Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Ginjal Bengkak dengan Cepat dan Aman

Sponsors Link

Sebagai organ yang penting dan berharga untuk tubuh, ginjal harus dijaga kesehatannya agar tetap bisa berfungsi dengan semestinya. Ironisnya, ginjal termasuk bagian yang mudah terserang penyakit. Ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang ginjal, salah satunya adalah ginjal bengkak atau hidronefrosis. Setiap orang bisa terkena penyakit ginjal bengkak karena penyebab ginjal bengkak atau penyebab hidronefrosis ada banyak hal, salah satunya jika seseorang terkena penyakit uremia atau mengalami gangguan buang air kecil.

ads

Cara mengatasi ginjal bengkak tidak hanya dengan cara medis saja, tetapi juga bisa dibantu dengan bahan alami yang aman. Berikut ini cara mengatasi ginjal bengkak dengan tanaman herbal yang mudah didapat:

1. Memakan Buah Delima

Buah berwarna merah ini telah terbukti menurunkan resiko infeksi ginjal dan saluran kemih serta menekan terjadinya gangguan ginjal yang lebih parah. Buah ini ternyata kaya akan kandungan anti oksidan, yang baik untuk kesehatan ginjal dan jantung. Menurut penelitian, mengonsumsi buah delima bisa mencegah penderita ginjal untuk mengalami komplikasi.

Anda bisa membuat jus dari buah delima atau memakannya langsung sesuai selera. Buah delima termasuk ke dalam makanan untuk ginjal bengkak yang baik jika dikonsumsi secara rutin.

2. Meminum Ramuan Daun Kumis Kucing

Anda pasti sudah tidak asing dengan tanaman obat ginjal yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit ginjal termasuk ginjal bengkak. Salah satu tanaman tersebut adalah kumis kucing yang memiliki kandungan anti oksidan dan anti inflamasi alami. Ginjal bengkak jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih parah, seperti menyebabkan infeksi ginjal atau radang ginjal.

Rebus daun kumis kucing dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hingga airnya hanya tersisa 1 gelas saja. Saring airnya lalu minum setiap pagi setelah bangun tidur. Tidak hanya mengatasi ginjal bengkak, daun kumis kucing akan mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah lagi.

3. Meminum Ramuan Daun Sukun

Tahukah Anda cara mengobati ginjal dengan daun sukun sudah diketahui dan dilakukan oleh banyak orang? Daun sukun terbukti ampuh untuk mengobati berbagai penyakit ginjal, termasuk gagal ginjal dan ginjal bengkak. Daun sukun bisa mengurangi penyumbatan pada saluran kemih akibat batu ginjal atau penyempitan saluran ureter yang menyebabkan urine berkumpul di dalam ginjal dan menyebabkan pembengkakan.

Membuat ramuan dari daun sukun sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan daun sukun secukupnya, lalu rebus dengan air hingga mendidih. Agar khasiat daun sukun terserap oleh air, rebus daun sukun hingga airnya hanya tersisa 1/3 saja. Meminum ramuan daun sukun secara rutin dapat menyembuhkan ginjal bengkak dan mencegah penyakit ginjal lainnya.

4. Meminum Ramuan Alang Alang

Ada banyak manfaat alang alang untuk ginjal yang wajib Anda ketahui. Antara lain meredakan infeksi di dalam saluran kemih, yang bisa menjadi salah satu penyebab ginjal bengkak; sebagai diuretik alami yang bisa melancarkan pembuangan urine dari dalam tubuh; mengatasi radang ginjal; dan mencegah gagal ginjal kronis. Akar alang alang juga membantu melarutkan batu ginjal dengan cepat dan aman.

Sponsors Link

Ambil akar alang alang secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air lalu biarkan hingga air hanya tersisa 1/3 bagian saja. Saring air rebusan akar alang alang lalu minumkan pada penderita ginjal bengkak secara rutin setiap pagi. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi Anda secara berkala ke dokter, agar Anda bisa memastikan ada perubahan pada penyakit ginjal bengkak yang sedang diderita.

5. Meminum Air Rebusan Daun Seledri

Salah satu manfaat seledri untuk ginjal adalah sebagai cara membersihkan ginjal dengan seledri secara alami. Khasiat daun seledri untuk kesehatan ginjal, termasuk untuk mengobati ginjal bengkak memang sudah diketahui banyak orang. Oleh karena itu meminum air rebusan seledri banyak dipilih untuk mengobati penyakit ginjal secara tradisional disamping perawatan medis yang tetap berjalan.

Minum air rebusan seledri secara rutin setiap pagi untuk mengobati ginjal bengkak dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit akibat ginjal yang bengkak.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Ginjal Bengkak dengan Bahan Herbal Lainnya

Selain kelima bahan herbal di atas, masih ada banyak bahan herbal dan tumbuhan yang bisa dijadikan cara mengatasi ginjal bengkak yang ampuh. Berikut beberapa jenis tumbuhan dan tanaman obat yang bisa diolah sebagai obat ginjal yang bengkak yang berkhasiat:

  1. Memakan buah mengkudu.
  2. Memakan buah ciplukan.
  3. Meminum air rebusan daun meniran.
  4. Memakan daun kemangi.
  5. Meminum air rebusan daun alpukat.
  6. Meminum air rebusan rambut jagung.
  7. Meminum jus lobak.
  8. Meminum ramuan air rebusan daun sirih merah.
  9. Meminum air rebusan daun kelor.
  10. Meminum ramuan daun keji beling.

Nah, sekarang Anda pasti sudah paham kan tentang apa saja cara mengatasi ginjal bengkak dengan bahan alami di atas? Penyakit ginjal bengkak bisa menyerang siapa saja, terutama mereka yang sudah terkena penyakit batu ginjal. Batu ginjal yang parah tidak hanya menyebabkan ginjal bengkak saja, tetapi juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami gagal ginjal. Jika gagal ginjal kronis sudah menyerang, penyembuhan ginjal akan semakin sulit dan Anda akan menderita ginjal rusak secara permanen.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal