Sponsors Link

Cara Hidup Sehat dengan Satu Ginjal yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Seorang manusia normal tentunya memiliki organ tubuh yang lengkap. Namun ada kalanya, kondisi dan jumlah organ tubuh tidak lengkap, sehingga seseorang harus hidup dengan penuh kehati-hatian agar kehidupan tetap bisa berjalan secara normal. Salah satunya adalah kehilangan satu ginjal, atau memang hanya memiliki satu ginjal sejak lahir. Kondisi ini memang mungkin terjadi. Lalu, bagaimana cara hidup sehat dengan satu ginjal agar tetap sehat? Simak penjelasan berikut ini.

ads

Hidup dengan Satu Ginjal, Mungkinkah?

Sebelumnya, mari kita simak beberapa hal penting mengenai hidup dengan satu ginjal. Mungkinkah seseorang bisa hidup dengan hanya mengandalkan satu ginjal? Sedangkan ginjal padaorang normal itu memiliki jumlah sepasang. Jawabannya adalah mungkin bagi seseorang untuk hidup dengan hanya satu ginjal. Penyebab seseorang harus hidup dengan satu ginjal itu pun ada banyak sekali, misalnya:

  • Cacat sejak lahir

Pada dasarnya, manusia normal memang akan memiliki ginjal berjumlah dua organ. Namun tidak menutup kemungkinan seseorang bisa mengalami cacat sejak lahir, sehingga salah astu ginjal tidak terbentuk atau tidak terbentuk secara sempurna. Kondisi inilah yang dinamakan dengan agenesis ginjal atau renal agenesis. Kelainan Ginjal ini tetap bisa memungkinkan seorang bayi untuk bertahan hidup. Walau kondisi ini cukup langka, yaury hanya 1:1.000 bayi, akan tetapi jika kondisi ini terjadi, maka bayi tersebut tetap bisa bertahan hidup.

  • Operasi pengangkatan ginjal

Seseorang juga bisa mengalami kehilangan satu ginjal setelah dewasa, yaitu jika seseorang harus mengamputasi organ ginjalnya untuk kebaikan tubuh itu sendiri. Beberapa orang memang perlu melakukan operasi pengangkatan ginjal, yang dikarenakan penyakit tertentu seperti cedera parah, kanker pada ginjal, dan beberapa penyakit lainnya yang membahayakan nyawa jika ginjal tidak diangkat. Kondisi ini juga tetap bisa membuat seseornag bertahan hidup walau hanya dengan satu ginjal.

  • Donor ginjal

Ada banyak sekali Kelainan pada Ginjal dan Penyebabnya juga bermacam-macam. Selain operasi pengangkatan ginjal, seseorang bisa juga dengan sukarela mendonorkan ginjalnya kepada orang lain, misalnya keluarga yang mengalami gagal ginjal. Pendonor ginjal pun tetap bisa hidup hanya dengan satu ginjal.

Itulah beberapa penyebab dari seseorang harus hidup dengan satu ginjal. Orang yang hidup dengan satu ginjal memang bisa bertahanhidup. Namun, tentunya mereka membutuhkan pola hidup sehat untuk mengurangi risiko gangguan ginjal. Biasanya anak-anak yang kehilangan ginjalnya sejak kecil, atau anak-anak yang memang terlahir hanya dengan satu ginjal memiliki risiko untuk terkena penyakit ginjal ketika mereka dewasa. Selain itu riwayat tekanan darah tinggi juga bisa saja terjadi kepada orang yang hanya hidup dengan satu ginjal. Sehingga bisa dikatakan, hidup dengan satu ginjal tidak akan sama kualitasnya dengan hidup normal dengan dua ginjal.

Sponsors Link

Cara Hidup dengan Satu Ginjal

Walau demikian, walau seseorang memang bisa hidup dengan satu ginjal, tentu perlu diketahui beberapa cara hidup sehat dengan satu ginjal yang perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan tubuh akan kehilangan satu organ yang tugasnya untuk menyaring darah. Sehingga untuk meringankan kinerja ginjal yang maish tersisa, tentu diperlukan perubahan terhadap pola hidup. Berikut beberapa cara hidup sehat dengan satu ginjal yang perlu dilakukan.

ads
  1. Menjalani pola makan yang sehat

Seseorang yang hidup hanya dengan satu ginjal tentunya perlu untuk memiliki pola makan yang sehat. Tujuannya adalah untuk mencegah adanya risiko dari penyakit ginjal pada ginjal yang masih tersisa. Dengan demikian, Ciri Ciri Ginjal Sehat tetap akan didapatkan. Pola makan yang sehat ini perlu dilakukan dengan keseimbangan asupan nutrisi harian seperti serat, lemak, mineral, karbohidrat, dan juga protein. Jika tidak, maka potensi penumpukan limbah sisa metabolisme bisa meningkat dan menyebabkan kinerja satu ginjal lainnya menjadi semakin berat. Untuk lebih tepatnya, Anda bisa mengonsultasikan kondisi ini dengan ahli gizi atau dokter yang bersangkutan agar pola makan bisa diatur sesuai dengan kondisi tubuh Anda masing-masing.

  1. Melakukan olahraga yang tepat secara teratur

Cara hidup sehat dengan satu ginjal berikutnya adalah dengan melakukan olahraga yang tepat dan harus dilakukan secara rutin. Kondisi ini memang perlu untuk dilakukan. Akan tetapi, tidak semua olahraga aman untuk seseorang yang hanya memiliki satu ginjal saja. Sebaiknya pilih jenis olahraga yang tidak menciptakan risiko cedera yang parah. Dengan rutin melakukan olahraga yang tepat, maka proses pembentukan urine akan lebih lancar.

  1. Konsumsi cairan yang cukup

Selanjutnya, karena ginjal berhubungan dengan darah dan cairan, maka seseorang yang hanya memiliki satu ginjal tetap perlu untuk menjaga asupan cairan dalam tubuhnya. Caranya yang paling sehat adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari. Penuhilah asupan cairan secara cukup sebanyak 8 gelas per hari. Hal ini bisa meringankan kinerja ginjal karena salah satu Ciri Urine Sehat adalah bisa diproduksi dengan lancar.

  1. Menghentikan kebiasaan merokok

Jika seseorang memang terlahir tidak memiliki satu ginjal, maka dia harus benar-benar memahami bahwa merokok akan mengganggu kesehatannya. Jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, lalu kemudian dia harus menjalani operasi pengangkatan ginjal setelah dewasa, maka kebiasaan merokok harus dihentikan. Hal ini penting sebagai salah satu cara hidup sehat dengan satu ginjal. Rokok bisa merusak pembuluh darah dan mempengaruhi kesehatan ginjal, sehingga kebiasaan ini harus segera dihentikan.

  1. Mengendalikan berat badan

Berat badan juga turut menjadi salah satu faktor risiko dari kondisi kesehatan. Seseorang yang memiliki berat badan berlebihan atau yang biasa dikenal dengan istilah oesitas, maka dia akan memiliki risiko terserang berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah pada ginjal. Maka dari itu untuk mencegah masalah ginjal yang disebabkan oleh kenaikan berat badan, seseorang juga perlu mengendalikan berat badannya jika hanya hidup dengan satu ginjal.

Sponsors Link

  1. Mengendalikan kadar gula darah

Kadar gula dalam darah juga merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan dari ginjal seseorang. Bahkan memang ada Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik. Sehingga kadar gula darah seseorang yang hidup hanya dengan satu ginjal tetap perlu untuk dikendalikan. Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin mengenai kadar gula darah.

  1. Berkonsultasi dengan dokter tentang obat-obatan

Seseorang yang memiliki masalah dengan ginjal juga perlu untuk selalu berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis obat yang bisa merusak ginjal. Maka dari itu, saat sebelum mengonsumsi obat, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Demikianlah beberapa cara hidup sehat dengan satu ginjal yang bisa dilakukan agar kualitas hidup tetap terjaga walau harus hidup dengan satu ginjal. Selalu hindari kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol, dan tetaplah menjaga istirahat dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips