Sponsors Link

4 Cara Membersihkan Ginjal Dengan Seledri Paling Ampuh

Sponsors Link

Seledri merupakan sebuah tanaman yang digolongkan sebagai sayuran daun dan biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Di beberapa negara di benua asia, seperi jepang, korea dan cina, bagian tangkai daun dari seledri digunakan sebagai bahan makanan dan diolah bersama sayuran yang lainnya. Namun,di negara pada benua eropa, hampir seluruh komponen pada pohon seledri digunakan mulai dari daun, buah, tangkai daun hingga umbi nya. Sedangkan di Indonesia, seledri terkenal digunakan untuk bahan penyedap sup atau digunakan untuk lalapan. Seledri sendiri dikenalkan oleh penjajah Belanda.

ads

Seledri adalah tumbuhan dengan tinggi kurang dari 1 meter dengan daunnya yang memiliki susunan gemuk pada setiap tangkainya yang pendek. Dengan batang yang sangat pendek atau basa disebut bantet, seledri memiliki bagian umbi yang bisa dikonsumsi dengan buahnya berbentuk kecil dan berwarna coklat gelap. Selain itu, bunga nya tersusun banyak atau majemuk dan berkarang.

Saat ini, terdapat tiga jenis kelompok seledri yang banyak dibudidayakan:

  • Seledri tangkai. Merupakan seledri yang memiliki tangkai daun yang besar, beraroma segar dan biasa digunakan untuk campuran salad.
  • Seledri daun. Merupakan seledri yang biasa diambil daunnya untuk ditambahkan ke masakan khas Indonesia.
  • Seledri umbi. Meripakan seledi yang mampu membentuk umbi dan digunakan dalam sup, schnitzel atau dibuat semur.

Selain sebagai sayuran, seledri juga terkenal sebagai tanaman obat yang memiliki banyak khasiat karena memiliki banyak vitamin untuk ginjal didalamnya. Salah satu khasiat seledri adalah menjadi salah satu makanan pencuci ginjal yang juga merupakan sayuran pembersih ginjal secara alami. Ginjal manusia sendiri adalah salah satu organ yang membantu sistem ekskresi yang bekerja secara penuh menyaring toksin dan kotoran pada darah sehingga darah yang mengalir pada tubuh anda penuh dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh saja.

Karena kerja ginjal yang berat, terkadang ginjal sendiri mengalami beberapa gangguan seperti penumpukan batu ginjal hingga infeksi. Hal ini disebabkan karena banyaknya toksin atau kotoran yang menumpuk pada ginjal dan tidak dibuang dengan baik akibat kurangnya cairan yang membantu melarutkan tumpukan kotoran dan toksin tersebut. Akibatanya, toksin dan kotoran mengeras dan menumpuk pada ginjal dan menimbulkan infeksi dan gejala gangguan ginjal lainnya.

Maka dari itu ditemukan cara membersihkan ginjal dengan seledri sebagai salah satu solusi yang mudah untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda dan kondisi ginjal anda untuk tetap sehat dan prima. Terdapat beberapa variasi atau cara membersihkan ginjal dengan seledri, tergantung dengan selera anda yang ingin mengonsumsi nya. Maka dari itu, berikut dibawah ini macam-macam cara memebersihkan ginjal dengan seledri yang dapat anda pilih salah satunya untuk diterapkan:

1. Rebusan Seledri

Untuk mendapatkan air rebusan seledri yang enak dan segar, anda harus mempersiapkan beberapa bahan yang tentunya sangat mudah didapatkan, seperti:

  • 350 ml air matang
  • 1 ikat seledri
Sponsors Link

Setelah mempersiapkan bahan yang ada, 1 ikat seledri yang sudah anda siapkan tadi harus dicuci dulu sampai bersih lalu dipotong atau dicincang sampai halus. Setelah itu, cincangan seledri dapat direbus sampai air rebusannya mengusut hingga separuhnya. Selanjutnya, air rebusan seledri tersebut anda saring dan disajikan selagi hangat.

Jika anda ingin memiliki lebih banyak stok rebusan air seledri, anda dapat merebusnya dengan komposisi 2 kali lipat bahan yang dianjurkan diatas, lalu setelah disaring, air rebusan seledri dimasukan ke dalam botol yang kemudian dapat anda simpan di dalam kulkas agar bisa bertahan lebih lama.

ads

2. Jus Seledri Alami

Jus Seledri AlamiCara membersihkan ginjal dengan seledri bagi anda yang ingin mengonsumsi seledri dengan marasakan segarnya langsung, anda dapat memilih cara yang satu ini. Dengan membuat jus seledri alami, anda akan lebih merasakan nikmatnya seledri itu sendiri. Yang dapat anda lakukan untuk membuat jus seledri alami adalah menyiapkan beberapa bahan dibawah ini:

  • 500 ml air matang
  • 1 ikat seledri

Seperti biasa, cuci hingga bersih 1 ikat seledri tersebut dibawah air yang mengalir. Selanjutnya, potong-potong sedri sesuai dengan selera dan masukkan ke dalam blender bersama dengan 500 ml air matang tadi. Jus sledri dapat anda nikmati setiap hari setidaknya sekali untuk meningkatkan kesehatan ginjal anda.

3. Jus Seledri Madu

Bagi anda yang kurang menyukai aroma atau rasa dari daun seledri ini jika dimakan atau dikonsumsi begitu saja, terdapat salah satu alternatif yang mungkin memudahkan anda dalam mengonsumsi seledri. Yaitu jus seledri madu yang hanya menambahkan bahan madu kesukaan anda ke dalam jus seledri anda. Bahan yang dibutuhkan sama saja seperti membuat jus seledri alami, hanya saja anda bisa menambahkan madu kesukaan anda ke dalamnya.

Madu tersebut bisa anda tambahkan sebelum di jus, ataupun sesudah di jus. Keduanya sama saja, yaitu untuk menambah rasa manis dan mengurangi aroma seledri yang kurang anda sukai.

4. Salad

Cara membersihkan ginjal dengan seledri satu ini banyak digemari karena lebih fleksibel dan tentu saja menyehatkan. Anda bisa menambahkan seledri ke salad yang anda sukai, namun tentu saja dengan komposisi seledri lebih banyak dari buah dan sayur dalam komponen salad anda. Selain menyegarkan, anda juga dapat menikmati buah dan sayur lainnya yang sama-sama menyehatkan tubuh anda.

Bagi penderita ginjal, salad juga salah satu bagian dari diet gagal ginjal yang dapat mengembalikan fungsi ginjal. Karena penyakit gagal ginjal kronis itu sendiri membutuhkan banyak asupan vitamin dan mineral yang membantu menyehatkan ginjal dan meringankan kinerja ginjal yang rusak.

Manfaat Seledri Untuk Ginjal

Anda pasti bertanya-tanya mengapa seledri membawa manfaat yang banyak untuk ginjal? Jawabannya adalah karena ginjal memiliki banya kandungan vitamin dan mineral yang dapat mendukung dan membantu ginjal bekerja secara maksimal. Berikut ini adalah beberapa macam vitamin dan mineral yang terkandung di dalam seledri:

  • Potasium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Natrium
  • Zat Besi
  • Asam Amino Esensial
  • Viatmin A
  • Vitamin B1, B2, B6
  • Vitamin C
  • dll
Sponsors Link

Salah satu efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi seledri adalah dengan membantu meleburkan zat-zat yang tidak digunakan pada ginjal dapat dibuang denga cepat melalui BAB maupun BAK. Manfaat seledri lebih spesifik kepada membantu peleburan atau penghancuran kristal atau abtu ginjal secara alami tanpa operasi dan dibuang melalui air urin. Sebagai tanaman yang banyak manfaat, seledri memiliki sangat sedikit efek samping yang berakibat pada ginjal.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan ginjal dengan seledri yang dapat anda pilih salah satunya untuk dicoba dirumah. Tidak hanya dengan seledri, anda juga harus tahu banyak mengenai apa saja makanan baik untuk penderita ginjal yang dapat dikonsumsi bagi anda. Meskipun anda akan terkesan menjadi vegetarian , tetapi tidak ada salahnya anda mengosumsi bermacam-macam sayur dan buah yang menyehatkan ginjal agar anda tetap memilikikondisi fisik dan ginjal yang terpelihara dengan baik.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :