Sponsors Link

10 Cara Menaikkan HB Penderita Gagal Ginjal dengan Cepat

Sponsors Link

Kadar hemoglobin yang ada dalam tubuh sangat penting untuk dijaga karena jika terlalu berlebihan atau kurang bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh khususnya bagi penderita gagal ginjal. Gagal ginjal memang merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menurunkan hemoglobin dalam tubuh namun juga bisa terjadi karena penyakit lain seperti kanker darah, penyakit autoimun dan beberapa jenis penyakit lainnya.

ads

Menurunkan hB pada penderita gagal ginjal bisa menyebabkan tubuh semakin cepat lelah, lesu dan daya tahan tubuh semakin menurun sehingga penyakit jadi lebih mudah menyerang tubuh yang menjadi faktor penyebab gagal ginjal. Dalam ulasan kali ini, kami akan memberikan beberapa cara menaikkan hB penderita gagal ginjal secara alami yang sangat penting untuk dilakukan.

  1. Konsumsi Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan hB dalam darah. Beberapa kandungan bayam seperti zat besi, vitamin A, kalsium dan beberapa jenis mineral lain yang dikonsumsi secara teratur nantinya bisa menormalkan hB penderita gagal ginjal.

  1. Daging Merah

Di saat penyakit lain memiliki pantangan untuk mengkonsumsi daging, hal berbeda terjadi pada ciri ciri gagal ginjal awal. Daging khususnya daging merah serta beberapa organ seperti ginjal, liver dan hati. Semua bagian dari daging merah ini tinggi akan zat besi untuk meningkatkan hB sekaligus memberikan beberapa jenis vitamin dan mineral untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita gagal ginjal.

  1. Roti Gandum

Cara menaikkan hB penderita gagal ginjal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi roti gandum. Roti gandum juga merupakan sumber zat besi tinggi jika dibandingkan dengan jenis roti lainnya untuk mengatasi penyebab gagal ginjal kronis. Kandungan zat besi dalam roti gandum inilah yang nantinya bisa menaikkan hemoglobin penderita gagal ginjal dan menjadi salah satu cara nikmat untuk dilakukan.

  1. Telur

Telur juga menjadi makanan sehat untuk meningkatkan hemoglobin penderita gagal ginjal karena mengandung protein yang tinggi. Selain mengandung protein, dalam telur juga mengandung antioksidan serta zat besi yang penting untuk mencegah anemia sebagai salah satu komplikasi dari gagal ginjal sekaligus mengatasi rasa lesu yang dialami penderita.

  1. Makanan Laut

Makanan laut atau seafood juga menjadi makanan penting untuk penderita gagal ginjal karena bisa meningkatkan hemoglobin dalam tubuh penderita gejala gagal ginjal kronik. Aneka jenis makanan laut ini menjadi makanan paling direkomendasikan untuk penderita gagal ginjal.

  1. Bit

Bit menjadi makanan selanjutnya yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan hB karena mengandung asam folat, zat besi, serat dan juga kalium yang tinggi untuk meningkatkan jumlah sel darah merah penderita gagal ginjal. Agar gizinya tidak hilang, saat memasak bit seperti panggang hindari untuk mengupas kulitnya dan biarkan hingga dingin sebelum dikonsumsi. 

Sponsors Link

  1. Apel

Mengkonsumsi 1 buah apel per hari sangat disarankan untuk meningkatkan kadar hemoglobin penderita gagal ginjal kronis. Apel merupakan buah kaya akan zat besi sekaligus mengandung beberapa komponen yang sangat penting untuk pembentukan darah. Usahakan untuk mengkonsumsi apel hijau bersama dengan kulitnya atau juga bisa dibuat menjadi jus dan tambahkan sedikit perasan air lemon atau jahe yang diminum sebanyak dua kali sehari.

  1. Delima

Delima merupakan buah yang tinggi akan kalsium, zat besi, protein, serat dan karbohidrat yang sangat baik untuk meningkatkan hemoglobin dalam darah sekaligus meningkatkan aliran darah penderita gagal ginjal. Konsumsi buah delima ukuran sedang atau minum 1 gelas jus delima setiap hari saat sarapan atau juga bisa mencampur 2 sendok teh bubuk delima kering dengan segelas susu hangat per hari.

Sponsors Link

  1. Semangka

Buah semangka mengandung zat besi, protein, kalium, protein, vitamin B dan vitamin C yang juga menjadi buah baik dikonsumsi untuk segala tingkatan stadium gagal ginjal untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

  1. Anggur

Anggur menjadi buah selanjutnya yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan hB penderita gagal ginjal karena mengandung zat besi tinggi khususnya jenis anggur hitam sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi sesering mungkin.

Beberapa cara menaikkan hB penderita gagal ginjal diatas sebaiknya masuk dalam menu diet sehari hari agar kadar hemoglobin bisa semakin ditingkatkan untuk mengatasi beberapa gejala gagal ginjal seperti lemah, kelelahan, lesu dan sebagainya.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan