Sponsors Link

4 Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Ginjal dan Pencegahannya

Sponsors Link

Menjaga kesehatan ginjal adalah hal yang penting agar kesehatan organ tubuh sama sekali tidak terganggu. Apabila kesehatan ginjal terganggu, maka organ tubuh yang lain juga akan terganggu kesehatannya. Dari sekian banyak penyakit yang bisa menyerang ginjal, salah satu yang paling parah adalah gagal ginjal kronis, yaitu kondisi ginjal rusak secara permanen hingga menyebabkan organ ini tidak bisa berfungsi sama sekali. Diagnosa gagal ginjal kronis tentu hanya bisa dilakukan oleh dokter setelah mengobservasi berbagai gejala yang dialami penderita.

Namun bukan hanya gagal ginjal saja yang harus dikhawatirkan, penyakit ginjal lain juga memiliki resiko yang sama. Salah satu komplikasi yang harus dirasakan akibat kesehatan ginjal tidak sempurna adalah sesak nafas. Mungkin Anda belum tahu adanya hubungan sesak nafas dengan gagal ginjal kronik. Tidak hanya itu, kali ini akan dibahas cara mengatasi sesak nafas karena ginjal mengalami penyakit yang lain, bukan hanya gagal ginjal saja.

Hal ini penting untuk diketahui, terutama bagi penderita penyakit ginjal. Ini dia cara mengatasi sesak nafas karena ginjal yang mudah dilakukan:

1. Punksi Pleura

Punksi pleura adalah istilah medis yang diberikan untuk metode pengambilan cairan pada paru paru. Sesak nafas yang dirasakan karena ginjal bisa jadi akibat adanya penumpukan cairan pada paru paru. Punksi pleura disebut juga dengan water seal drainage, sebuah metode yang dilakukan untuk mengatasi kebanjiran cairan pada paru paru. Namun cara ini dinilai tidak efektif karena harus dilakukan berulang kali. Karena ginjal tidak bisa membuang cairan dari dalam tubuh, maka cairan akan terus menumpuk di paru paru setiap hari.

2. Pemberian Oksigen

Penyakit pada ginjal akan menurunkan kemampuan ginjal untuk membersihkan kreatinin dalam darah yang menyebabkan meningkatkan jumlah kreatinin. Ini merupakan gejala awal penyakit ginjal yang bisa menjadi lebih parah jika tidak segera ditangani. Apabila kondisi ini terus berlanjut, akan muncul ciri ciri gagal ginjal akut yaitu saat kadar kreatinin dalam darah melebihi normal. Tanda bahwa angka kreatinin sangat tinggi tampak pada air seni berbusa setiap kali buang air kecil.

Gangguan yang terjadi dalam darah akan mengurangi suplai oksigen ke paru paru. Akibatnya paru paru mengalami kekurangan oksigen dan dampaknya adalah seseorang akan mengalami kesulitan dalam bernafas.

3. Pemberian Obat Tertentu

Untuk seseorang yang memang sudah memiliki penyakit sesak nafas sebelum terkena penyakit ginjal, maka cara mengatasi sesak nafas karena ginjal yang terbaik adalah dengan meminum obat yang bisa mencegah gejala sesak nafas tersebut. Ini juga bisa untuk mengantisipasi penumpukan cairan di dalam paru paru sehingga saluran pernapasan juga tidak ikut terganggu.

4. Cuci Darah

Cara yang cepat untuk mengeluarkan cairan di dalam tubuh adalah dengan cuci darah. Inilah efektivitas cuci darah yang tidak dimiliki pengobatan lain. Tujuan cuci darah memang untuk menggantikan fungsi ginjal yang sudah rusak dan tidak bisa bekerja sama sekali. Manfaat cuci darah akan dapat dirasakan secara maksimal apabila seseorang rajin mengikuti proses hemodialisis sesuai dengan anjuran dokter.

Pencegahan

Sesak nafas memang menjadi salah satu komplikasi atau efek samping yang harus dirasakan seseorang karena penyakit ginjal yang dideritanya. Namun jangan khawatir, asalkan tahu cara mengatasi sesak nafas karena ginjal yang tepat, seseorang tidak akan merasakan gangguan tersebut lebih lama lagi. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah untuk menjaga kesehatan ginjal selagi tidak terkena penyakit. Ginjal adalah salah satu organ penting yang harus benar benar dijaga. Jika kesehatan ginjal terganggu dan organ ini tidak lagi bisa menjalankan fungsinya dengan baik, maka tidak ada organ lain yang bisa menggantikan peran dari ginjal.

Demikianlah artikel ini sampaikan, semoga bisa lebih menjaga kesehatan anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan