Sponsors Link

6 Cara Mengeluarkan Batu Ginjal Pada Wanita yang Benar

Sponsors Link

Batu ginjal memiliki ukuran yang berbeda beda mulai dari sebesar butiran pasir hingga berukuran lebih besar sebesar mutiara. Batu ginjal ini bisa terbentuk karena mineral dan juga deposit lainnya yang menumpuk pada organ ginjal yang kemudian menyumbat ureter, uretra atau kandung kemih. Batu ginjal ini bisa menimbulkan rasa sakit pada saat akan dikeluarkan. Untuk itulah para dokter sering menyarankan untuk minum lebih banyak cairan supaya batu ginjal bisa dikeluarkan.

ads

Batu ginjal yang berukuran besar nantinya bisa dipecah menjadi serpihan yang lebih kecil memakai teknologi medis sehingga bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara mengeluarkan batu ginjal pada wanita dengan tindakan medis dan alami yang bisa dijadikan pilihan untuk menyembuhkan dan mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh.

  1. Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy [SWL]

Penanganan batu ginjal ini dilakukan oleh tenaga medis dengan memakai gelombang suara untuk memecahkan batu ginjal berukuran besar baik pada wanita dan juga pria sehingga nantinya akan lebih mudah dikeluarkan. Prosedur ini bisa menimbulkan rasa sakit sehingga asien umumnya akan diberikan anestesi selama 30 hingga 45 menit saat proses dilakukan. Perawatan ini terbilang sangat efektif namun bisa menyebabkan luka lebam dan juga rasa nyeri pada saat serpihan dari batu ginjal tersebut berhasil dikeluarkan.

  1. Ureteroscope

Cara mengeluarkan batu ginjal pada wanita selanjutnya bisa dilakukan dengan cara ureteroscope. Batu ginjal berukuran kecil nantinya bisa dipecah dengan shock wave therapy. Namun jika terlalu kecil untuk diangkat dengan metode operasi, maka kemungkinan sebuah alat seperti teropong atau scope bisa digunakan yakni dengan cara dimasukkan ke dalam ureter. Sesudah batu ginjal ditemukan, maka batu itu akan dipecah kembali memakai alat tersebut. Prosedur ini juga bisa menimbulkan rasa sakit sehingga umumnya juga dibutuhkan anestesi lokal atau umum.

  1. Percutaneous Nephrolithotomy

Percutaneous nephrolithotomy merupakan tindakan operasi yang dilakukan untuk mengatasi penyebab batu ginjal pada wanita khususnya mengeluarkan batu ginjal berukuran besar yang tidak bisa dipecah menjadi serpihan memakai terapi shock wave. Nantinya, sayatan kecil akan dibuat pada bagian punggung pasien kemudian alatkecil akan dimasukkan ke dalam untuk mengangkat batu ginjal tersebut dan operasi ini membutuhkan rawat inap rumah sakit.

  1. Minum Banyak Air

Apapun jenis batu ginjal yang dialami, cara mengeluarkan batu ginjal pada wanita sekaligus mengatasi ciri ciri batu ginjal awal bisa dilakukan dengan sendirinya tanpa perlu bantuan medis yakni dengan cara minum banyak air putih antara 2 hingga 3 liter air per hari sampai batu ginjal bisa dikeluarkan.

Sponsors Link

  • Cobalah untuk minum banyak air sampai urin berubah warna menjadi jernih kembali sebagai tanda jika tubuh sudah cukup terhidrasi.
  • Minum minuman bebas kafein, alkohol dan juga gula seperti sari buah, teh hijau dan sebagainya untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mengeluarkan batu ginjal.
  1. Ubah Pola Diet

Oleh karena batu ginjal terjadi karena penumpukan jenis mineral tertentu, maka mengurangi makanan yang mengandung mineral tersebut juga menjadi cara mengeluarkan batu ginjal pada wanita yang mudah dilakukan sekaligus memperkecil ukuran dari batu ginjal tersebut.

  • Batu kalsium: Untuk mengurangi batu ginjal dari kalsium dan gejala batu ginjal pada wanita maka kurangi makanan asin, produk olahan susu, tahu, tiram dan makanan berlemak.
  • Batu oksalat: Makanan yang harus dihindari adalah makanan tinggi kandungan oksalat seperti bayam, anggur, coklat, ubi manis dan juga kopi.
  • Batu asam urat: Hindari beberapa makanan seperti jeroan, ikan teri, kacang, sarden, bayam, jamur, alkohol, ragi dan kembang kol.
    Sponsors Link

  1. Obat Herbal

Meski berbagai pengobatan herbal belum terbukti keampuhannya lewat penelitian ilmiah, namun sudah banyak penderita batu ginjal yang sudah memperoleh penyembuhan dengan cara mengkonsumsi beberapa herbal tertentu.

  • Teh daun birch: Bisa mengeluarkan kotoran dari saluran kencing yang juga bisa digunakan untuk mengeluarkan batu ginjal pada anak.
  • Teh hitam: Bisa meningkatkan aliran urine sebab memiliki sifat diuretik.
  • Daun jelatang: Merupakan diuretik alami yang bisa mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh.
  • Akar dandelion: Efektif sebagai tonik ginjal.
  • Cuka apel: Bisa melarutkan batu ginjal dengan cara mengkonsumsi 1 sendok makan cuka apel setiap hari atau bisa dicampur dengan air.

Demikian ulasan singkat dari kami tentang beberapa cara mengeluarkan batu ginjal pada wanita yang bisa dilakukan dengan bantuan tenaga medis atau bisa dilakukan sendiri di rumah karena memakai bahan bahan alami. Semua cara ini bisa menjadi pilihan anda dalam mengeluarkan batu ginjal tidak hanya untuk wanita namun juga untuk pria.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan