Sponsors Link

Cara Mengembalikan Fungsi Ginjal yang Rusak Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang terletak di bagian rongga perut. Ginjal memiliki peranan penting dalam terbentuknya keseimbangan jasmani manusia. Hal ini berkaitan dengan fungsi ginjal sebagai sistem sekresi manusia. Ada beberapa tugas ginjal di dalam tubuh, yaitu membersihkan darah dengan cara membuang limbah dan cairan berlebih, menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam darah, menjaga keseimbangan kadar asam dan basa, serta membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia.

ads

Dengan beberapa tugas penting tersebut, tentu saja gangguan pada ginjal akan mempengaruhi kesehatan manusia, yang akibatnya dapat mengganggu aktivitas dan mengurangi tingkat produktivitas. Apabila ginjal tidak dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal sebagai alat sekresi manusia, ada kemungkinan tubuh akan keracunan oleh sampah metabolisme yang seharusnya dikeluarkan.

Apabila Anda merasakan ginjal Anda mengalami penurunan fungsi, ada baiknya Anda mengetahui beberapa fakta ini. Jika salah satu ginjal rusak, maka ginjal lainnya akan mengambil alih tugas yang seharusnya dilakukan ginjal yang rusak. Sehingga, tubuh Anda mungkin tidak akan memberikan reaksi karena masalah masih dapat teratasi. Namun, apabila kedua ginjal rusak, maka urea akan tertimbun dalam tubuh, yang kemungkinan terburuknya dapat mengakibatkan kematian. Anda masih dapat hidup normal apabila fungsi ginjal Anda di atas 25%. Apabila kemampuan ginjal hanya 15%, besar kemungkinan Anda akan merasakan tanda adanya gangguan ginjal. Dan jika kemampuan ginjal sudah di bawah 15%, maka seseorang dapat divonis sebagai penderita gagal ginjal.

Cara mencegah gagal ginjal atau bahkan menyembuhkan penyakit gagal ginjal adalah dengan mulai memperhatikan kesehatan ginjal Anda supaya fungsi ginjal dapat kembali seperti semula. Dan kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa tips untuk mengembalikan fungsi ginjal yang rusak. Langsung saja, berikut uraiannya :

Cara Mengembalikan Fungsi Ginjal yang Rusak

  1. Menjaga pola makan sehat

Memperhatikan bagaimana kinerja dan fungsi ginjal, kita dapat mengetahui bahwa ginjal berhubungan dengan makanan. Cara memulihkan fungsi ginjal, mulailah perhatikan hal-hal simpel seperti jenis-jenis makanan yang masuk ke tubuh Anda. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memperburuk fungsi ginjal. Misalnya, makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi akan menyebabkan batu ginjal, makanan berkarbonasi, gula berlebihan, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, Anda dapat membaca artikel makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal.

Namun, ada juga makanan yang berkhasiat untuk memacu pemulihan fungsi ginjal dan ini salah satu Cara Mengembalikan Fungsi Ginjal yang Rusak, diantaranya :

  • Daun sukun

Berdasarkan penelitian, kandungan flavonoid, tanin, asam hidrosianat, riboflavin, dan aseticolin yang terdapat pada daun sukun akan membantu memulihkan kondisi ginjal yang sudah rusak. Bahkan, apabila pengobatan dilakukan secara maksimal, fungsi ginjal akan kembali seperti semula. Namun tentu saja, perlu keuletan dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sukun yang sudah dibersihkan sampai mendidih. Saring air rebusan dan konsumsi airnya secara rutin dua kali sehari.

Sponsors Link

  • Daun binahong

Selain daun sukun, ada alternatif lain sebagai pengobatan alami ginjal Anda, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong. Daun binahong memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk memperbaiki ginjal yang rusak. Caranya sama seperti mengolah rebusan daun sukun, hanya saja konsumsi air rebusan daun binahong tiga kali dalam satu hari.

ads

  • Mahkota dewa

Ada empat kandungan dalam mahkota dewa yang berkhasiat untuk ginjal, yaitu saponin, alkaloid, polifenol, dan flavonoid. Dengan mengkonsumsi mahkota dewa, Anda akan mendapatkan empat manfaat yang berperan dalam memperbaiki fungsi ginjal, yaitu dapat meminimalisir racun-racun, sebagai anti-alergi, sebagai antioksidan, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk selengkapnya, Anda dapat mengetahui dalam artikel tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal.

  1. Berhenti melakukan kebiasaan yang tidak sehat

Selain memperhatikan jenis makanan, Anda juga wajib untuk membiasakan pola hidup sehat. Ada beberapa pantangan saat menerapkan pola hidup sehat, yaitu :

  • Merokok

Agar tidak memperburuk kondisi ginjal, sebaiknya buat komitmen untuk berhenti merokok. Pasalnya, berdasarkan beberapa penelitian, perokok memiliki kecenderungan untuk mengalami gangguan fungsi ginjal. Sebelumnya, hasil penelitian mengatakan bahwa perokok yang menderita penyakit diabetes akan lebih cepat untuk mengalami penyakit ginjal.

Namun, penelitian terbaru menyatakan bahwa perokok yang tidak memiliki penyakit diabetes memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit ginjal daripada mereka yang tidak merokok. Penelitian tersebut merilis bahwa dari 8000 volunter, diketahui bahwa mereka yang merokok lebih mungkin memiliki kandungan albumin pada air seninya daripada mereka yang tidak merokok. Sedangkan kita tahu bahwa albumin merupakan salah satu indikator bahwa ginjal sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Alkohol

Alkohol sebenarnya tidak secara langsung mempengaruhi fungsi ginjal. Namun, alkohol memicu ketidakseimbangan dalam tubuh yang dapat mengganggu kinerja ginjal.

Konsumsi alkohol merupakan kebiasaan tidak sehat yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.  Apabila tekanan darah sudah tidak normal, maka metabolisme dalam tubuh akan terganggu, yang imbasnya akan mempengaruhi ginjal dan jantung.

Selain itu, alkohol juga akan meningkatkan risiko dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal. Apabila dehidrasi semakin parah, ginjal akan bekerja semakin berat yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai pengaruh alkohol bagi ginjal, Anda dapat membaca artikel bahaya alkohol bagi ginjal.

  1. Olahraga secara teratur

Untuk memulai pola hidup yang sehat, mulailah untuk mengatur jadwal olahraga Anda. Olahraga berperan dalam menjaga metabolisme di dalam tubuh yang dapat melancarkan kinerja ginjal. Selain itu, olahraga juga membantu penyerapan kalsium yang akan berdampak baik bagi penderita batu ginjal. Kadar kalsium yang tinggi merupakan salah satu faktor utama penyebab penyakit batu ginjal. Dengan melakukan olahraga secara rutin, maka otot tubuh akan semakin terlatih. Apabila otot terlatih dengan baik, maka penyerapan kalsium akan semakin baik.

Tidak hanya berpengaruh bagi ginjal, namun olahraga memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat menjaga kesehatan Anda. Dengan stamina yang fit, Anda akan mampu memaksimalkan hari-hari Anda dengan aktivitas yang produktif.

Sponsors Link

  1. Konsumsi air yang cukup

Cairan yang cukup akan mempermudah kerja ginjal sehingga ginjal dapat bekerja secara optimal. Apabila ginjal bekerja dengan baik, maka pembuangan sampah urin akan berlangsung dengan lancar. Dan juga, mineral-mineral yang terlarut dalam air akan membantu ginjal untuk menjaga elektrolit dan cairan tubuh. Untuk tips menjaga kesehatan ginjal, ahli kesehatan menyarankan untuk meminum air putih 1,6 liter per hari untuk wanita dan dua liter per hari untuk pria.

Sekian artikel mengenai cara mengembalikan fungsi ginjal yang rusak. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan