Sponsors Link

15 Cara Mencegah Gagal Ginjal Wajib Dicoba

Sponsors Link

Tidak peduli anak-anak, remaja, laki-laki, perempuan ataupun orang tua, semuanya pasti membutuhkan tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat untuk menjalani kehidupannya dengan baik. Oleh karena itu, semua orang harus mengetahui dan menerapkan pola hidup sehat yang dapat membawa mereka pada tingkat kesehatan yang baik. Salah satu yang harus kita cegah adalah adanya penyakit gagal ginjal yang sangat membahayakan tubuh kita. Oleh karena itu, kita pun harus mengetahui bagaimana cara mencegah gagal ginjal dengan tepat sehingga kita bisa terhindar dari yang namanya gagal ginjal.

ads

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang kita miliki. Walaupun organ ini hanya berukuran kecil, akan tetapi fungsinya sangatlah penting dan tidak dapat tergantikan dengan organ yang lainnya. Fungsi ginjal antara lain adalah memfiltrasi cairan, menghalau racun dari tubuh, memproduksi air kencing, menjaga tekanan darah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu kerusakan pada ginjal tidak hanya berdampak pada organ ginjal itu sendiri, akan tetapi juga akan berdampak pada tubuh manusia secara keseluruhan. Apabila gagal ginjal sudah sampai pada tingkat klinis, maka cara yang sering disarankan untuk sembuh total adalah melakukan transplantasi ginjal yang menelan biaya sangat besar. Oleh karena itulah daripada menunggu, ada baiknya apabila kita menjaga kesehatan organ ini sejak dini.

Merawat atau menjaga kesehatan ginjal sejak dini agar tubuh kita tidak sampai menderita penyakit-penyakit yang berbahaya adalah salah satu hal yang wajib kita lakukan. Sebenarnya berbekal ketekunan dan usaha untuk menjaga pola makan atau minum saja kita sudah dapat menjaga organ ini dengan baik. Memang sih pengeluaranmu akan bertambah, akan tetapi hal ini sebanding dengan kesehatan yang kamu dapatkan. Bila dihitung dengan teliti, biaya untuk menjaga ginjalmu tetap sehat lebih sedikit daripada biaya yang kamu keluarkan untuk mengobati ginjal ketika ginjalmu sedang sakit. Oleh karena itu sejak sekarang kamu harus menerapkan cara mencegah gagal ginjal dan cara menjaga kesehatan ginjal yang dapat kamu terapkan di mana saja dan kapan saja dengan mudah sehingga ginjalmu juga akan terjaga dengan baik, karena akibat gagal ginjal yang sangat berbahaya.

Untuk membuatmu dapat menerapkan cara menjaga ginjal, oleh karena itu pada artikel ini akan kita bahas beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Dengan mengikuti langkah atau cara-cara di bawah ini maka harapannya kesehatan ginjalmu akan selalu terjaga dengan baik.

Sudah siap? Simak penjelasan di bawah ini ya!

1. Berhenti merokok atau tidak merokok

Buat kamu yang belum tau, merokok adalah salah satu penyebab ginjal mengalami berbagai macam masalah, terlebih lagi apabila seseorang sudah mengalami kecanduan rokok. Hal itu disebabkan karena merokok dapat menghambat aliran darah yang masuk ke ginjalmu sehingga menyebabkan terhambatnya kinerja ginjal. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko darah tinggi dan juga kanker ginjal, yang secara tidak langsung juga akan menyebabkan gagal ginjal. Dari sini maka dapat kita simpulkan bahwa semakin intens kamu merokok, semakin tinggi pula kemungkinan ginjalmu akan mengalami masalah. Oleh karena itu sebaiknya kamu menghindari rokok baik secara aktif ataupun pasif. Apabila kamu sudah terlanjur kecanduan rokok, maka kamu harus menjauhinya dari sekarang juga.

Sponsors Link

2. Mengurangi konsumsi obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri yang mungkin sering kamu konsumsi, nyeri seperti ibuprofen atau naproxen, pada jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Oleh karena itu, sangat disarankan kamu membatasi konsumsi obat-obatan sejenis itu. Kandungan-kandungan zat yang ada pada obat-obatan pereda nyeri membuat beban kerja ginjal meningkat dengan kadar yang besar sehingga membuat sel-sel ginjal lebih cepat mengalami kerusakan.

Apabila kamu mengalami nyeri, maka istirahat dengan cukup atau pijit saja pada ahli pijit atau mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup agar nyeri tersebut dapat hilang tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang sangat berisiko menghasilkan gangguan ginjal.

Pada prinsipnya, kurangilah konsumsi obat-obatan pereda nyeri kecuali bila keadaan benar-benar mendesak dan terapkan pola hidup yang baik agar tubuhmu tidak mudah mengalami nyeri. Dengan demikian ginjal yang kamu miliki akan lebih sehat.

ads

3. Bergerak dengan aktif

Dilihat dari segi fisik, tubuh kita sebenarnya tidak di-desain hanya untuk terus menerus diam di satu tempat saja tanpa melakukan pergerakan apa pun. Apabila kamu sering duduk, atau diam di satu tempat saja tanpa melakukan aktivitas fisik lainnya, risiko munculnya penyakit seperti kanker dan lain sebagainya justru akan meningkat. Penyakit lain yang dapat terjadi apabila kamu sering diam saja, antara lain adalah tekanan darah tinggi, obesitas, dan juga penyakit ginjal. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan ginjal dan juga tubuhmu pada umumnya, kamu harus sering bergerak aktif baik di sela-sela kesibukanmu belajar atau bekerja di tengah ruangan. Dengan demikian tubuhmu dapat mendapatkan kesempatan untuk bergerak.

Kamu bisa melakukannya dari hal yang paling kecil, seperti mengambil air minum, berjalan tiap 30 menit, membuang sampah, olahraga ringan di sekitar kantor, dan lain sebagainya. Dengan demikian kesehatan tubuhmu akan lebih terjaga.

4. Meminum air dengan cukup

Percaya atau tidak, air adalah salah satu hal yang sangat penting bagi ginjal dan tubuh kita. Setiap orang membutuhkan air sekitar empat sampai enam gelas per hari untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh mereka. Meminum lebih atau kurang dari ukuran tersebut tidak akan membantu kesehatan ginjal Hal itu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh salah satu ahli ginjal yang bernama James Simon, MD. Simon menyebutkan bahwa meminum air lebih dari kadar yang dianjurkan tidak akan menambah menambah manfaat bagi ginjal kita karena kelebihan air akan dibuang oleh ginjal. Oleh karena itu, minumlah air dengan cukup sebagai salah satu cara mencegah gagal ginjal yang paling ampuh. Meminum air dengan cukup juga dapat mengatasi gejala batu ginjal pada pria, gejala batu ginjal pada wanita, ataupun gejala ginjal rusak. Seperti itulah pentingnya air bagi kehidupan kita.

5. Mengatur konsumsi garam

Garam adalah salah satu zat yang penting untuk tubuh. Akan tetapi kadar garam dalam tubuh yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terlalu banyak garam akan membuat darah semakin kental dan semakin berat diproses oleh ginjal. Oleh karena itu kamu harus mengatur agar konsumsi garammu tidak menyebabkan kita kelebihan atau kekurangan garam.

Mengurangi atau mengatur kadar garam dalam tubuh dapat membantu kita mencegah munculnya penyakit diabetes, penyakit jantung, dan berbagai penyakit lain yang secara tidak langsung menjadi penyebab munculnya penyakit ginjal. Sebaiknya kamu hanya mengonsumsi garam sekitar 5 sampai 6 gram (kira-kira seukuran satu sendok teh) per hari. Kurangilah makanan instan atau makanan restoran yang banyak mengandung garam. Selain itu, kurangi pula garam dalam masakan yang kamu masak sendiri. Dengan demikian akan semakin sedikit makanan yang mengandung garam yang kamu makan sehari-hari, sehingga kadar garam dalam tubuh dapat seimbang dengan sendirinya.

Sponsors Link

6. Melakukan olahraga dengan teratur

Sepertinya untuk langkah yang satu ini, semua orang sudah menyadari arti pentingnya bagi kesehatan tubuh kita baik dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang. Olahraga terbukti menjadi salah satu pencegahan paling efektif tidak hanya untuk penyakit ginjal, akan tetapi untuk banyak jenis penyakit lainnya.

Tubuh kita ibaratnya adalah sebuah mesin motor yang butuh untuk dipanasi sebelum berkendara. Hanya saja, tubuh kita juga membutuhkan waktu untuk melakukan “pemanasan” lebih lama dan harus lebih sering. Salah satu cara untuk memanasi otot-otot tubuh kita adalah dengan melakukan olahraga yang teratur.

Olahraga dengan teratur membantu dalam menstabilkan tekanan darah yang ada di dalam tubuh serta mengurangi kegemukan, sehingga dapat membantu kita menghindari obesitas. Akan tetapi bukan berarti kamu harus terus berolahraga tanpa memerhatikan keadaan tubuhmu. Apabila kamu sedang tidak sehat, olahraga justru merupakan sesuatu yang harus dihindari untuk sementara supaya tubuh dapat memiliki waktu untuk memulihkan diri. Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga, karena olahraga di saat sakit justru akan membuat tubuhmu bekerja lebih keras dari biasanya, terlebih apabila olahraga yang kamu lakukan membuat jaringan sel-mu terluka.

Selain tujuh langkah di atas, cara untuk mencegah gagal ginjal sekaligus tips menjaga kesehatan ginjal lainnya yang dapat kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Mengawasi tekanan darah
  2. Memakan bawang putih
  3. Mengonsumsi bawang merah
  4. Mengonsumsi minyak zaitun
  5. Mengurangi berat badan
  6. Mengurangi konsumsi fosfor
  7. Meminum jus cilantro
  8. Meminum jus semangka
  9. Meminum jus cranberry

Itulah beberapa cara untuk mencegah gagal ginjal yang dapat kamu lakukan secara mandiri. Kunci menjaga kesehatan ginjal terletak pada upaya untuk menjaga agar gaya hidup yang kita miliki adalah gaya hidup yang baik dan dapat menyehatkan sistem tubuh kita secara keseluruhan. Dengan melakukan cara-cara di atas, tubuh akan semakin sehat dan akhirnya terbebas dari berbagai jenis penyakit. Selamat berjuang menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,