Sponsors Link

7 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Infeksi saluran kemih merupakan salah satu jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kemih pada umumnya adalah bakteri E. coli dari saluran pencernaan yang berhasil berpindah ke saluran kemih. Infeksi saluran kemih lebih rentan terjadi pada wanita. Bahaya Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati bisa menyebabkan berbagai masalah pada saluran kemih dan ginjal.

ads

Mengingat hal tersebut, tentunya infeksi saluran kemih perlu dicegah agar tidak sampai terjadi kepada Anda, khususnya wanita. Berikut beberapa cara mencegah infeksi saluran kemih agar infeksi tersebut tidak sampai terjadi kepada Anda.

  1. Cukupi air putih

Air putih adalah cairan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Air putih yang cukup setiap harinya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk organ-organ di saluran kemih. Jika asupan cairan cukup, maka urine bisa dikeluarkan secara normal setiap harinya. Dan hal ini akan meminimalisir risiko infeksi saluran kemih.

  1. Hindari menahan buang air kecil

Kebiasaan buruk suka menahan buang air kecil perlu untuk segera dihentikan. Bahaya menahan buang air kecil terlalu lama bisa meningkatkan risiko Penyakit Infeksi Saluran Kemih karena urine yang ditahan di dalam kandung kemih terlalu lama bisa menjadi ruang yang baik bagi bakteri untuk berkembang biak.

  1. Basuh area intim dari depan ke belakang

Kesalahan dalam buang air kecil pun bisa menyebabkan infeksi. Sehingga salah satu cara mencegah infeksi saluran kemih adalah buang air kecil dengan cara yang benar. Anda diperkenankan untuk membasuh bagian depan dulu (uretra), baru kemudian membasuh bagian belakang (anus). Tujuannya adalah agar bakteri dari belakang tidak berpindah ke depan dan menginfeksi di sana.

  1. Jaga area intim tetap bersih dan kering

Area intim juga perlu dijaga agar tetap bersih dan kering setiap harinya. Karena area yang lembab dan kotor akan baik untuk perkembangan bakteri yang bisa jadi akan menyebabkan infeksi di saluran kemih.

  1. Gunakan pakaian longgar

Sebaiknya Anda memilih pakaian yang longgar. Pakaian yang ketat akan meningkatkan risiko iritasi, dan juga bisa membuat tubuh menjadi lebih lembab. Sehingga area intim juga bisa menjadi lebih lembab dan menjadi area untuk berkembangnya bakteri. Jika bakteri mudah berkembang, maka kemungkinan besar bakteri penyebab infeksi saluran kemih juga bisa berkembang dengan mudah di sana.

Sponsors Link

  1. Hindari penggunaan sabun pembersih area intim

Penggunaan sabun untuk area intim juga perlu dihindari karena sabun pembersih untuk area intim bisa menyebabkan iritasi. Jika terjadi iritasi di area intim, risiko infeksi pada saluran kemih dan Penyakit Sistem Kemih lainnya juga meningkat.

  1. Menjaga kebersihan sebelum dan setelah berhubungan

Infeksi saluran kemih juga bisa terjadi jika area intim tidak dijaga kebersihannya sebelum dan setelah berhubungan. Sehingga sebaiknya bersihkan area intim dengan baik sebelum dan setelah berhubungan.

Demikianlah beberapa cara mencegah infeksi saluran kemih yang bisa dilakukan untuk meminimaliair risiko terserang infeksi saluran kemih. Ketahui juga Tanda Tanda Infeksi Saluran Kemih. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips