Sponsors Link

Cara Mengobati Gagal Ginjal Secara Medis : Akut dan Kronis

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah sebuah kondisi dimana ginjal berhenti bekerja karena penurunan kemampuan kinerjanya dikarenakan sesuatu hal. Gagal ginjal bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Jenis gagal ginjal dibedakan menjadi dua, yaitu gagal ginjal akut dan kronis. Gagal ginjal akut terjadi secara mendadak sedangkan gagal ginjal kronis terjadi secara bertahap.  

ads

Penyakit ginjal tentunya menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Kegagalan fungsi ginjal menyebabkan aliran darah menjadi kotor. Seperti yang diketahui bersama, fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah dari limbah-limbah agar darah yang tersebar ke seluruh tubuh menjadi darah yang bersih. Jika ginjal gagal berfungsi, maka penumpukan limbah sisa metabolisme akan mengganggu tubuh secara keseluruhan. Selain itu, gagal ginjal juga bisa menyebabkan komplikasi terhadap organ tubuh lainnya. Hal ini bisa menjadi masalah serius jika gagal ginjal tidak segera diatasi. Maka dari itu cara mengobati gagal ginjal secara medis perlu dilakukan, mengingat gagal ginjal perlu untuk segera diatasi.

Upaya untuk mengobati gagal ginjal secara medis ini dilakukan untuk para penderita gagal ginjal akut dan juga kronis yang sudah parah. Sedangkan untuk kasus gagal ginjal kronis yang masih belum parah, pengobatan rawat jalan bisa dilakukan. Pengobatan medis gagal ginjal dilakukan untuk mengatasi Faktor Penyebab Gagal Ginjal tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Pengobatan Medis Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut terjadi secara mendadak. Penyebabnya bisa karena efek penyakit tertentu atau karena pendarahan yang terjadi. Upaya pengobatan gagal ginjal akut yang dilakukan secara medis akan dilakukan dengan memperhatikan penyakit atau penyebab dari gagal ginjal itu sendiri. Karena biasanya penderita gagal ginjal akut adalah mereka yang sedang dirawat di rumah sakit karena penyakit tertentu. Tanda dan Gejala Gagal Ginjal Akut itu sendiri biasanya diketahui oleh petugas medis selama merawat pasien di rumah sakit.

Cara mengobati gagal ginjal secara medis dalam kasus gagal ginjal akut akan dilakukan oleh dokter yang bersangkutan di rumah sakit tersebut. Hal-hal yang dilakukan oleh dokter antara lain:

  • Dokter akan menyarankan kepada penderita untuk dialihkan atau berkonsultasi dengan dokter ahli ginjal adan dokter ahli urologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  • Dokter akan melakukan pengobatan untuk mengatasi infeksi yang ada di organ ginjal dan sekitarnya yanh mengakibatkan gagal ginjal akut terjadi kepada penderita.
  • Dokter akan menyarankan pasien untuk mengonsumsi cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi yang dicemaskan bisa memperparah keadaan gagal ginjal akut.
Sponsors Link

  • Pasien juga akan dites darahnya untuk mengetahui dan mengontrol tingkat garam serta kreatinin di dalam darahnya.
  • Pengobatan yang bisa mengakibatkan ginjal akut bertambah parah akan dihentikan guna mencegah memburuknya kondisi ginjal tersebut.
  • Cuci darah atau dialisis juga bisa dilakukan untuk membantu membersihkan darah agar kondisi tubuh pasien gagal ginjal akut tidak semakin parah akibat tumpukan limbah yang ada di tubuhnya.
ads

Itulah beberapa cara mengobati gagal ginjal akut secara medis yang biasa dilakukan oleh dokter selama pasien di rawat di rumah sakit. Perlakuan tersebut dilakukan untuk meminimalisir risiko komplikasi pada pasien, mengingat penyebab gagal ginjal akut adalah penyakit lain atau cedera yang menyebabkan pendarahan.

Pengobatan Medis Gagal Ginjal Kronis

Cara mengobati gagal ginjal secara medis dalam kasus Gagal Ginjal Kronis juga dilakukan untuk mengatasi penyebab gagal ginjal itu sendiri. Beberapa pasien gagal ginjal kronis ada yang mengalami gagal ginjal dalam stadium awal, dan ada juga yang kasusnya sudah parah. Berikut beberapa cara pengobatan yang bisa dilakukan.

  • Gagal ginjal karena hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang bisa memicu gagal ginjal kronis. Tekanan darah tinggi bisa mempengaruhi perjalanan darah yang menuju ginjal sehingga ginjal bisa mengalami penurunan kinerja. Pasien dengan penyebab hipertensi ini bisa diatasi dengan obat anti hipertensi. Misalnya obat penghambat ACE atau angiotensin converting enzyme. Obat ini bisa menjaga ginjal dan bisa mengurangi potensi tekanan darah tinggi sehingga aman bagi pasien. Obat ini misalnya lisinorpil dan lamipril.

Obat lain adalah ARB atau angiotensin II receptor blocker. Obat jenis ini memiliki efek sampinh yang cukup ringan dan cukup aman bagi penderita gagal ginjal kronis karena hipertensi. Contohnya adalah eprosartan, lorsatan, irbesartan, atau candersatan. Selain itu aspirin dalam dosis tertentu juga bisa diberikan pada penderita gagal ginjal kronis yang dikarenakan hipertensim Tujuannya adalah mencegah stroke atau penyakit jantung.

  • Mengatur pola makan

Gagal ginjal kronis juga bisa diminimalisir gejalanya dengan mengatur pola makan. Salah satunya dengan memperbanyak asupan Makanan Yang Baik Untuk Ginjal dan mengurangi makanan yang mengandung fosfat dan garam. Makanan mengandung fosfat di antaranya ikan, telur, dan daging. Fosfat perlu dikurangi karena bisa memperburuk kinerja ginjal. Fosfat ini adalah salah satu zat yang bisa menumpuk di ginjal dan menyebabkan ginjal kesulitan bekerja. Sementara itu garam juga perlu dihindaei. Atau bisa dengan mengonsumsi obat diuretik untuk mengatasi kelebihan garam.

Sponsors Link

  • Cuci darah

Cuci darah juga bisa dilakukan jika sakit ginjal kronis terjadi. Tujuannya untuk membantu meringankan kinerja ginjal untuk menyaring limbah pada tubuh. Selain itu cuci darah juga perlu dilakukan untuk mencegah komplikasi yang terjadi akibat darah kotor pada tubuh. Namun Efek Setelah Cuci Darah itu juga ada dan perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter akan kondisi pasien sebelum cuci darah.

Itulah beberapa cara mengobati gagal ginjal secara medis yang bisa dilakukan. Gagal ginjal juga bisa dibantu untuk sembuh dengan melakukan gaya hidup sehat. Bisa juga dengan menggunakan bahan bahan alami. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan