Sponsors Link

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal

Sponsors Link

Ginjal merupakan dua organ tubuh manusia yang berperan penting dalam proses metabolisme di dalam tubuh. Ginjal memiliki banyak peranan. Salah satu peranan ginjal dalam metabolisme adalah membuang zat sisa metabolisme melalui urine atau air kencing. Zat sisa tersebut memang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh sehingga harus dibuang. Ginjal yang sehat akan membuat seseorang bisa bebas beraktivitas. Sebaliknya, ginjal yang terkena gangguan atau penyakit bisa menyebabkan seseorang memiliki limbah yang bertumpuk di dalam tubuhnya. Hal ini tentunya akan membahayakan dan mengacaukan metabolisme yang ada.

ads

Cara mengatasi untuk penyakit ginjal tentu perlu diketahui agar penyakit ginjal segera bisa hilang. Namun mengatasi penyakit ginjal tentunya perlu dilakukan sesuai dengan jenis penyakit itu sendiri. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara mengatasi penyakit ginjal yang disesuaikan dengan jenis penyakitnya agar lebih tepat sasaran.

Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut adalah berhentinya kinerja ginjal secara mendadak. Akibatnya, kadar garam dan senyawa kimia dalam tubuh menjadi abnormal dan bisa membahayakan kinerja organ tubuh lainnya. Penderita akan mengalami gejala mual, kebingungan, hipertensi, penimbunan cairan, dehidrasi, dan sakit pada pinggang. Cara mengatasi gagal ginjal akut antara lain:

  1. Dokter akan mendiagnosis pasien dengan tes darah dan tes urine
  2. Dokter akan mengobati infeksi-infeksi yang menjadi penyebab munculnya gagal ginjal akut
  3. Dokter akan menghentikan segala macam pengobatan yang bisa memperparah kondisi gagal ginjal akut
  4. Dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi asupan cairan yang cukup
  5. Pasien akan disarankan untuk menemui dokter spesialis nefrologi atau dokter spesialis urologi

Itulah beberapa cara mengatasi penyakit ginjal dari jenis gagal ginjal akut. Penyakit ini biasanya terjadi pada pasien yang sedang dirawat di rumah sakit karena beberapa hal, misalnya karena cedera parah yang menyebabkan pendarahan, atau karena penyakit komplikasi tertentu.

Gagal Ginjal Kronis

Perbedaan Gagal Ginjal Akut dan Kronik adalah pada penyebab dan jangka waktunya. Berbeda dengan gagal ginjal akut, agal ginjal kronis terjadi secara bertahap. Penurunan kinerja ginjal tidak terjadi secara mendadak, melainkan terjadi secara berangsur-angsur. Penderita gagal ginjal kronis juga tidak selalu adalah pasien di rumah sakit. Gejalanya antara lain mual, kelelahan, dan sesak nafas. Gagal ginjal kronis ini bisa bertambah parah jika tidak diatasi dengan baik. Maka dari itu perlu diketahui cara mengatasinya yang tepat.

  1. Cuci darah

Cuci darah adalah salah satu prosedur yang bisa membantu membuang tumpukan limbah di tubuh. Cuci darah hanya bertujuan untuk mengurangi gejala dari penyakit gagal ginjal kronis namun tidak bisa menyembuhkannya.

  1. Pola makan sehat

Penderita gagal ginjal kronis juga perlu menjaga pola makannya menjadi pola makan yang sehat. Hal ini sangat penting, karena gagal ginjal kronis juga bisa terjadi jika seseorang tidak menjaga pola makannya. Konsumsilah makanan yang direkomendasikan dan hindarilah makanan yang dilarang. Pola makan sehat akan bisa membantu meringankan gejala dan menghambat parahnya gejala gagal ginjal kronis.

  1. Hindari merokok dan minuman keras

Penyebab Gagal Ginjal Kronis adalah pola hidup tidak sehat. Rokok dan minuman keras adalah dua hal yang harus segera dihindari. Jika seseorang memiliki penyakit gagal ginjal kronis, maka gaya hidup tidak sehat harus segera ditinggalkan. Ginjal sudah tidak sesehat dulu untuk menyaring limbah pada darah, maka dari itu, rokok dan minuman keras yang menghasilkan banyak limbah sebaiknya dihindari.

Sponsors Link

  1. Olahraga teratur

Penyakit gagal ginjal kronis juga bisa diperingan gejalanya dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga yang dilakukan secara teratur akan bisa membantu membuang limbah dari darah melalui keringat dan hal ini akan memberikan dampak yang positif bagi tubuh.

  1. Hindari obat-obatan yang membahayakan ginjal

Saat seorang penderita ginjal mengalami penyakit tertentu, maka selalulah berhati-hati dalam mengonsumsi obat. Ada beberapa jenis obat yang bisa membahayakan kondisi ginjal. Selalu baca kontraindikasi dari obat-obatan yang akan dikonsumsi untuk menghindari bertambah parahnya gagal ginjal kronis yang sedang diderita.

ads
  1. Atasi diabetes dengan baik

Selalu ada Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik. Hal ini dikarenakan penyakit jangka panjang seperti diabetes bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal kronis. Diabetes yang tidak ditangani dengan baik bisa menciptakan risiko parahnya gagal ginjal kronis yang sudah terjadi. Maka dari itu diabetes perlu ditangani dengan baik agar tidak mengganggu kinerja organ tubuh di dalam tubuh, termasuk ginjal.

  1. Hindari kalium, fosfor, protein, dan garam

Makanan yang mengandung kalium, fosfor, protein dan garam berlebihan bisa mengganggu kelancaran kinerja ginjal. Hal ini dikarenakan keempat nutrisi tersebut memiliki potensi terciptanya limbah yang lebih besar, sehingga dikhawatirkan bisa memperparah gagal ginjal kronis.

  1. Menjaga tekanan darah

Seseorang yang menderita hipertensi juga memiliki risiko yang besar untuk terserang gagal ginjal kronis. Maka dari itu, menjaga tekanan darah bisa menjadi salah satu cara mengatasi penyakit ginjal kronis yang perlu dilakukan untuk mencegah parahnya sakit ginjal.

  1. Tranfusi darah

Jika gagal ginjal kronis menunjukkan gejala anemia, maka bisa jadi dokter akan merekomendasikan penderitanya untuk melakukan tranfusi darah untuk mencegah gejala anemia yang bertambah parah dari hari ke hari.

  1. Mengonsumsi obat diuretik

Obat diuretik adalah obat yang memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya penumpukan limbah dan cairan di dalam tubuh. Obat ini direkomendasikan bagi penderita gagal ginjal kronis.

Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang disebabkan oleh aktivitas bakteri dari kandung kemih berpindah ke ginjal sehingga menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Infeksi ginjal juga menyebabkan Ciri ciri Ginjal Bengkak. Cara mengatasi penyakit ginjal jenis infeksi ginjal ini bisa dilakukan sebagai berikut.

  1. Tes urine

Tes urine dibutuhkan untuk mendiagnosis pasien. Dari tes urine tersebut dokter akan bisa melihat apa penyebab dari sakit ginjal tersebut, termasuk jika ada gejala dari infeksi ginjal.

  1. Antibiotik

Karena infeksi ginjal disebabkan oleh infeksi bakteri, maka antibiotik bisa diberikan kepada penderita untuk mengatasi infeksi yang ada. Penyakit infeksi ginjal dengan antibiotik ini biasanya membutuhkan waktu 2 minggu untuk bisa sembuh total.

  1. Obat pereda rasa sakit

Selain antibiotik, pemberian obat pereda rasa sakit juga bisa diberikan kepada pasien infeksi ginjal. Tujuannya untuk meredakan demam dan juga rasa sakit yang diderita akibat infeksi ginjal.

Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh terbentuknya batuan di dalam ginjal akibat penumpukan mineral dan garam yang berlebihan dan tidak disekresikan secara sempurna. Batu ginjal ini bisa berukuran kecil atau juga bisa berukuran besar. Batu ginjal bisa menghambat kinerja ginjal. Cara mengatasi penyakit ginjal jenis batu ginjal bisa dilakukan dengan:

Sponsors Link

  1. Pengangkatan batu ginjal

Pengangkatan atau penghancuran batu ginjal bisa dilakukan dengan beberapa teknik, di antaranya ureterorenoskopi, bedah terbuka, ASWL, dan PCNL.

  1. Mengonsumsi air putih yang cukup

Kebanyakan penyebab gagal ginjal adalah kurangnya mengonsumsi cairan yang cukup. Maka dari itu, penderita batu ginjal perlu mencukupi asupan air putih setiap hari. Sebaiknya konsumsilah lebih dari 2 liter air setiap hari untuk membantu menghancurkan batu ginjal secara alami.

  1. Mengonsumsi makanan berserat

Penyebab batu ginjal lainya adalah kurangnya mengonsumsi makanan berserat. Ada baiknya penderita batu ginjal mulai menata pola makan harian. Perbanyaklah konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah dan sayur agar gejala batu ginjal segera bisa dihilangkan.

  1. Hindari kafein

Kafein adalah salah satu Makanan yang Menyebabkan Batu Ginjal dan juga bisa memperburuk kondisi batu ginjal. Hal ini dikarenakan kafein memiliki asam fosfat yang cukup banyak sehingga bisa memicu perkembangan batu ginjal dalam tubuh. Maka dari itu hindari kafein.

  1. Batasi asupan garam dan protein

Garam dan protein merupakan senyawa yang bisa memperbesar potensi terciptanya batu ginjal. Garam dan protein perlu dibatasi atau sebaiknya dihindari terlebih dahulu selama masa pengobatan batu ginjal dilakukan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi penyakit ginjal sesuai jenis penyakitnya yang perlu diketahui agar pengobatan bisa dilakukan dengan tepat. Smeoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan