itulah beberapa cara mengobati ginjal bengkak yang dapat anda lakukan. Selamat menjaga kesehatan ginjal anda!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan