Sponsors Link

Cara Mengobati Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ dari sistem eksresi kemih yang berperan penting dalam penyaringan zat limbah untuk dibuang sebagai urine. Fungsi dari ginjal ini memang sangat penting, karena jika ada Gangguan Ginjal, seseorang tidak akan mampu lagi menyaring dan juga membuang limbah dari tubuhnya. Dan kondisi ini akan mengganggu organ lainnya juga.

ads

Namun rupanya ginjal ini sendiri bisa mengalami berbagai gangguan. Salah satu dari gangguan ginjal adalah batu ginjal. Batu ginjal itu sendiri merupakan kumpulan kristal yang pada akhirnya membatu membentuk batu. Batu pada ginjal ini yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada ginjal, termasuk rasa sakit ketika buang air kecil.

Penyebab Batu Ginjal Pada Pria maupun wanita itu sendiri ada bermacam-macam. Beirkut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab batu ginjal yang sering terjadi kepada manusia.

  • Kebiasaan buruk kurangnya minum air putih sehingga produksi urine tidak banyak yang dikeluarkan dari tubuh.
  • Kebiasaan buruk suka menahan air kencing sehingga menyebabkan urine lebih lama disimpan di kandung kemih dan menjadi lebih pekat.
  • Konsumsi kalsium dan vitamin D yang terlalu banyak sehingga tidak larut sepenuhnya dan mengendap di sistem kemih.
  • Adanya endapan di dakam saluran kemih yang pada akhirnya akan mengeras membentuk kristal.
  • Banyaknya zat kimia atau limbah pada urine.

Penyakit batu ginjal ini sendiri cukup berbahaya. Jika tidak ditangi akan menyebabkan ukuran batu terus membesar. Jika ukuran terus membesar, maka iritasi pada dinding ureter bisa saja terjadi dan akan menyebabkan infeksi saluran kemih. Sehingga jika sudah parah, seseorang bahkan harus menjalani operasi pengangkatan batu ginjal.

Walau operasi Penanganan Batu Ginjal ini tidak sepenuhnya berbahaya, akan tetapi biaya yang dikelurakan tentunya akan cukup mahal. Oleh karena itu saat ini ada banyak cara yang dilakukan orang untuk mengatasi batu ginjal. Salah satunya adalah dengan cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Batu Ginjal

Jeruk nipis, buah kecil yang satu ini rupanya memiliki manfaat yang luar biasa. Bahkan jerik nipis disebut-sebut bisa dijadikan bahan pengobatan alternatif herbal untuk membantu mengatasi batu ginjal. Buah kecil bernama latin Citrus aurantifolia ini memang memiliki rasa yang sangat asam bahkan pahit. Akan tetapi buah ini cukup ampuh untuk memantu mengatasi batu ginjal.

Jeruk nipis juga merupakan salah satu jenis Buah untuk Batu Ginjal yang baik, yaitu buah yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal, terutama jenis batu ginjal kalsium. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung asam sitrat. Asam sitrat inilah yang bisa mencegah adanya pengendapan senyawa kalsium pada ginjal. Sehingga bisa mencegah penyakit batu ginjal dan juga membantu menguraikan batu ginjal yang sudah terbentuk. Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kalium sitrat yang terkandung pada jeruk nipis mampu membantu pemecah batu ginjal dan mengurangi gejala rasa sakit pada si pasien batu ginjal.

Sponsors Link

Jika dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya yang juga sama-sama mengandung asam sitrat, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis sangat berlimpah. Bahkan kandungannya mencapai 10 kali lebih besar jika dibandingkan dengan jeruk jenis keprok. Selain itu asam sitrat dalam jeruk nipis ini juga 6 kali lebih besar jika dibandingkan dengan jeruk manis.

ads

Selain itu jeruk nipis ini juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan antara lain dengan adanya kandungan vitamin C, kalsium, vitamin B1, zat besi, protein, air, dan juga masih ada kandungan lainnya. Ada juga kandungan geranil asetat, limonen, linalin asetat, dan juga siral.

Cara Memanfaatkan Jeruk Nipis untuk Batu Ginjal

Jika Anda ingin mencoba cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis, maka berikut ini beberapa bahan yang diperlukan.

  • Jeruk nipis segar 2-3 buah (sesuai selera)
  • Air hangat 1-2 gelas

Adapun cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut.

  • Iris atau belah buah jeruk nipis menjadi beberapa bagian.
  • Siapkan air hangat 1 gelas.
  • Peras jeruk nipis dan masukkan air perasannya ke dalam air hangat.
  • Aduk kedua bahan hingga tercampur rata.
  • Konsumsi selagi hangat. Sebaiknya konsumsi setelah makan di malam hari (sebelum tidur) untuk mendapatkan hasil terbaik. Waktu yang tepat memang pada malam hari, karena biasanya proses pengendapan batu ginjal itu terjadi pada malam hari saat seseorang sedang istirahat.
  • Jika Anda memiliki riwayat sakit lambung, cara ini kurang cocok untuk Anda karena bisa memicu kenaikan asam lambung yang cukup berbahaya bagi saluran pencernaan Anda.

Itulah cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis yang bisa dilakukan. Untuk lebih amannya, sesuaikan saja jumlah buah jeruk nipis yang Anda butuhkan. Hindarilah penambahan gula pada ramuan tersebut untuk hasil yang lebih maksimal. Lakukan konsumsi tersebut secara rutin sebagai pengobatan alternatif.

Namun yang perlu diketahui adalah, pengobatan medis tetap Anda butuhkan. Tetap lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengatasi penyakit Batu Ginjal yang Anda derita untuk mencegah risiko atau gejala yang lebih parah lagi.

Efek Samping Jeruk Nipis

Ada kekurangan pasti ada kelebihan. Demiikian pula dengan jeruk nipis. Buah ini tetaplah memiliki kekurangan, sehingga perlu diketahui untuk Anda yang ingin mencobanya. Berikut beberapa efek samping yang bisa saja ditimbulkan dari jeruk nipis jika dikonsumsi secara rutin dalam jangka panjang.

Sponsors Link

  • Menyebabkan kerusakan gigi karena sifat asamnya
  • Menyebabkan migrain atau sakit kepala
  • Menyebabkan rasa ingin terus buang air kecil
  • Menyebabkan kulit kepala kering
  • Menyebabkan rambut rusak
  • Menyebabkan iritasi pada kulit
  • Menyebabkan gangguan sistem pencernaan karena bisa memicu naiknya asam lambung

Demikianlah cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis dan juga manfaat serta efek sampingnya yang perlu diketahui. Ingatlah selalu bahwa cara ini adalah cara pengobatan alternatif. Namun, pengobatan medis tetap perlu dilakukan, terutama jika Anda memiliki ukuran batu ginjal yang sudah cukup besar.

Jika memang operasi adalah satu-satunya jalan yang bisa dilakukan, maka cara tersebut tentu harus Anda lakukan. Selain itu tetap jaga asupan minum air putih setiap hari secara cukup untuk membantu mengatasi batu ginjal tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan