Sponsors Link

21 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami, Tradisional dan Tanpa Operasi

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang patut mendapatkan perhatian lebih. Terlebih lagi, ginjal berhubungan dengan sistem ekskresi manusia. Apabila salah satu sistem ekskresi, termasuk ginjal, mengalami gangguan, maka dapat mengganggu sistem di dalam tubuh juga. Fenomena ini juga dapat mengganggu kesehatan seseorang karena akan terus mengusik sistem kekebalan tubuh yang dimilikinya.

ads

Pengertian Batu Ginjal

pengertian batu ginjal

 

Ada banyak penyakit yang dapat menyerang ginjal dan sistem di dalamnya. Penyakit tersebut adalah batu ginjal dan ginjal mengecil. Sebenarnya sebutan batu ginjal kurang tepat untuk digunakan sebagai panggilan pada penyakit ini. Batu ginjal adalah sebuah penyakit yang disebabkan adanya penumpukan garam, mineral dan asam di dalam ginjal.

Penumpukan ini bisa saja terjadi karena banyak faktor, termasuk rusaknya sistem pencernaan atau bahkan terlampau banyaknya kadar garam, mineral dan asam yang dikonsumsi oleh manusia. Apabila terlampau banyak mengkonsumsi zat makanan, akan membuat tubuh menjadi kelelahan untuk mengolahnya sehingga terjadilah penumpukan di dalam organ tertentu.

Perlu juga diketahui bahwa pembentukan urine melalui beberapa tahap dengan bantuan beberapa organ tubuh juga. Oleh sebab itu, penumpukan bisa saja terjadi di sepanjang saluran kemih. Itu berarti batu ginjal bisa saja tidak terjadi di ginjal. Penumpukan mungkin terjadi di bagian yang lain. Hal tersebut merupakan pemaparan dari penamaan batu ginjal yang kurang tepat.

Cara Alami Mengobati Batu Ginjal

1. Tingkatkan Konsumsi Air Mineral 

Meningkatkan pengkonsumsian jumlah air mineral dipercaya dapat membantu ginjal untuk mengatasi batu ginjal. Karena sejatinya batu ginjal adalah sebuah hasil penumpukan, maka logikanya air dapat digunakan untuk meluruhkannya. Memang, proses ini akan memakan waktu yang lebih lama, karena pengobatan alami memang selalu membutuhkan proses. Konsumsilah air mineral minimal 2,8 liter setiap harinya dan perhatikanlah warna urine yang Anda keluarkan. Urine yang baik akan berwarna jernih yang dapat memberitahukan bahwa jumlah air mineral yang Anda minum hari itu sudah terbilang banyak.

2. Konsumsilah Lemon 

Selain meningkatkan kadar air mineral pada tubuh Anda, Anda juga dapat menggunakan lemon untuk mengatasi batu ginjal yang sedang Anda alami. Asam nitrat yang terkandung pada lemon dipercaya dapat membantu tubuh Anda untuk menghancurkan batu ginjal tersebut, terlebih lagi ketika batu itu mengandung kalsium. Konsumsilah lemon tersebut dengan cara menjadikannya jus. 125 ml jus lemon asli akan bekerja untuk Anda dan usahakanlah untuk teratur dalam mengkonsumsinya dan sesuai dengan takaran guna menghindari dampak buruk lainnya akibat kesalahan penggunaan.

3. Kurangilah Mengkonsumsi Garam dan Protein 

Ketika Anda sudah positif terkena batu ginjal, maka berikanlah perhatian pada kadar garam dan protein yang Anda konsumsi. Kedua hal ini sangat mudah ditemukan dalam hidangan sehari-hari. Garam dikenal sebagai bumbu masakan danprotein yang bisa jadi berasal dari daging, kerap ditemukan di meja makan Anda. Kalsium yang terkumpul pada urine kadarnya dapat meningkat apabila Anda mengkonsumsi garam terlalu banyak. Kemudian, sulfur yang terkandung dalam protein daging juga dapat memperparah penyakit batu ginjal yang Anda alami.

Baca juga :

4. Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Berserat

Selain garam dan protein, serat juga dapat ditemukan di berbagai makanan. Akan tetapi perbedaannya terletak pada diperbolehtidakkannya memperbanyak kadar pengkonsumsiannya. Serat dapat ditemukan di makanan biji-bijian dan sayuran. Untuk itu, mulailah untuk menyukai mengkonsumsi makanan ini untuk meredakan kristalisasi yang terjadi pada ginjal Anda.

5. Jangan mengkonsumsi Soft Drinks 

Bagian medis juga mempercayai bahwa mengkonsumsi Soft Drinks dapat memperparah keadaan penderita sakit batu ginjal.Salah satu contohnya adalah kopi yang biasanya Anda temukan di rumah maupun di tempat tongkrongan. Ketahuilah bahwa kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan ukuran batu ginjal karena kandungan asam posfat yang dimilikinya.

Sponsors Link

6. Konsumsilah Apel 

Apel dipercaya akan kandungan antopksidannya yang baik, seperti vitamin A dan C. Kedua jenis vitamin ini dapat membantu Anda dalam mengatasi batu ginjal tersebut dimana apel juga dapat mempercepat peluruhan batu ginjal.

7. Konsumsilah Semangka 

Selain mengkonsumsi makanan berserat dan mengandung antioksidan, Anda juga disarankan untuk menyukai semangka. Cobalah untuk mengkonsumsinya setiap hari dan pastikan tidak lebih dari 500 gram tiap harinya karena kelebihan pengkonsumsian dapat menyebabkan diare.

8. Konsumsilah Anggur 

Anggur juga dipercaya dapat mempercepat peluruhan batu ginjal yang Anda alami. Sama seperti apel, anggur juga memiliki kandungan antioksidan yang baik. Jadi, Anda dapat mengganti apel menjadi anggur.

9. Jaga Pola Makan Anda 

Menjaga pola makan juga menjadi salah satu alternative alami untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Peringatan ini berlaku bagi Anda yang senang mengkonsumsi makanan cepat saji. Ada banyak sekali kandungan makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh di dalamnya sehingga dapat memperberat kinerja organ tubuh termasuk saat proses eksresi.

10. Olahraga 

Berolahragalah teratur untuk mengatasi masalah kesehatan Anda ini. Dengan berolahraga, Anda dapat mempercepat proses pemecahan batu ginjal tersebut.

ads

Cara Tradisional Mengobati Batu Ginjal

1. Kumis Kucing 

Kumis kucing diketahui dapat mengobati sakit ginjal. Hal ini terbukti dengan banyaknya ahli obat tradisional yang menjadikannya sebagai bahan dasar pembuatan obat. Kumis kucing dapat memperlancar pengeluaran urine dan mangatasi peradangan batu ginjal.

2. Ramuan 1 

Ramuan pertama dapat dibuat dengan memanfaatkan 200 gram daun remunjung. Kemudian campur dengan 100 gram daun meniran dan jagung muda, serta 200 gram daun remunjung. Konsumsilah dengan teratur tiap harinya yakni sekali dalam sehari.

3. Ramuan 2 

Ambil daun gemupur dan halusan. Setelah itu campurkan dengan daun posor. Kemudian, rebuslah bahan-bahan tersebut dan saring. Konsumsilah resep ini sekali dalam sehari.

4. Ramuan 3 

Sediakanlah satu buah kelapa muda dan sebuah telur ayam kampung. Kemudian, masukkanlah telur ayam kampung tersebut ke dalam buah kelapa. Lalu konsumsilah. Saran pengkonsumsiannya adalah sekali dalam sehari.

5. Ramuan 4 

Bahan-bahan yang diperlukan pada ramuan ini adalah 25 gram daun ngokilo, daun mengiran, dan kaca beling serta kumis kucing. Kemudian rebuslah. Untuk awal pengkonsumsian, minumlah air rebusan tersebut setiap hari 5 berturut-turun dan hentikan selama 3 hari lalu ulangi tahap awal.

6. Ramuan 5 

Siapkanlah 3 lembar daun papaya. Setelah itu, rebuslah dan minumlah air rebusan tersebut. Teraturlah untuk mengkonsumsi air rebusan tersebut yakni segelas setiap harinya.

7. Ramuan 6 

Cuci dan juslah 30 gram daun kemuning. Kemudian minum. Ramuan ke 6 ini juga dipercaya sebagai pengobatan tradisional. Lakukan hal tersebut setiap harinya.

8. Ramuan 7 

Cuci dan juslah kemangi. Tanaman herbal yang satu ini dapat membantu Anda untuk meluruhkan batu ginjal yang Anda alami. Konsumsilah secara teratur dan lihat hasilnya dalam 6 bulan.

9. Ramuan 8 

Bahan ramuan ke-8 hanyalah daun seledri. Anda disarankan untuk mengkonsumsinya setiap hari dan ingat lakukan hal itu sebelum Anda memasukkan asupan apapun ke tubuh Anda.

10. Konsumsilah Dandelion 

Bunga dandelion dapat juga menjadi alternative untuk pengobatan tradisional Anda. Bunga berwarna kuning ini mengandung potassium yang bisa membantu organ tubuh Anda dalam memproduksi urin.

Cara Mengobati Tanpa Operasi

Alternatif pengobatan batu ginal tanpa operasi menjadi pilihan banyak penderita penyakit ginjal saat ini, terlebih lagi mengingat biaya dan resiko operasi yang cukup tinggi. Apabila Anda tidak mengkhendaki adanya operasi dalam pengobatan Anda, Anda dapat mencoba untuk menerapkan cara alami dan cara herbal di atas.

Apabila Anda merasa tidak ingin repot, Anda juga dapat mendapatkan obat-obat herbal yang berada di pasaran. Akan tetapi jangan sampai salah memilih hanya karena banyaknya janji dan murahnya harga, karena banyak penjual yang hanya memikirkan keuntungannya saja.

Lakukanlah tips-tips di atas secara teratur. Anda dapat memilih salah satu tips di atas. Akan tetapi padukanlah beberapa tips untuk hasil yang lebih baik agar sistem eksresi Anda kembali pulih secepatnya. Tetapi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kadarnya.

Tanda Tanda Seseorang Terkena Batu Ginjal

Mengingat bahayanya akibat yang dapat ditimbulkan oleh penyakit batu ginjal, maka diharapkan masyarakat dapat mengetahui tanda-tanda serangan penyakit ini. Tanda-tanda yang ada dapat digunakan sebagai bentuk antisipasi masyarakat. Pengetahuan yang salah juga akan membuat masyarakat menjadi salah tafsir yang mengakibatkan salahnya pengobatan atau alternative yang dilakukan.

Perlu diketahui, bahwa tanda-tanda seseorang terkena menyakit membahayakan ini tidak akan terlalu jelas. Dengan kata lain, kode yang diberikan penyakit ini tedak begitu terasa pada bagian tubuh manusia. Hingga lama kelamaan, batu ginjal tersebut terus bergerak dan mencari tempat yang bisa ditempatinya. Hal yang membahayakan perihal batu ginjal ini adalah dia dapat berhenti pada suatu lokasi di dalam tubuh manusia dan menggerogotinya. Bagian tubuh yang diusik tersebut dapat mengalami gangguan pada sistem kerjanya dan mengakibatkan iritasi.

Ketika batu ginjal tersebut sampai di ureter, si penderita akan mulai memberikan respon-respon seperti urine berwana merah muda, coklat atau berwarna yang lainnya, merasa nyeri di bawah tulang rusuk , dan lebih parahnya dapat mengeluarkan urine yang bercampur dengan nanah.

Sponsors Link

Selain itu, tanda-tanda lainnya juga menunjukkan bahwa si penderita mengalami menggigil yang hebat. Banyaknya urin yang dihasilkan juga berbeda ekstrim dari normal, mulai dari akan sangat lebih banyak dan kemudian berubah menjadi kuantitas yang sangat sedikit. Ketika Anda mulai menemukan tanda-tanda itu di dalam diri Anda, segeralah untuk mengkonsultasikannya ke dokter.

Apabila Anda tidak ingin repot atau Anda adalah seseorang yang lebih percaya terhadap obat-obatan yang alami atau alternative tradisional, artikel ini tepat untuk Anda. Terlebih lagi apabila Anda sedang memiliki uang yang minim untuk berobat ke dokter.

Sesungguhnya, pengobatan di rumah juga dapat member sedikit pertolongan. Akan tetapi kemampuannya akan lebih terbatas dalam mengatasi penyakit ini. Ketika batu ginjal berukuran 8 mm, maka maksimal besar batu ginjal yang dapat diatasi hanyalah sekitar 20 persen. Sementara apabila batu ginjal tersebut sudah berukuran besar, misalnya 1 cm atau lebih, maka selayaknya si penderita harus di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk menghindari batu ginjal yang mungkin setiap saat bisa menyerang Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Perlu diketahui bahwa permasalahan ginjal umumnya berasal dari pola makan yang salah. Jagalah pola makan Anda dan konsumsilah makanan yang sehat. Hindari juga kurang tidur karena dapat meningkatkan potensin hipertensi.

Rajinlah berolahraga untul menghindari obesitas yang dapat menjurus ke batu ginjal. Berhentilah merokok dan mengkonsumsi makanan cepat saji karena sejatinya makanan cepat saji sangat sulit untuk diproses oleh ginjal. Hal yang terpenting adalah rajinlah untuk memeriksa keadaan kesehatan Anda sehingga Anda bisa lebih dini untuk mengatasinya.

Demikian informasi yang dapat diberikan melalui artikel ini. Semoga dapat membuka dan memberikan pengetahuan masyarakat mengenai batu ginjal yang menyangkut cara penanganannnya dan tips untuk menjaga kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan