Sponsors Link

7 Cara Mencegah Penyakit Infeksi Ginjal yang Perlu Dilakukan

Sponsors Link

Salah satu penyakit ginjal yang bisa terjadi adalah infeksi ginjal. Infeksi ginjal itu sendiri sebenarnya adalah bagian dari Penyakit Infeksi Saluran Kemih namun yang menyerang saluran kemih atas, yaitu ginjal. Penyebabnya adalah infeksi bakteri E. coli yang berasal dari kotoran manusia di saluran pencernaan.

ads

Tentunya penyakit ini bisa dicegah, terutama bagi wanita karena infeksi ginjal lebih rentan terserang infeksi. Berikut beberapa cara mencegah penyakit infeksi ginjal yang bisa dilakukan.

  1. Menjaga kebersihan organ intim

Cara pertama yang perlu dilakukan agar terhindari dari infeksi ginjal dan saluran kemih adalah dengan menjaga kebersihan organ intim. Hal ini dikarenakan kebanyakan kasus infeksi ginjal atau infeksi saluran kemih terjadi karena kebiasaan buruk kurang bisa menjaga kebersihan organ intim. Kebersihan organ intim yang tidak terjaga bisa menjadi area yang mudah untuk bakteri berkembang biak. Jika bakteri juga masuk ke uretra, maka bakteri bisa naik hingga ke ginjal dan menginfeksi di sana.

  1. Mencuci organ intim dengan cara yang benar

Cara mencegah penyakit Infeksi Ginjal dan Saluran Kemih berikutnya adalah membersihkan organ intim dengan cara yang benar. Hal ini perlu dilakukan karena jika cara membersihkan organ intim tidak benar, bakteri dari kotoran bisa masuk ke dalam saluran kemih sehingga bakteri bisa menginfeksi ginjal. Cara membersihkan organ intim yang benar adalah membersihkan bagian depan terlebih dahulu baru membersihkan bagian belakang. Tujuannya agar bakteri tidak berpindah ke depan.

  1. Menghindari seks bebas

Salah satu penyebab Infeksi Ginjal juga adalah seks bebas. Seks bebas bisa meningkatkan risiko infeksi ginjal sehingga hal ini memang perlu dihindari. Selain itu seks bebas juga bisa meningkatkan berbagai penyakit lainnya.

  1. Hindari menggunakan kateter

Cara mencegah penyakit infeksi ginjal berikutnya adalah hindari menggunakan kateter. Kateter biasanya digunakan saat sedang dalam kondisi sakit tertentu. Penggunaan kateter ternyata bisa meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan ginjal. Jika memang penggunaan kateter harus dilakukan, sebaiknya kateter diganti sesering mungkin.

  1. Mencukupi asupan minum setiap hari

Minum air putih memang sangat bermanfaat. Selain bisa mencegah dehidrasi, mengonsumsi air putih secara cukup setiap hari bisa mencegah infeksi saluran kemih dan juga infeksi ginjal. Dengan mengonsumsi air yang cukup, aliran urine akan lancar dan hal ini bisa mencegah berkembangnya bakteri di saluran kemih dan ginjal.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat bisa mencegah berbagai penyakit termasuk infeksi yang menyerang tubuh. Sehingga agar terhindar dari segala infeksi, kekebalan tubuh memang perlu untuk ditingkatkan.

  1. Tidak menahan kencing

Salah satu Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama adalah bisa meningkatkan risiko perkembangbiakan bakteri di saluran kemih. Selain itu bisa juga meningkatkan risiko batu ginjal dan batu saluran kemih. Sehingga hindari kebiasaan buruk tersebut.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara mencegah penyakit infeksi ginjal yang perlu diketahui. Walau Infeksi Ginjal Bisa Sembuh Total dengan pengobatan yang tepat, namun pencegahan terhadapnya tetap perlu dilakukan agar tidak sampai terserang. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips