Sponsors Link

30 Cara Mengobati Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah Secara Alami

Sponsors Link

Tanda Awal Gagal GinjalGagal ginjal adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia dari berbagai golongan. Baik anak kecil sampai orang dewas memiliki kerentanan yang sama apabila memiliki pola hidup yang tidak sehat. Terlebih lagi semakin tua umur kita potensi terserang penyakit organ dalam seperti ini juga sangat tinggi. Untuk itu, maka kita harus mengetahui bagaimana pencegahan dan juga pengobatan apabila kita terindikasi menderita penyakit gagal ginjal.

ads

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati gagal ginjal yang dapat anda lakukan secara mandiri atau dengan bantuan dokter. Cara mengobati gagal ginjal di bawah ini ada yang menggunakan teknik tradisional ataupun modern. Yang manapun yang anda pilih, semoga dapat membantu anda dalam mengobati penyakit ginjal yang mungkin menyerang orang-orang terdekat anda.

Baca Juga :

1. Mengonsumsi daun binahong

Daun binahong adalah salah satu dari berbagai tanaman obat tradisional yang bermanfaat untuk tubuh. Selain untuk mengobati luka luar, seperti kulit yang tergores dan semacamnya, daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai luka dalam dengan teknik yang tepat. Salah satu penyakit dalam yang dapat dibantu pengobatannya dengan menggunakan daun binahong adalah penyakit ginjal.

Anda dapat mengonsumsi daun binahong untuk kesehatan ginjal dengan cara meminum air rebusan daun binahong dengan dosis yang tepat. Untuk menentukan dosis ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, sebaiknya anda tidak memaksakan meminum air rebusan daun binahong apabila anda meminum kafein, seperti kopi atau teh bersamaan atau dalam jangka waktu yang berdekatan karena dapat mengakibatkan dampak yang jauh lebih buruk dari sekedar penyakit ginjal, yaitu kematian. Bagi penderita angina juga tidak disarankan untuk meminum air rebusan binahong agar angina yang anda derita tidak semakin parah.

2. Mengurangi konsumsi protein hewani

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal sekaligus mengobati penyakit ginjal adalah dengan cara mengonsumsi protein hewani dalam kadar yang tidak berlebihan, bahkan pada kondisi tertentu harus dibatasi. Saat mengalami gagal ginjal, protein hewani yang anda makan benar-benar harus dikurangi. Bila perlu anda tidak memakannya sama sekali dan menggantinya dengan protein yang lebih sehat.

Dengan membatasi konsumsi protein hewani ini, ginjal akan memiliki beban kerja yang tidak begitu berat sehingga dapat melakukan perbaikan jaringan-jaringan yang rusak. Sementara itu pada penderita gagal ginjal konsumsi protein hewani dapat digantikan oleh konsumsi protein nabati untuk mengurangi kinerja ginjal dan menyediakan waktu bagi ginjal anda untuk memperbaiki dirinya.

3. Tidak mengonsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri adalah salah satu faktor yang menyebabkan mengapa kinerja ginjal menjadi sangat berat. Salah satu cara untuk mengobati ginjal adalah dengan mengubah pola hidup anda dengan cara mengurangi konsumsi obat pereda nyeri, bahkan bila perlu tidak mengonsumsi sama sekali apabila anda tidak menderita penyakit parah.

Pada penderita penyakit gagal ginjal, sangat disarankan (dalam beberapa kasus dapat diharuskan) untuk tidak lagi mengonsumsi obat pereda nyeri yang tidak ramah bagi ginjal anda. Baik pasca operasi pengangkatan ginjal atau sebelum itu anda sudah harus tidak mengonsumsi obat-obatan seperti ini lagi. Dengan demikian ginjal anda dapat berfungsi dengan lebih optimal.

Sponsors Link

4. Mengonsumsi ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu makanan yang dapat anda konsumsi untuk memelihara kesehatan ginjal anda. Kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan salmon dapat membantu tubuh kita untuk mengatasi kanker, sakit jantung, menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh, serta bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Dengan mengubah pola makan anda, salah satunya dengan rutin mengonsumsi ikan salmon, ginjal anda yang sakit dapat membaik secara alami.

Bagi penderita gagal ginjal, ikan salmon adalah salah satu jenis makanan yang ramah dan dapat membantu mereka untuk mengembalikan kerusakan fungsi ginjal. Lambat laun, ginjal anda yang mengalami sakit dapat mengalami kesembuhan. Syukur-syukur bila anda meneruskan pola hidup sehat seperti mengonsumsi ikan salmon, ginjal anda akan pulih seperti sedia kala.

ads

5. Mengonsumsi minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak yang sudah terkenal karena kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaatnya adalah pada proses penyembuhan ginjal yang mengalami sakit, termasuk gagal ginjal. Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, maka ginjal anda akan membaik dan mampu berfungsi dengan lebih optimal.

6. Mengonsumsi akar alang-alang

Akar alang-alang merupakan salah satu jenis tanaman rumput yang dapat dijadikan sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya dengan akar alang-alang adalah penyakit gagal ginjal.

Anda cukup perlu merebusnya dengan air, kemudian di minum air rebusannya sebanyak dua sampai tiga kali pada pagi dan sore hari. Oleh karena akar alang-alang mengandung kalium yang sangat tinggi, sehingga dapat menghancurkan kista dan batu ginjal yang menghalangi bergeraknya urin di sepanjang saluran kandung kemih. Dengan demikian, aliran di sekitar ginjal akan kembali normal.

7. Mengonsumsi buah kelapa kuning

Buah kelapa kuning adalah salah satu buah yang mengandung banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu menjaga kesehatan ginjal serta memperbaikinya. Apabila anda menderita penyakit gagal ginjal, buah kelapa kuning dapat membantu anda mengobati penyakit tersebut sehingga kondisi kesehatan ginjal anda akan cenderung membaik. Pencampuran buah kelapa kuning dengan tanaman obat tradisional lain yang juga dapat menjadi obat ginjal menjadi lebih efektif untuk mengobati penyakit ginjal, seperti misalnya gagal ginjal.

8. Minum air putih secukupnya

Air putih adalah salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh kita. Selain sebagai sumber utama pelarut yang ada di dalam tubuh kita, air putih juga membantu kerja ginjal kita. Mengonsumsi air dengan cukup akan membuat kekentalan darah kita berada pada kadar yang baik, sehingga membuat ginjal akan bekerja dengan cukup mudah. Sebaliknya, bila konsumsi air kurang, kekentalan darah meningkat, produksi urin berkurang dan seterusnya, maka fungsi ginjal juga akan terpengaruh baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Mengonsumsi air putih dengan cukup dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan ginjal anda, serta membantu pemulihan fungsi ginjal anda yang mengalami kerusakan. Dengan demikian, ginjal anda lambat laun akan sehat kembali.

9. Mengonsumsi kubis

Kubis mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk tubuh kita. Salah satunya adalah senyawa fitokimia yang dapat membantu menyembuhkan kerusakan organ dalam tubuh, melawan kanker, dan menjaga kesehatan organ seperti ginjal dan jantung.

Kandungan kubis yang lain adalah senyawa asam folat, vitamin B6, vitamin K, vitamin C, dan lain sebagainya. Kandungan yang beragam ini dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan ginjal anda secara alami, dan tentunya efektif.

10. Mengurangi konsumsi garam

Mengonsumsi garam secukupnya dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah serta mengatasi penyakit ginjal yang anda derita. Pada konsisi yang sudah parah, anda dapat mengurangi konsumsi garam dalam jumlah yang drastis. Hal ini anda lakukan untuk mengurangi beban ginjal anda dalam menyaring cairan di dalam tubuh dengan cara mengurangi kekentalannya. Dengan mengonsumsi garam dengan cukup, kesehatan ginjal anda dapat terjaga dengan baik. Apabila anda menderita penyakit ginjal, kondisi ginjal anda dapat terbantu dengan pembatasan konsumsi garam ini.

Sponsors Link

Selain 10 cara di atas, berikut ini beberapa cara lain mengobati penyakit gagal ginjal yang anda.

  1. Istirahat malam dengan baik
  2. Tidak mengonsumsi teh dan kopi
  3. Tidak meminum alkohol
  4. Mengonsumsi bunga kol
  5. Memakan buah apel
  6. Mengonsumsi air rebusan daun sirsak
  7. Mengonsumsi bawang putih
  8. Tidak meminum minuman bersoda
  9. Olahraga ringan
  10. Mengonsumsi air rebusan daun keji beling
  11. Mengonsumsi mahkota dewa
  12. Mengonsumsi air rebusan daun sukun
  13. Mengonsumsi bawang bombay
  14. Mengonsumsi jeruk nipis
  15. Tidak menahan buang air kecil
  16. Mengonsumsi kumis kucing
  17. Mengonsumsi rambut jagung
  18. Berhenti merokok
  19. Mengonsumsi kaktus ekor tikus
  20. Mengonsumsi buah paruh burung

Itulah cara mengobati gagal ginjal yang dapat anda lakukan secara mandiri ataupun dengan bantuan dokter. Selamat menjaga kesehatan ginjal anda!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan