Sponsors Link

Cara Mencegah Dan Mengatasi Gagal Ginjal yang Benar

Sponsors Link

Saat ini masalah yang sering kita temui yaitu masalah ginjal Masalah ginjal merupakan masalah kesehatan yang cukup serius karena akan berdampak yang tidak baik pada kesehatan tubuh  Ada beberapa jenis penyakit ginjal diantaranya yaitu batu ginjal merupakan penyakit kambuhan , penyakit infeksi ginjal , komplikasi penyakit gagal ginjal kronis dan lain sebagainya. Tentunya penyakit penyakit tersebut disebabkan oleh beberapa faktoor penyebab. Biasanya kita juga dapat menjegah agar tidak terkena penyakt tersebut yaitu dengan menjaga kesehatan atau melakukan kebiasaan buruk , apabila sudah terkena penyakit ginjal kit juga daat mengatasinya dengan melaukan pengobatan medis maupun non medis.

ads

Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mencegah dan mengatasi salah satu penyakit ginjal yaitu gagal ginjal, berikut penjelasannya .

Cara Mencegah Dan Mengatasi Gagal Ginjal

Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit gagal ginjal yang dapat kita lakukan , biasanya dalam mencegah kita perlu melakukan kebiasaan baik atau hal baik . Tujuan dalam mencegah penyakit gagal ginjal juga diperuntukkan untk meningkatkan sistem imunitas seseorang agar terindar dari berbagai penyakit.

Berikut beberapa cara untuk mencegah penakit gagal ginjal yang perlu kita ketahui :

1. Tidak Merokok

Merokok merupakan salah satu faktor penyebab yan dapat mengganggu kesehatan manusisa salah satunya yaitu dapat menyebabkan gagal ginjal. Tentunya hal ini melalui proses yang sangat panjang , memang biasanya tidak secara tiba tiba setelah merokok , namun secara bertahap,. Apabila seseorang dalam kategori perokok aktif dan cukup lama maka besar kemungkinan akan menimbulkan penyakit salahh satunya yaitu penyait gagal ginjal Makadari itu untuk mencegah agar tidak terkena penyakit gagal ginjal ini maka sebaiknya kita mengindari mengkonsumsi rokok. Cara mencegah gagal ginjal memang pada dasarnya membiasakan hidup sehat.

2. Kontrol Berat Badan

Selanjutnya hal yang perlu kita perhatikan dan perlu kita jaga yaitu berat badan. Karena apabila kita mempunyai berat badan yang berlebih maka besar kemungkinan kita akan terkena berbagai penyakit salah satunya yaitu penyakit ginjal. BBerat badan berlebih bisa dibilang merupakan sumber penyakit tubuh , maka dari itu wajib sekali kita mengkontrol berat badan agar tetap ideal sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Kontrol berrat badan dengan cara melakukan olah raga teratur , ola makan yang baik dan benar. Cara mengatasi kandung kemih yang lemah juga dapat melakukan pengkonttrolan berat badan.

3. Hindari Mengkonsumsi Makanan JunkFood

Mengkonsumsi makanan JunkFood tidak baik untuk kesehatan tubuh kita , karena akan menimbulkan berbagai penyakit  Didalam makanan junkfood mengandung kandungan yang tidak baik seperti pewarna makanan , pengawet makanan dan lain sebagainya Kandungan-kandungan tersebut dapat merusak organ , sel sel , dan jaringan yang ada didalam tubuh.

Sponsors Link

Dampak dari mengkonsumsi makanan junkfood yang terus menerus akan menyebabkana atau menimbulkan berbagai penyakit salah satunya yaitu penyakit gagal ginjal. Maka dari itu untuk mencegah penyakit gagal ginjal ini terjadi sebaiknya kita mengindarinya. Masalahh gagal ginjal usia muda ini biasanya juga disebabakan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan junkfood.

4. Hindari Mengkonsumsi Minuman Besoda dan Berkafein

Hal yang perlu diperhatikan dan harus dihindari agar kesehatan tetap terjaga. Salah satu dampak dari mengkonsumsi minuman bersoda dan berkafein secara terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal Kaena didalam kandungan minuman bersoda dan berkafein akan mengakibatkan ginjal bekerja secara terus menerus sehingga ginjal bekerja sangat keras sehingga ,emyebabkan ginjal lelah. 

ads

Apabila kita tidak  memiliki sistem kekabalan tubuh yang baik maka akan medah sekali ginjal mengalami keusakan. Minuman detox terbaik untuk ginjal perlu kita ketahui dan kita konsumsi , karena minuman detox meupakan minuman yang mampu menyerang racun yang masuk ke dalam tubuh.

5. Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol merupakan kandungan yang sangat bebahaya apabila kita konsumsi untuk tubuh kita  Perlu kita ketahui bahwa alkohol dapat mengakibatkan beberapa kerusakan pada tubuh kita terutama pada organ dalam . Alkohol akan merusak sel sel atau jaringan hingga saraf yang ada didalam tubuh . Salah satu gan dalam yang dapat dirusak karena alkohol yaitu organ ginjal . Sebenarnya alkohol boleh digunakan asalkan keperluan medis , namun jika alkool digunakan secara terus menerus dan tidak ada kaitannya dengan medis , maka al ini pun akan berdampak tidak baik untuk ginjal. Komplikasi penyakit gagal ginjal kronis akan beresiko tinggi apabila seseorang mengkonsumsi alkohol secara terus menerus.

6. Mengkonsumsi Air Putih

Hal yang dapat mencegah kta dari penyakit kususnya gagal ginjal yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari Usahakan mengkonsumsi 8 gelas per harinya . Perlu kita ketahui juga air putih mampu membantu pencernaan lancer , serta menyehatkan tubuh , air putih juga membantu tubuh dalam proses metabolisme di dalam tubuh Selain itu juga dapat . Cara mengobati ginjal pada anak dengan cara yang alami yaitu sala satunya dengan mengkonsumsi air putih secara cukup.

7. Melakukan Olahraga

Olah raga merupakan kegiatan atau aktivitas fisik yang memepunyai banyak sekali manfaat. Manfaat dari olahraga antara lain yaitu meningkatkan system imuitas tubuh  , dimana imun merupakan peraanan tubuh terhadap penyakit . Apabila imunitas seeorang baik meka akan terhindar dari berbagai penyakit . Selain itu dengan olahraga secara teratur mampu mengontrol berat badan . penyebab masalah ginjal usia muda salahh satunya yaitu jarang berolah raga , jadi sangat rawan sekali anak muda atau orang dewasa yang jarang melakukan olahraga , karena akan sangat mudah sekali terkena penyakit .

Selain mencegah , apabila memang sudah terken penyakit gagal ginjal dapat diatasi dengan berbagai cara seperti berikut :

  • Menggunakan obat medis , dalam menggunakan obat medis pastikan anjran dari dokter , beberapa obat yang bisa digunakan yaitu obat untuk mengontrol darah , mengurangi kadar protein , serta obat obatan lain yang dapat mengurangi gejala penyakit gagal ginjal.
  • Cuci darah , ini dilakukan aapabilaginjal tidak mampu berfungsi selayaknya . Dimana salah satu tugas ginjal apabila telah rusak maka tidak dapat menyaring darah.
  • Transplantasi Ginjal , yaitu tindakan mengganti ginjal lama menjadi baru yang didapatkan dari donor injal seseorang . Dalam melakukan ini perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu .

Penjelasan diatas merupakan beberapa cara mencegah dan mengatasi gagal ginjal Sangat disarankan sekali untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena , kaena pada dasarnya mencegah lebih baik dari pad mengobati.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan