Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Orang Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah

Sponsors Link

Gagal ginjal kronis bisa dikatakan sebagai penyakit ginjal yang paling berat dan paling parah. Penyakit ini terjadi jika ginjal mengalami penurunan fungsi yang terus menerus hingga akhirnya ginjal rusak secara permanen dan harus digantikan dengan cara lain, misalnya cuci darah. Gagal ginjal memang menjadi penyebab cuci darah pada seseorang.

ads

Ini dia cara mengatasi orang gagal ginjal yang bisa dilakukan:

1. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu penyebab seseorang mengalami gagal ginjal. Rokok mengandung banyak racun sebagai komposisinya, yang sangat tidak baik untuk ginjal. Bukan hanya itu, organ tubuh lain juga akan menderita jika seseorang terlalu banyak merokok. Paru-paru adalah organ yang paling beresiko setelah ginjal. Masuknya racun dari rokok ke dalam tubuh memberatkan kerja ginjal dan meningkatkan resiko diabetes. Ingat bahwa hubungan diabetes dengan gagal ginjal kronik sangat erat.

2. Tidak minum minuman beralkohol

Selain rokok, alkohol juga membawa racun masuk ke dalam tubuh dan darah Anda. Alkohol mempunyai sifat yang keras sehingga kandungan yang di dalam minuman beralkohol tidak dapat disaring dengan mudah seperti zat lainnya. Ginjal harus berusaha ekstra keras agar racun di dalam alkohol dapat tersaring dan dibuang ke luar tubuh melalui urine. Jika Anda meminum minuman beralkohol secara berlebihan, Anda akan mengalami ginjal rusak secara permanen.

3. Menghindari minuman berenergi

Jenis minuman lain yang sama berbahayanya dengan alkohol adalah minuman berenergi. Minuman penyebab gagal ginjal ini harus dihindari, terutama untuk kaum pria yang suka mengonsumsinya. Minuman berenergi memang bisa membuat tubuh bertenaga, terhindar dari rasa kantuk dan lelah. Jika Anda harus bekerja hingga larut malam, biasanya minuman ini jadi pilihan pengusir rasa kantuk dan lelah.

Padahal komposisi minuman berenergi berbahaya untuk ginjal. Terlalu banyak bahan pengawet yang ada di dalamnya, sehingga jika ginjal harus menyaringnya terus menerus akan merusak sel-sel yang ada di dalamnya. Tidak lama Anda akan menemukan tanda tanda ginjal mulai rusak akibat minuman ini.

4. Tidak makan daging merah secara berlebihan

Inilah salah satu kebiasaan yang bisa merusak ginjal, yaitu suka makan daging merah secara berlebihan. Daging merah adalah daging tinggi protein yang berasal dari hewan berkaki empat. Cara mengatasi orang gagal ginjal yang paling efektif salah satunya adalah dengan menghindari daging ini. Boleh saja mengonsumsinya asal tidak berlebihan. Tingginya kandungan protein akan memberi beban tersendiri bagi ginjal untuk menyaringnya agar tidak sampai lepas ke urine. Adanya protein dalam urine adalah tanda tanda ginjal rusak yang pertama, biasanya jika urine berbusa.

5. Makan makanan pencuci ginjal

Jika ada pantangan makanan penderita ginjal yang harus dihindari seperti daging merah, maka ada pula makanan sehat yang membantu meringankan kerja ginjal. Makanan ini antara lain adalah sayuran berwarna hijau, buah berry, bawang putih, apel, kunyit, jahe, dan lain sebagainya. Makanan pencuci ginjal akan membantu meringkankan kerja ginjal dengan cara mencuci ginjal secara alami. Makanan pencuci ginjal juga baik dikonsumsi sebagai cara merawat ginjal agar tetap sehat yang bisa dilakukan sehari-hari.

Sponsors Link

6. Olahraga secara rutin

Kunci dari hidup sehat adalah dengan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga, metabolisme tubuh akan berjalan dengan baik. Selain itu manfaat lain dari olahraga adalah mampu mergenerasi sel-sel di dalam tubuh sehingga tubuh akan tetap sehat. Olahraga termasuk ke dalam gaya hidup sehat yang harus dilakukan setiap orang, bukan hanya mereka yang terkena gagal ginjal saja. Olahraga ringan juga disarankan sebagai cara hidup sehat dengan satu ginjal.

7. Minum air putih yang cukup

Obat utama dari semua obat adalah air putih. Pastikan tubuh Anda menerima asupan air putih yang cukup setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi. Bukan hanya ginjal saja, kesehatan organ tubuh secara umum akan terganggu akibat dehidrasi. Air putih secara alami akan mendetoksifikasi tubuh Anda, mengeluarkan semua racun di dalam tubuh termasuk di dalam ginjal dan menjaga organ tubuh tetap bersih dan sehat.

Sponsors Link

8. Menghindari minuman bersoda

Setelah minuman alkohol dan minuman energi, minuman bersoda harus dihindari sebagai cara mengatasi gagal ginjal yang tepat. Minuman ini memang menyegarkan, terlebih jika diminum saat udara sedang panas. Namun jika Anda terus melakukan kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal ini, maka kesehatan Anda taruhannya. Bahaya minuman bersoda bagi ginjal sangat besar, karena minuman ini adalah penyebab ginjal rusak secara permanen.

9. Tidak membeli obat sembarangan

Membeli dan meminum obat tentu saja harus atas anjuran dokter. Dokter tahu dosis dan komposisi obat yang tepat dan tidak berbahaya bagi tubuh. Tapi terkadang seseorang lebih memilih jalan pintas yang praktis, membeli obat yang dijual bebas di warung atau toko terdekat. Padahal Anda tidak tahu kandungan yang ada di dalamnya berbahaya atau tidak bagi kesehatan tubuh jangka panjang.

10. Membatasi konsumsi protein

Sumber protein yang harus dihindari antara lain adalah daging merah, telur ayam, dan ikan laut. Konsumsi makanan ini secukupnya dan tidak berlebihan.

Itulah cara mengatasi orang gagal ginjal yang bisa dilakukan sebelum terlambat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ginjal Anda, ya!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup