Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Kandung Kemih yang Lemah secara Medis

Sponsors Link

Anatomi Kandung Kemih adalah organ di saluran kemih yang bertugas untuk menampung sementara urine sebelum dikeluarkan dari tubuh. Sebagai organ yang bertugas untuk menampung urine, otot kandung kemih haruslah kuat. Tujuannya agar frekuensi buang air kecil normal tetap terjaga dan proses berkemih tidak terganggu. Akan tetapi, mungkin ada beberapa orang yang mengalami Ciri Ciri Kandung Kemih Bermasalah salah satunya kandung kemih lemah sehingga frekuensi maupun proses berkemihnya terganggu. Misalnya muncul gejala kebocoran urine (inkontinensia) atau kandung kemih cepat penuh. Berikut beberpa cara mengatasi kandung kemih yang lemah yang bisa dilakukan.

ads
  1. Latihan kegel

Latihan kegel atau yang sering disebut sebagai senam kegel tidak hanya bermanfaat bagi ibu pasca persalinan atau senam ibu hamil saja. Senam kegel juga bermanfaat untuk melatih otot kandung kemih agar bisa menjadi lebih kuat. Latihan kegel bisa membantu melatih seseorang agar bisa menahan air kencing secara lebih lama. Bisa juga membantu mengatasi Sering Kencing pada Lansia. Lakukan saja senam kegel ini selama 5 detik, lalu rileks kembali. Ulangi beberapa kali dalam satu hari. Senam ini dapat dilakukan sembari melakukan apapun, sehingga tidak membuang waktu dan tenaga.

  1. Menurunkan berat badan

Salah satu hal yang mungkin sering dilupakan oleh orang-orang yang mengalami kandung kemih lemah adalah berat badan. Berat badan memang perlu untuk dijaga agar selalu ideal sebagai salah satu cara mengatasi kandung kemih yang lemah. Mengapa hal itu penting? Karena berat badan yang berlebihan juga bisa menambah tekanan pada kandung kemih, sehingga seseorang yang kandung kemihnya lemah, menjadi semakin tersiksa karena gejalanya menjadi semakin parah.

Selain itu, ada sebuah studi yang mengatakan bahwa wanita dengan kandung kemih lemah (sekitar 75%) akan mengalami penurunan gejala setelah ketilangan 5 – 10% dari gerat badannya.

  1. Menghindari obat dengan efek samping sering buang air kecil

Salah satu cara mengatasi kandung kemih yang lemah adalah dengan menghindari jenis obat-obatan yang dapat menambah gejala kandung kemih lemah. Ada beberapa jenis obat yang memang memicu buang air kecil secara lebih sering, seperti beberapa jenis antihistamin, antidepresan, atau obat untuk menjaga tekanan darah. Jika Anda memang perlu mengonsumsi obat-obatan tersebut, ada baiknya menanyakan dulu ke dokter.

  1. Melatih kandung kemih

Selain latihan kegel, ada satu Cara Mengencangkan Otot Kandung Kemih lain yang bisa dilakukan. Yaitu dengan mencoba menahan air kencing selama beberapa menit setelah muncul rasa ingin buang air kecil. Latihan sederhana ini akan membantu memperkuat otot kandung kemih. Akan tetapi, ingat juga bahwa ada bahaya menahan kencing terlalu lama yang perlu dihindari. Sebaiknya menahan air kencing hanya dilakukan selama beberapa menit saja.

  1. Mengonsumsi obat khusus

Cara mengatasi kandung kemih yang lemah selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan khusus. Jika Anda menderita kandung kemih lemah, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan resep obat yang bisa membantu Anda dalam mengontrol frekuensi buang air kecil. Obat tersebut akan bekerja dengan cara membantu kandung kemih untuk terhindar dari kontraksi yang berlebihan, sehingga interval waktu untuk menahan urine bisa menjadi lebih panjang.

Sponsors Link

  1. Stimulasi listrik

Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi kandung kemih lemah yang sudah cukup parah adalah dengan menanam beberapa perangkat di tubuh. Tujuannya adalah untuk merangsang saraf yang menghubungkan dasar panggul dengan kandung kemih. Terapi ini dilakukan dengan tegangan listrik tertentu. Tujuannya adalah memperkuat otot panggul dan bisa membantu mengurangi gejala Kandung Kemih Hiperaktif.

Sponsors Link

  1. Operasi

Beberapa orang dengan gangguan kandung kemih lemah mungkin juga akan direkomendaiskan untuk menjalani pembedahan atau operasi. Operasi ini dilakukan untuk membantu menyembuhkan kandung kemih lemah secara lebih optimal. Mekanismenya adalah dengan memasukkan sling pendek ke dalam tubuh. Tujuannya adalah untuk membantu menutup uretra. Namun kebanyakan operasi direkomendasikan jika beberapa cara di atas tidak sanggup mengatasi masalah kandung kemih lemah ini.

  1. Mengatur frekuensi minum air putih

Cara lainnya untuk membantu mengatasi gejala kandung kemih lemah adalah dengan mengatur frekuensi dan volume minum air dalam satu hari. Misalnya dengan mengurangi minum air putih di malam hari menjelang tidur. Tujuannya adalah agar tidur bisa lebih berkualitas karena tidak terbangun akibat rasa buang air kecil mendesak di malam hari.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kandung kemih yang lemah yang perlu diketahui. Segera hubungi dokter Anda jika permasalahan ini terjadi kepada Anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan