Sponsors Link

30 Cara Mengatasi Gejala Ginjal Secara Alami Secara Efektif

Sponsors Link

Semua orang pasti menginginkan ginjal yang sehat. Tidak ada satu pun orang yang ingin hidup dengan sakit-sakitan, termasuk mengalami penyakit ginjal yang serius hingga mengancam keberlangsungan hidupnya. Oleh karena itu gejala ginjal yang menandakan masalah pada ginjal juga tidak bisa dibiarkan begitu saja. Gejala-gejala tersebut bisa jadi menunjukkan ada masalah di dalam ginjal dan kita tidak mengetahuinya. Oleh karena itu mengetahui bagaimana cara mengatasi gejala ginjal secara alami secara tidak langsung akan membantu tubuh kita untuk sehat kembali seperti sedia kala.

ads

Ada banyak penyakit ginjal yang dapat menimbulkan gejala-gejala tertentu di tubuh kita. Semua gejala tersebut kadang kala tidak langsung terlihat berbahaya, bahkan mungkin tidak kita sadari. Penyakit ginjal seperti gagal ginjal, ginjal bengkak, dan lain sebagainya, sering kali mengirimkan gejala-gejala seperti sakit pinggang, nyeri saat buang air kecil, dan lain sebagainya. Apabila kamu mengalami hal tersebut, jangan sampai meremehkannya ya.

Apabila kamu khawatir keluar biaya yang besar untuk mengobati gejala-gejala penyakit ginjal tersebut, maka berikut kami bantu mencari cara mengatasi gejala ginjal secara alami. Apa saja? Simak di bawah ini ya.

Baca juga:

1. Berhenti merokok

Rokok memang bukanlah faktor utama penyebab munculnya berbagai masalah ginjal seperti gagal ginjal, namun kandungan dalam rokok mampu membuat fungsi ginjal kita melemah. Sehingga untuk kamu yang merokok, cobalah untuk mengurangi konsumsi rokok sebagai salah satu cara alami untuk membantu mengatasi masalah ginjal. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

2. Menurunkan berat badan

Punya badan yang cukup gemuk bukanlah suatu masalah. Akan tetapi apabila berat badanmu sudah mendekati overweight, bahkan obesitas, maka tidak ada salahnya bagimu untuk mulai berusaha menurunkan berat badanmu.

Masalah kelebihan lemak seperti obesitas berpotensi membuat organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik dikarenakan adanya penumpukan lemak. Hal ini bisa mengakibatkan gagal ginjal, kanker bahkan kematian. Oleh karena itu, menurunkan berat badan sangat dianjurkan. Dengan demikian secara alamiah gejala ginjal pun juga akan dapat kamu hindari. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

3. Menghindari minuman bersoda

Minuman bersoda pada umumnya mengandung pengawet dan bahan kimia yang dapat merusak ginjalmu apabila diminum secara terus menerus. Banyak terjadi kasus infeksi ginjal dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda yang akhirnya mengakibatkan gagal ginjal kronis. Jangan dianggap remeh ya, karena minuman bersoda sangat sering kita jumpai, sampai kadang kita tidak sadar bahwa minuman ini begitu berbahaya. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Sponsors Link

4. Banyak minum air putih

Kandungan air yang cukup di dalam tubuh akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, jumlah air yang cukup dapat membantu ginjal untuk bekerja dengan maksimal. Dengan demikian kamu akan mengurangi banyak masalah ginjal apabila kamu menjaga agar ketersediaan air di dalam tubuhmu berada pada level yang cukup. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

Cobalah untuk minum sebanyak kurang lebih enam sampai delapan gelas air per hari. Dengan begitu tubuhmu pasti akan terjaga dengan baik.

5. Tidak menahan buang air kecil

Di dalam tubuh kita, terdapat organ yang bernama kandung kemih. Kandung kemih berfungsi untuk menampung segala cairan limbah, kotoran serta racun hasil dari penyaringan darah yang dilakukan oleh ginjal, dan cairan ini harus segera dibuang. Oleh karena itu ketika kandung kemih sudah penuh, jangan berusaha menahan untuk membuangnya. Misalnya apabila sudah terasa kamu harus kencing, segeralah kencing. Oleh karena jika kandung kemih terlalu penuh, maka ini akan mengganggu proses filtrasi yang dilakukan oleh ginjal, akhirnya ginjal tidak dapat bekerja secara optimal.

ads

6. Mengurangi konsumsi protein hewani

Kandungan protein yang terlalu banyak, khususnya protein hewani akan membebani ginjal karena beban metabolisme yang tinggi. Hal tersebut pada akhirnya akan memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras untuk mengurangi beban tersebut. Ginjal yang dipaksa bekerja terlalu keras bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu sebaiknya kamu mengurangi konsumsi protein hewani.

7. Mengurangi konsumsi teh dan kopi

Kafein dalam teh dan kopi dapat membuat tekanan darah mudah naik. Hal ini mengakibatkan ginjal mendapat tekanan atau beban kerja yang lebih tinggi. Jika konsumsi teh dan kopi terlalu banyak maka hal tersebut dapat melukai ginjalmu, oleh karena itu sebaiknya kurangilah konsumsi teh dan kopi.

Baca juga:

8. Mengurangi konsumsi garam

Konsumsi garam yang terlalu banyak akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Efeknya sama dengan apabila kamu mengonsumsi banyak kafein, yaitu kinerja ginjal juga akan lebih berat. Tidak hanya ginjal saja yang akan bermasalah apabila kamu mengonsumsi banyak garam, organ yang lain pun juga akan kena getahnya apabila kamu sampai hipertensi. Namun natrium dalam garam tetap dibutuhkan oleh tubuh, sehingga kamu perlu menguranginya saja, tidak perlu sampai berhenti mengonsumsi.

9. Istirahat malam dengan cukup

Proses perbaikan jaringan tubuh yang rusak, terjadi pada malam hari di saat kita sedang beristirahat. Jika kita mampu mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas, tentunya akan dapat membantu proses perbaikan jaringan tubuh yang rusak. Hal ini bagus untuk merawat ginjalmu dan organ tubuh selainnya.

10. Mengurangi konsumsi obat pereda rasa sakit

Penderita gangguan ginjal biasanya suka mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti acetaminophen, ibuprofen, naproxen serta aspirin. Ternyata mengonsumsi obat tersebut terlalu banyak bisa meningkatkan risiko kanker ginjal. Oleh karena itu sebaiknya kamu tidak terlalu bergantung dengan obat – obat tersebut.

Baca juga:

Sponsors Link

11. Mengonsumsi salmon

Ikan salmon adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk tubuh kita. Makanan ini mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh karena mengandung omega-3. Hal ini baik untuk membantu penderita obesitas untuk melawan pemicu gagal ginjal.

12. Mengonsumsi kubis

Sayuran yang satu ini memiliki kandungan senyawa-senyawa fitokimia yang tinggi lo. Kandungan fitokimia yang tinggi ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas sehingga kerusakan organ dapat dicegah, juga baik untuk merawat ginjal dan kesehatan jantung.

13. Mengonsumsi bunga kol

Kandungan vitamin C, serat dan folat yang tinggi dalam bunga kol dapat merawat ginjal dengan baik. Kamu bisa mengonsumsinya dengan direbus atau dikukus Kemudian ditambah dengan rempah – rempah seperti bumbu kari, kunyit dan lada yang aman untuk tubuh. Dengan mengonsumsi secara teratur, dalam batasan yang wajar, kamu dapat menyelamatkan ginjalmu dari berbagai masalah.

14. Mengonsumsi apel

Buah apel adalah buah yang mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Apel yang kita konsumsi bersama kulitnya setiap hari ternyata dapat merawat kondisi ginjal yang bermasalah. Jika kamu tidak suka memakannya secara langsung, kamu bisa coba dengan membuat jus, dipanggang atau direbus.

15. Mengonsumsi minyak zaitun

Adanya antioksidan dan polifenol yang terkandung di dalam minyak zaitun mampu mencegah peradangan dan gangguan pada ginjal. Kamu cukup menggunakan 1 sendok makan minyak zaitun untuk mendapat manfaat dari kandungannya.

Selain cara diatas, kamu juga bisa menggunakan cara – cara di bawah ini agar bisa mengatasi berbagai gejala masalah ginjal yang muncul di dalam tubuhmu.

  1. Meminum air rebusan daun sirsak
  2. Meminum air rebusan daun keji beling
  3. Meminum air rebusan daun binahong
  4. Mengonsumsi madu mahkota dewa, teh racik mahkota dewa, diimbangi dengan teh racik temulawak dan teh racik alang – alang
  5. Meminum air rebusan daun sukun
  6. Mengonsumsi ramuan bawang putih, jeruk nipis dan bawang bombai
  7. Mengonsumsi ramuan rambut jagung, alang – alang dan kumis kucing
  8. Mengonsumsi ramuan kaktus ekor tikus, bunga paruh burung, daun mahkota dewa dan daun penahong
  9. Mengonsumsi ginseng asia
  10. Mengonsumsi daun peterseli
  11. Menghindari minuman beralkohol
  12. Mengonsumsi ramuan daun dadap, daun cocor bebek dan kunyit
  13. Mengonsumsi air rebusan daun gempur batu, daun kembang buang dan semanggi hitam
  14. Mengonsumsi air rebusan daun alpukat
  15. Mengonsumsi buah manggis

Itulah beberapa cara mengatasi gejala ginjal secara alami yang dapat kamu lakukan dengan mandiri baik di rumah, di tempat kos, saat istirahat, atau kapan pun dan di mana pun kamu berada. Walaupun konsumsi bahan-bahan atau makanan-makanan di atas cenderung aman untuk tubuh orang yang sehat, tidak ada salahnya bagimu untuk waspada dengan cara berkonsultasi dengan dokter terpercaya untuk memutuskan makanan atau ramuan apa yang akan kamu konsumsi untuk merawat ginjal kesayanganmu. Apa pun caranya, selamat merawat ginjalmu!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips