Sponsors Link

8 Cara Mencegah Gagal Ginjal Akut yang Benar

Sponsors Link

Masalah – masalah gangguan kesehatan memang menjadi masalah utama setiap manusia. Bebearapa masalah gangguan kesehatan diantaranya yitu masalah kesehatan kulit , masalah kesehatan organ dalam dan lain sebagainya Salah satu masalah kesehatan yang perlu kita waspadai yaitu masalah kesehatan organ dalam , salah satunya masalah gangguan ginjal.

ads

Masalah gangguan ginjal memiliki beberapa jenis diantaranya adalah batu ginjal merupakan penyakit kambuhan , penyakit infeksi ginjal , hubungan gagal ginjal dengan diabetes dan gagal ginjal akut. Semua penyakit ginjal tersebut dapat dicegah dengan melakukan kebiasaan baik , ada beberapa cara mencegah kondisi gagal ginjal akut , berikut penjelasannya .

Cara Mencegah Gagal Ginjal Akut

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk mencegah gagal ginjal akut , kita juga perlu memahami kondisi dari gagal ginjal akut tersebut.

Gagal ginjal Akut merupakan suatu kondisi gangguan ginjal yang rusak secara mendadak , sehingga fungsi ginjal pun tidak berjalan. Biasanya gagal ginjal akut ini terjadi apabila tiba – tiba ginjal tidak bisa menyaring limbah kimiawi dari darah yang akan mengakibatkan tertumpuknya limbah tersebut. Gagal ginjal akut ini biasanya dampak dari adanya komplikasi penyakit lainnya , serta biasanya menyerang orang tua.

Ciri ciri gagal ginjal akut biasanya ditandai dengan gejala antara lain berkurangnya produksi urine, mual dan muntah , nafsu makan berkurang , bau napas menjadi tidak sedap , sesak, tingginya tekanan darah , mudah lelah, penumpukan cairan dalam tubuh, penurunan kesadaran , dehidrasi , kejang, tremor dan yang terakir adala nyeri pada punggung di bawah tulang rusuk. Untuk mencegah agar kita tidak mengalami kondisi gagal ginjal akut maka kita dapat mencegahnya dengan cara sebagai berikut :

1. Mengkonsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air puti memang sangat penting ,karena air putih sangat berkontribusi banyak untuk keseatan tubuh seseorang. Air putih dapat membantu tibuh untuk melakukan metabolisme tubuh , dimana melibatkan organ-organ dalam kita . Selain itu mengkonsumsi air puti yang cukup akan menjaga kesehatan organ dalam , meningkatkan imunitas , menjaga kesehatan pencernaan , menjagaga aliran darah di dalam tubuh , menghindari atau menjauhkan kita dari dehidrasi. Cara menjaga kesehatan kandung kemih  salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi air putih,

2. Hindari Penggunaan Obat obatan yang bersifat Toksik

Selanjutnya yaitu kita saat sedang sakit terutama sakit ginjal , perhatikan obat tersebut bersifat toksik atau tidak . Maksuud dari toksik yaitu bersifat racun untuk ginjal  Ada beberapa obat-obatan yang jika dikonsumsi bersifat toksik untuk ginjal. Apabila kita mengkonsui obat yang mengandung toksik tersebut akan berdampak pada kesehatan ginjal ,lama kelamaan ginnjal akan menjadi rusak . Menu makanan untuk sakit ginjal juga perlu kita tahu dan di kita konsumsi  Karena selain mengkonsumsi air , mengkonsumsi makanan yang sehat pun juga daat meningkatkan taraf sesehatan seseorang.

Sponsors Link

3. Hindari Konsumsi Alkohol

Salah satu makanan yang dihindari penderita batu ginjal dan penyakit ginjal lainnya khususnya gagal ginjal akut yaitu menghindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Alkohol mempunyai zat yang dapat merusak ginjal , selain merusak ginjal dampak dari mengkonsumsi alkohol sendiri yaitu dapat mengakibatkan masalah kesehatan lainnya. Alkohol merupakan salah satu faktor utama yang dapat mengundang berbagai macam penyakit. Masalah gagal ginjal usia muda biasanya tak lain karena pemuda tersebut penggua alkohol aktif.

ads

4. Hindari Mengkonsumsi Minuman Berkafein

Selain alkohol , ternyata mnuman yang mengandung kafein pun juga  dapat mengakibatkan beberapa masalah ginja;  Kafein apaila dikonsumsi seara terus menerus akan dapat merusak ginjal , sehingga ginjal tidak dapat berfungsi menjalankan tugasnya . Beberapa tugas ginjal didalam tubu antara lain yaitu menyaring darah , menjaga konsentrasi airdidalam tubuh , membantu proses metabolisme, menjaga ph tubuh , mejaga kandungan elektrolit dan non elektroit di dalam tubuh. Faktor resiko penyakit ginjal kronis salah satunya yaitu seseorang yang mengkonsumsi kafein secara terus menerus.

5. Melakukan Tes Darah dan Cek Urine Secara Rutin

Untuk mencegah terjadinya gagal ginjal akut yaitu kita dapat melakukan pencegahan gagal ginjal akut dengan cara rutin melakukan tes darah dan tes urine , karena dari melakukan dua hal tersebut secara rutin Maka kita dapat memngontrol kesehatan ginjal kita. Tes ini biasanya dlakkan di laboratorium oleh petugas medis. Ciri ciri gagal ginjal pada anak juga dapat dilihat dari hasil tes urine dan darah yang dilakukan.

6. Melakukan Olah Raga Teratur

Hal atau kebiasaan selanjutya yang dapat mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal akut yaitu dengan melakukan oleh raga secra teratur. Olah raga biasanya dilakukan minimal 2 kali sekali maksimal 150 menit dalam seminggu. Jenis olahraga yang dapat kita lakukan contohnya adalah jalan kaki , lari , bersepeda berenang dan sebagainya. Olah raga merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat menjaga kesehatan kita. Cara menjaga kesehatan kandung kemih dan beberapa masalah ginjal dapat dengan melakukan olahraga yang teratur.

7. Istirahat Yang Cukup

Kapasitas istirahat seseorang juga memnentukan taraf kesehatannya , dimana apabila seseorang memiliki istirahat yang cukup maka taraf kesehatannya baik Mengapa demikian , karena pada dasarnya saat kita istirahat , tubuh melakukan recovery pada sel-sel yang rusak. Recovery merupakan masa pemulihan pada seseorang. Recovery ini sangat dibutuhkan dan sangat penting untuk setiap orang. Selain itu recovery juga dapat berdampak positif menyehatkan orga organ didalam tubuh manusia. Cara mencegah dan mengatasi gagal ginjal salah satunya yaitu dengan melakukan kebiasaan baik dimana istirahat seseorang harus terpenuhi.

8. Menjaga Pola Makan

Kita perlu memperhatikan pola makan kit , sudah sesuai atau belum. Perlu kita ketahui bahwa pola makan seseorang akan mempengaruhi kesehatan seseorang itu pula.Pola makan yang tepat yaitu makan secukupnya secara rutin ,  yaitu 3 kali dalam sehari ( pagi , siang , malam). Asupan makanan yang masuk kedalam tubuh pun harus sesuai kebutuhan tubuh kita. Dimana antara komponen karbohidrat , vitamin ,  protein , dan lemak harus sesuai dengan porsinya. Pola makan yang benar akan menunjang nutrisi dan gizi yang masuk , sehingga akan menjaga kesehatan tubuh , baik kesehatan organ dalam tubuh maupun kesehatan anggota tubuh lainnya. Makanan yang boleh dimakan penderita ginjal pun juga kita perhatikan untuk menunjan kita dalam mencegah penyakit ginjal itu sendiri.

KDapat disimpulkan bahwa cara mencegah penyakit ginjal yaitu dengan cara melakukan hal-hal atau kebiasaan yang baik dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Sponsors Link
>
, ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan