Sponsors Link

7 Cara Mengeluarkan Batu Ginjal Secara Alami

Sponsors Link

Penyakit Batu ginjal bukanlah penyakit yang ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Terdapat rangkaian perawatan atau terapi yang harus dilakukan dan dilalui dengan sabar oleh penderitanya agar bisa sehat dan terbebas dari penyakit batu ginjal. Terlebih bagi penderita batu ginjal yang sudah di vonis akan selalu memiliki batu ginjal meskipun sudah dilakukan operasi atau pengangkatan berkali-kali, atau bisa dikatakan bahwa penderita tersebut memang berpotensi menghasilkan batu ginjal.

ads

Tentu saja hal tersebut akan menganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Bagi penderita batu ginjal mereka harus tahu betul mengenai  gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria yang biasa dirasakan setiap harinya agar dapat menentukan penanganan atau tindakan tepat apa yang bisa dilakukan. Terdapat banyak cara penyembuhan yang baik dan akurat namun kebanyakan penderita batu ginjal memilih cara mengeluarkan batu ginjal secara alami.

Untuk itu, berikut dibawah ini terdapat ulasan singkat mengenai cara mengeluarkan batu ginjal secara alami dan aman untuk penderitanya:

1. Air Putih

Air putih adalah salah satu cara mengeluarkan batu ginjal secara alami yang paling mudah untuk dilakukan. Air putih ini apabila dikonsumsi dengan baik dan dengan jumlah yang cukup dapat membantu memperingan kinerja ginjal untuk membuang toksin atau racun serta zat-zat tidak berguna lainnya yang tersaring di ginjal. Air putih ini mampu membantu memelihara suhu tubuh anda juga.

Dengan mengonsumsi air putih dengan rutin dan lancar, racun dalam ginjal akan terbawa keluar tubuh melalui urin. Selain racun, batu ginjal yang mengendap di dalam ginjal juga akan ikut terbawa dan terbuang bersama urin sehingga perlahan jumlah batu ginjal dalam tubuh anda akan berkurang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun semua hal itu bergantung dengan sebanyak apa anda mengonsumsi air putih. Semakin sering mengonsumsi, semakin sering buang air, maka semakin bersih ginjal anda dari batu ginjal.

2. Lemon

Batu ginjal yang mengendap di dinding-dinding ginjal terkadang menyebabkan penderita merasa nyeri yang sangat hebat di area pinggul. Hal ini disebabkan oleh batu ginjal yang bergesekan dan dan melukai dinding ginjal anda sehingga anda merasakan nyeri yang sangat hebat. Terlebih ketika batu ginjal bertambah besar bentuknya. Untuk dapat mengurangi hal ini, anda dapat mengonsumsi lemon atau jeruk nipis yang mampu mengecilkan atau memecah ukuran batu ginjal menjadi lebih kecil.

Lemon dan jeruk nipis mengandung asam sintrat yang mampu memecah batu ginjal khususnya batu ginjal kalsium sehingga dapat dibuang keluar tubuh bersama urin. Hal ini dinilai efektif karena  dengan terpecahnya batu ginjal menjadi lebih kecil akan mempermudah batu ginjal terbuang melalui kandung kemih. Cara untuk mengonsumsi lemon atau jeruk nipis ini juga mudah. Hanya dengan membuat perasan lemon dan jeruk nipis ini dan ditambah dengan air hangat lalu diminum secara rutin 2 kali sehari.

Sponsors Link

3. Mengonsumsi Makanan Berserat

Apakah anda tipe orang yang sulit makan sayur? Jika benar, sebaiknya anda harus memperbaiki kebiasaan dan pola hidup seperti itu. Mulailah untuk mengonsumsi makanan bersert tinggi seperti sayuran agar dapat membantu ginjal meluruhkan dan memcah batu ginjal sehingga dapat dibuang bersama urin. Asparagus, kubis, tomat, selada adalah serangkaian sayuran pembersih ginjal yang mudah ditemukan disekitar anda dan dapat diolah dengan mudah dan cepat.

Makanan berserat ini mengandung fitat yang mampu mencegah kristalisasi atau proses pembentukan batu ginjal tersebut sehingga setiap toksin yang tersaring langsung dialirkan bersama urin untuk dibuang dan fitat juga mampu memecah batu ginjal menjadi lebih kecil agar lebih mudah dibuang. Alhasil, ginjal anda menjadi lebih bersih dari batu ginjal yang menumpuk.

ads

4. Hindari Minum Alkohol

Bagi anda yang gemar minum minuman ber alkohol, mulai saat ini hentikan kebiasaan tersebut. Seperti yang anda ketahui, minuman beralkohol sangat berbahaya bagi kesehatah tubuh anda. Baik untuk organ ginjal, jantung, dan organ lainnya. Namun, minuman berlakohol ini memang paling memberatkan kinerja ginjal dari pada kinerja organ lainnya. Sebagai organ yang mampu menyaring zat-zat berbahaya, ginjal akan bekerja ekstra keras untuk menyaring racun dan zat berbahaya yang dibawa oleh alkohol ke dalam tubuh. Akibatnya, ginjal akan menumpuk banyak sekali batu ginjal dan akan semakin membesar.

Cara mengeluarkan batu ginjal secara alami dengan menghindari alkohol satu ini ternyata efektif karena dengan menggentikan pola dan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, kinerja ginjal anda menjadi lebih ringan dan ditambah anda mengonsumsi makanan sehat lainnya sehingga batu ginjal akan pecah dan luruh bersama urin anda.

5. Diet Mineral

Batu ginjal memiliki beberapa jenis yang diantaranya adalah batu ginjal yang terbentuk oleh mineral yang anda konsumsi. Mineral yang berlebih dan tidak disaring dengan baik akan menumpuk pada ginjal, mengkristal dan menghasilkan batu ginjal yang mengganggu anda. Untuk dapat mengurangi tumpukan batu ginjal tersebut, anda harus melakukan diet mineral.

Diet mineral menjadi salah satu cara mengeluarkan batu ginjal secara alami yang tepat dan cukup mudah dilakukan. Anda cukup harus menghindari makanan dengan tingkat garam berlebih karena dengan banyaknya anda mengonsumsi garam, proses pembentukan kalsium dalam ginjal akan bertambah dan semakin cepat terbentuknya. Namun, jika anda menghindarinya, tentu saja batu ginjal tidak akan terbentuk dan menggantinya dengan mengonsumsi makanna sehat lainnya yang mengandung kalium dan mangan yang mampu membantu ginjal memcah batu ginjal dan membuangnya bersama urin.

6. Olahraga Teratur

Anda tidak punya alasan untuk malas berolah raga lagi saat ini. Anda harus mulai rajin berolah raga setiap harinya meskipun olahraga tersebut terhitung ringan dan sebentar. Dengan melakukan olahraga yang rutin dan tepat, posisi batu ginjal yang emnempel pada dinding ginjal anda dapat bergeser dengan sendirinya dan memecah sehingga akan lebih mudah untuk dibuang bersama urin. Olahraga ini juga bisa dilakukan disela-sela kegiatan.

7. Hindari Softdrink

Mengonsumsi softdrink adalah kegemaran semua orang. Namun, siapa sangka bahwa softdrink menjadi salah satu hal yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Setiap kandungan zat yang tidak bermanfaat dari softdrink akan disaring oleh ginjal seperti halnya ginjal menyaring alkohol sehingga ginjal akan bekerja lebih berat dan menghasilkan banyak sekali batu ginjal. Namun jika anda mulai menghentikan kebiasaan ini, ginjal anda pastinya akan lebih bersih dan tumpukan batu ginjal akan berkurang dengan cepat tanpa merusak keadaan ginjal anda,

Sponsors Link

Itulah diatas ulasan singkat mengenai beberapa cara mengeluarkan batu ginjal secara alami. Anda dapat menerapkan beberapa cara diatas dikehidupan anda sehari-hari. Cara diatas tidak ada yang sulit karena semua kegiatan yang dianjurkan maupun dilarang tentunya dapat anda lakukan. Untuk mendukung kondisi ginjal anda agar lebih baik lagi, anda harus rajin mengonsumsi  makanan yang baik untuk ginjal secara rutin sehingga anda dapat menghindarkan diri dari penyakit batu ginjal. Selain itu, mulailah pola hidup sehat dengan menghindari kebiasaan yang bisa merusak ginjal termasuk menjauhi makanan penyebab sakit ginjal yang mengancam kesehatan anda.

Dengan mengikuti cara diatas, yakinlah anda menjadi lebih sehat dan batu ginjal yang mengganggu akan segera sirna.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan