Sponsors Link

8 Cara Memulihkan Fungsi Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Memiliki ginjal yang sehat merupakan impian bagi semua orang. Mengingat fungsi ginjal sendiri adalah sebagai salah satu anggota penting dan berperan aktif dalam sistem sekresi manusia, ginjal selalu menjadi fokus yang harus diperhatikan lebih dari pada organ tubuh yang lainnya. Namun, untuk menjaga kesehatan ginjal dengan baik adalah hal yang relatif sulit apabila anda tidak memiliki kemauan yang keras dan usaha yang maksimal.

ads

Akibat dari kelalaian yang dilakukan, anda dapat memiliki kemungkinan untuk mengalami beberapa gangguan ginjal seperti infeksi ginjalradang ginjalkista ginjal polikistikhematuria yang nantinya akan mengganggu fungsi ginjal anda sehingga ginjal anda tidak bekerja sebagaimana mestinya. Tentu saja hal ini sangat menganggu kelangsungan hidup anda selanjutnya karena anfa harus berpikir keras bagaimana cara memulihkan fungsi ginjal seperti sedia kala.

Cara Memulihkan Fungsi Ginjal

Namun, anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu. Dibawah ini akan diberikan beberapa cara memulihkan fungsi ginjal serta meningkatkan performanya seiring berjalannya waktu. Berikut ulasannya:

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Untuk dapat mengembalikan fungsi ginjal seperti sedia kala, anda harus mulai menerapkan pola makan sehat dan teratur seperti mengonsumsi makanan sehat untuk ginjal serta menghindari hal-hal yang mampu merusak ginjal. Dengan memiliki pola hidup yang sehat, kesehatan ginjal anda yang tadinya buruk, akan segera membaik dan anda bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Selain itu anda harus mengurangi mengonsumsi makanan dengan kandungan natrium atau garam yang tinggi. Karena dengan banyaknya garam yang masuk ke dalam ginjal, tekanan darah akan naik sehingga menimbulkan hipertensi yang nantinya mampu memberikan hasil buruk bagi penderitanya. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan segar seperti beberapa jenis makanan dibawah ini:

  • Temulawak

Temulawak adalah tanaman herbal yang sudah lama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti meningkatkan asam lambung bagi beberapa penderita yang memiliki asam lambung yang rendah dan ginjal bocor. Hal yang dilakukan adalah dengan merebus dan meminum air rebusan temulawak secara rutin 3 kali sehari dengan menyaring ampasnya.

  • Kumis Kucing

Kumis kucing adalah salah satu tanaman yang dapat mengobati berbagai macam penyakit ginjal dari penyakit ginjal ringan hingga kronis. Untuk dapat mengonsumsinya, anda harus merebus daun kumis kucing dan meminum airnya sebanyak sekali sehari.

  • Manggis

Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, manggis memiliki banyak khasiat untuk tubuh anda seperti memperbaiki kondisi lambung, menjaga ginjal serta membuat tubuh lebih bugar. Buah manggis mengandung beberapa zat yang menghindari tubuh kita dari radikal bebas secara efektif. Zat tersebut bernama xanthone. Xanthone sendiri terdapat di hampir seluruh bagian ginjal, dari buah hingga kulitnya.

Sponsors Link

Untuk bisa merasakan manfaat manggis, anda bisa mengonsumsi manggis dengan dua cara, dengan mengonsumsi langsung buahnya dan yang terakhir dengan memanfaatkan kulit manggis tersebut. Anda dapat mengeringkan kulit manggis, lalu diseduh dengan air hangat dan dikonsumsi seperti dibuat teh.

  • Daun Alpukat

Buah alpukat sendiri merupakn salah satu buah yang enak dimakan dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita karena memiliki banyak vitamin dan mineral yang mendukung. Tapi siapa sangka bahwa daun alpukat mampu menyembuhkan penyakit ginjal bocor? Hal yang dapat anda lakukan adalah dengan merebus daun alpukat dan diminum sebanyak 2 kali sehari.

ads
  • Meniran

Sudah dapat dipastikan bahwa anda kurang mengenal daun meniran, bukan? Daun ini lumayan sulit ditemui saat ini kecuali anda mencarinya di pasar tradisional. Daun meniran berfungsi untuk membersihkan ginjal dan membuat kinerja ginjal maksimal. Untuk dapat menikmatinya, anda dapat merebusnya dan dikonsumsi sebanyak dau kali sehari. Namun, anda dapat juga mengonsumsinya dengan menambahkan temulawak dan daun kumis kucing untuk mendapatkan efek yang maksimal.

2. Menerapkan Pola Minum Sehat

Meminum banyak air adalah salah satu hal yang tepat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan ginjal anda. Karena, diluar sana terdapat banyak sekali minuman yang baik untuk ginjal dan dapat anda minum kapanpun anda mau. Minuman yang paling mudah anda temui adalah air putih. Meskipun sederhana, air putih memiliki banyak manfaat bagi ginjal anda. Setidaknya, minumlah 2 liter air setiap harinya.

Selain itu, hindarilah mengonsumsi alkohol secara berlebihan karena mampu merusak kinerja dan performa ginjal anda. Berbanding terbalik dengan air putih yang sederhana dan menyehatkan, namun mampu membuat tubuh dehidrasi dan memberatkan kinerja ginjal dari pada biasanya.

3. Kendalikan Berat Badan

Mengendalikan berat badan anda adalah satu cara memulihkan fungsi ginjal yang sangat tepat. Beberapa orang yang mengalami gangguan ginjal memiliki pola hidup yang tidak tepat sehingga kadang kala menagalami kelebihan atau kekurangan berat badan. Dengan berat badan yang berlebihan tentu saja tekanan darah yang ada di dalam tubuh akan naik dan memberatkan kinerja ginjal dan lama kelamaan akan merusak fungsi ginjal.

Maka dari itu, anda perlu mengendalikan berat badan anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta melakukan olahraga yang teratur. Olahraga akan membuat badan lebih prima dan segar serta terhindar dari berbagai macam virus dan bakteri yang menyerang pada tubuh. Orang yang rajin berolahraga akan memiliki bentuk tubuh yang ideal dan berat badan yang tepat. Selain itu, anda harus meninggalkan kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal.

Selanjutnya adalah anda disarankan untuk berjemur setiap harinya dibawah terik matahari pagi selama kurang lebihnya 15 menit untuk meningkatkan kandungan Vitamin D dalam tubuh. Tanpa kita sadari, Vitamin D diaktifkan oleh ginjal. Selain itu, dengan diaktivannya Vitamin D juga mampu meregulasi kadar fosfor dan kalsium dalam tulang yang mampu membantu meregenerasi kerusakan dan menyehatkan tulang.

4. Pelajari Soal Ginjal Lebih Lanjut

Cara memulihkan fungsi ginjal yang terakhir adalah dengan lebih belajar mengenai ginjal. Hal-hal yang anda bisa pelajari adalah fungsi ginjal, cara kerja ginjal, penyebab penyakit ginjal bisa terjadi seperti memahami penyebab ginjal kering, gejala atau ciri-ciri penyakit pada ginjal seperti ciri ciri batu ginjal, hingga mempelajari lebih dalam mengenai buah yang menyehatkan ginjal agar ginjal anda selalu sehat dan terhindar dari macam-macam penyakit ginjal.

Sponsors Link

Selanjutnya, anda harus mengetahui dengan baik mengenai silsilah keluarga anda. Apakah ada keluarga anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal? Jika iya, tentu saja anda memiliki kesempatan untuk mengalami gangguan ginjal baik dalam tingkatan ringan maupun berat. Hal ini tidak dapat anda hindari, namun anda tetap bisa melakukan beberapa usaha untuk dapat menyehatkan tubuh dan ginjal anda.

Itulah beberapa cara memulihkan fungsi ginjal yang dapat anda lakukan dengan mudah. Namun, kembali lagi pada penjelasan awal bahwa semua hal diatas akan sia-sia jika anda tidak melakukannya dengan serius dan niat yang bersungguh-sungguh. Anda harus memiliki visi yang jelas untuk mendapatkan kesehatan ginjal anda seperti sedia kala. Karena kesehatan itu mahal harganya, anda harus menjaga nya dengan baik jangan sampai ginjal anda mengalami gangguan yang menyiksa.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips