Sponsors Link

8 Cara Mengencangkan Otot Kandung Kemih yang Benar

Sponsors Link

Tubuh menusia memiliki struktur dalam dan luar.Dimana struktur luarseperti anggota gerak atas, anggota kepala, struktur anggota dari kepala hingga kaki. Sedangkan pada struktur oragan dalam antara lain organ hati,jantung  , pencernaan , oragan pengeluaran uin dan lain sebagainya.

ads

Proses pembuangan urine awalnya terjadi di dalam ginjal,namun pada ginjal juga mempunyai bberapa kondisi yang dapat menghambat kinerja dan fungsi organ itu sendiri antara lain ginjal tapal kuda,hidronefrosisi grade ,infeksi ginjal dan lain sebagainya. Salah satu organ yang bereran dalam proses pembuangan urine dari ginjal yaitu kandung kemih. Namun terdapat beberapa kasus seseorang mempunyai kandung kemih yang bermasalah salah satunya yaitu karena otot yang berperan dalam kandung kemih tidak kencang lagi.

Cara Mengencangkan Otot Kandung Kemih

Kandung kemih merupakan salah satu organ yang berperan penting dalam tubuh. Kandung kemih atau biasa disebut dengan vesika urinasia merupakan salah satu organ dalam sitem ekskresi manusia (urine) yang berfungsi untuk menampang urin sementara saat sebelum dibuang saat proses buang ai keil. Kandung kemih ini mempunyai bentuk seperti kantong yang disusun oleh otot yang saling beranyaman. Kandung kemih terletak di bagian rongga pelvis di bagian belakan pubis.

Fungsi dari kandung kemih sendiri anara lain yaitu untuk menyimpan urin sebelum dikeluarkan melalui proses buang air kecil, memberikan sinyal kepada tubuh apabila urin yang ditampung sudah cukup banyak sehingga dapat dikeluarkan, serta yang terakhiryaitu membantu proses buang air kecil dengan mengkontraksikan otot-otot detrusornya.

Namun beberapa seseorang yang mengalami kondisi kandung kemih yang bemasalah , sehingga menyababkan otot-otot yang bekerja di dalam kandung kemih menjadi tidak kencang. Ciri ciri kandung kemih bermasalah tidak hanay itu melainkan seperti sulit buang air kecil ataupun yang lainnya. Dalam mengatasi kandung kemih yang tidak kencang lagi kita dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut :

1. Senam Kegel

Efek samping operasi laser batu ginjal mungkin akan mempengaruhi struktur dari kandung kemih. Hal yang mungkin terjadi pada kandung kemih yaitu otot-otot yang terdapat di kandng kemih menjadi kendur dan tidk kencang. Hal tersebut akan mengganggu kerja kandung kemih menjadi tidak maksimal. Untuk mengatasinya kita dapat melakukan senam kegel. Dimana senam kegel ini dapat menebalkan oto-otot yang mengatur uretra serta otot-otot yang ada di panggul. Lakukan latihan senam ini secara rutin minimal 3kali dalam seminggu.

2. Diet Sehat

Gejala kandung kemih turun perlu kita ketahui, hal itu bisa disebabkan karena adanya indikasi adanya otot yang tidak kencang pada kandung kemih. Untuk mengatasinya kita dapat melakukan dietsehat dengan mengatur pola makan serta dengan cara olahraga teratur. Karena saat  memiliki tubuh yang tidak ideal atau kelebihan berat badan akan membuat otot-ott didalam tiubuh tidak kencang seperti lengan , paha serta pada area kandung kemih ini.

Sponsors Link

3. Olahraga Teratur

Kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting. Untuk menjaga kesehatan kita perlu memperhatikan kebiasaan baik yang perlu dilakukan contohnya saa dengan melakukan olahraga rutin. Salah satu manfaat olahraga yaitu untuk mengencangkan otot-otot dalam tubuh. Contoh olah raga yang dapat kita lakukan yaitu jogging , dengan jogging ini maka akan mengencangkan otot-otot bagian ekstrimitas  bawah termasuk otot-otot bagian area kandung kemih.

4. Menghindari Penggunaan Obat yang  Memicu Buang Air Kecil

Obat-obat tertentu akan memberikan dampak pada kandung kemih seseorang. Seperti contohnya Antihistamin, Trisiklik (Anti depresan ), serta obat tekanan darah akan mengakibatkan kontraksi otot kandung kemih secara berlebihan sehingga akan mengakibatkan atau memperburuk inkontensia. Maka sangat dianjurkan untuk hati-hati dalam pengguanaan obat-obat tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah mungkin dapat digunakan sebagai alternatif , karena kandung kemih yang bermasalah merupakan salah satu adanya ginjal yang bermasalah juga.

ads

5. Yoga

Yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Manfaat dari melakukan yoga antara lain sebagai sarana relaksasi , membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh, mengurangi resiko akibat penyakit kronis, meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh , meingkatkan keseimbangan , menurunkan berat badan. Selain itu yoga juga dapat menjaga kesehatan kandung kemih didalam tubuh dan menjaga kekuatan otot sehingga menjadi kencang. Makanan sehat untuk ginjal dan jantung bisa menjadi tambahan  saat proses menjalani yoga secara rutin.

6. Stimulasi Listrik

Stimulasi listrik merupakan metode yang digunakan untuk mengatasi inkontensia yang sudah parah dan perlu diatasi dengan medis. Stimulasi listrik ini dengan cara menggunakan alat yang taruh atau ditanam di bawah kulit bagian atas untuk merangsang saraf sakral yang menghubungkan kandung kemih dan dasar panggul. Setelah alat itu terpasang langkah selannjutnya yaitu dengan memberikan aliran listrik dengan kekuatan volt tertentu yang bertujuan untuk merangsang serta mengaktifkan kembali dan memperkuat otot panggul. Perlu diketahui juga bahwa alat ini merupakan alat yang aman dan tidak memberikan rasa sakit. Penyebab ginjal rusak kemungkinan memberikan dampak pada kandung kemih yang dapat dilakukan treaten stimulasi listrik ini.

7. Operasi

Operasi ini dilakukan dengan metode pembedahan  yang betujuan untuk menyembuhkan kondisi kandung kemih yang tidak kencang secara optimal.Biasanya operasi ini dilakukan dengan cara memeasukkan sling yang berukuran pendek yang permanen dengan tujuan untuk menutupuretra. Namun perlu kia ketahui juga mengenai efek samping setelah operasi ginjal.Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan doter terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan ini.

8. Hindari Pemicu Diet

Biasanya seseorang salah dalam melakukan dengan diet , yaitu menggunakan obat-obat tertentu. Obat-obat tersebut dapat melukai kandung kemih. Hal tersebut dapat memicu reseptor saraf di kandung kemih yang berlebihan sehingga menyebabkan meningkatnya jumlah urine. Untuk itu sangat disarankan melakukan die secara sehat dengan mengatur pola makan serta melakukan olahraga yang teratur. Makanan untuk penderita gagal ginjal kronis mungkin dapat  digunakan untuk menjaga kandung kemih yang sehat.

Kandung kemih merupakan salah satu organ yang penting dan saling terhubung dengan organ lain seperti ginjal.Apabila kandung kemih mengalami masalah maka akan berdampak pada yang lainnya. Maka untuk meminimalisir hal tersebut kita dapat melakukan beberapa hal untuk mengencngkan otot kandung kemih seperti diatas.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Tips