Sponsors Link

9 Buah yang Menyehatkan Ginjal yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Mempunyai ginjal yang sehat tentu menjadi impian setiap orang. Karena jika organ tersebut sudah menunjukkan tanda awal ginjal bermasalah, kita tentu takut ginjal kita akan terserang berbagai penyakit. Penyakit ginjal memang banyak macamnya dan bisa menyerang siapa saja. Jangan merasa bebas dari resiko penyakit ginjal hanya karena Anda merasa masih muda dan kuat. Bisa jadi salah satu rutinitas hidup atau hobi yang Anda lakukan sekarang termasuk salah satu kebiasaan yang bisa merusak ginjal.

ads

Ginjal yang terkena penyakit memang membutuhkan perawatan khusus. Tidak hanya perawatan secara medis saja yang harus dilakukan, tetapi asupan gizi yang dimakan oleh penderita penyakit ginjal juga harus diperhatikan. Bahkan ada diet gagal ginjal khusus yang disusun oleh dokter dan ahli gizi bagi penderita penyakit tersebut. Asupan makanan perlu diperhatikan karena penderita penyakit ginjal tidak boleh memakan sembarang makanan, termasuk buah dan sayur.

Nah, sebelum terkena penyakit ginjal, ada baiknya Anda melakukan pencegahan sejak dini, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah yang menyehatkan ginjal. Apa saja buah yang sehat untuk organ ginjal Anda? Yuk kita simak bersama!

1. Apel

Apel termasuk salah satu jenis buah yang menyehatkan ginjal. Bahkan buah ini telah dikenal luas sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang ada di dalam buah apel antara lain adalah vitamin A, vitamin C, dan air. Apel memiliki sifat anti inflamasi yang bisa menurunkan resiko peradangan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah sulit buang air besar, dan tentu saja bisa menyehatkan organ ginjal.

Bagi penderita penyakit batu ginjal, sangat disarankan memakan buah apel karena di dalamnya terdapat zat pektin. Zat pektin mengandung vitamin, zat besi, dan mineral yang lengkap. Zat ini mampu melarutkan batu ginjal secara alami.

2. Cranberry

Buah kecil dengan rasa yang asam ini banyak ditemukan di daerah Amerika Utara. Cranberry sangat baik untuk kesehatan ginjal karena kandungan anti oksidannya yang tinggi. Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral yaitu kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, zat besi, thiamin, riboflavin, niacin, vitamin B6, dan vitamin K.

Cranberry sudah dikenal luas khasiatnya untuk menyembuhkan penyakit infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih jika tidak ditangani dengan tepat akan menyebabkan penyakit ginjal yang lebih parah lagi seperti infeksi ginjal dan radang ginjal. Buah cranberry mencegah bakteri penyebab infeksi mengembang di dalam saluran kemih dan mengeluarkan semua bakteri tersebut melalui urine.

3. Raspberry

Masih dari keluarga berry, raspberry juga merupakan buah yang menyehatkan ginjal. Di dalam buah ini terdapat senyawa phytonutrient bernama ellagic acid yang membantu menetralisir radikal bebas di dalam tubuh untuk mencegah terjadinya kerusakan sel. Buah raspberry juga kaya akan kandungan senyawa flavonoid yaitu anthocyanins, sejenis anti oksidan yang memberikan warna merah pada tampilannya. Sebagai sumber utama vitamin B, vitamin C, manggan, serat, dan folat buah ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan pembentukan tumor. Buah raspberry banyak terdapat pada sereal sehat bersama dengan bahan lain seperti gandum dan blueberry.

Sponsors Link

4. Stroberi

Stroberi adalah sumber utama dari dua jenis fenol yaitu anthocyanins dan ellagitannins. Kedua zat tersebut adalah anti oksidan yang sangat kuat dan mampu mencegah kerusakan oksidatif sekaligus melindungi sel-sel di dalam tubuh. Memakan buah ini akan melindungi jantung Anda, menjauhkan tubuh dari sel kanker dan peradangan.

Buah berwarna merah ini mengandung pro vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin B1, potassium, dan folat. Stroberi mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan ginjal, yaitu mampu membantu detoksifikasi ginjal dengan membuang racun yang ada di dalam ginjal melalui urine.

ads

5. Cherry

Cherry menjadi buah yang menyehatkan ginjal karena rendah kalori dan kaya akan berbagai kandungan vitamin dan mineral. Buah ini dilengkapi dengan vitamin C, vitamin E, serat, asam folat, zat besi, magnesium, dan kalium.

Manfaat dari buah cherry adalah membantu menteralisir radikal bebas dari dalam tubuh dan mengurangi resiko penyakit genetik seperti alzheimer, kanker, dan arthritis. Buah cherry juga mampu mengurangi gejala asam urat, peradangan pada ginjal dan penumpukan cairan di dalam tubuh.

6. Anggur merah

Buah berikutnya yang baik untuk kesehatan ginjal adalah anggur merah. Buah ini enak dikonsumsi langsung atau diolah menjadi jus. Banyak terdapat kandungan vitamin dan senyawa kimia yang menyehatkan di dalam buah ini. Antara lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin, C, vitamin K, mangan, asam galat, glukosida, zat besi, kalsium, serta anti oksidan yaitu polifenol dan resveratol.

Selain bermanfaat untuk ginjal, buah anggur merah juga mampu menurunkan resiko stroke, kanker payudara, prostat, dan kanker usus besar serta mengontrol kadar gula dalam darah.

7. Lemon

Selama ini lemon mungkin lebih dikenal akan khasiatnya untuk merawat kecantikan kulit dan menurunkan berat badan. Ternyata buah yang rasanya sangat asam ini adalah obat yang ampuh untuk batu ginjal. Lemon kaya akan kandungan vitamin C, riboflavin, thiamin, asam pantothenic, zat besi, magesium, serat, kalsium, potassium, dan asam folat serta vitamin B6.

Kandungan potassium sitrat pada buah lemon mampu memenuhi kebutuhan asam sitrat harian tubuh. Zat senyawa yang punya sifat asam tersebut mampu melarutkan batu ginjal dan mencegah terbentuknya batu ginjal dengan meningkatkan kadar asam dalam urine.

8. Manggis

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau buah berwarna putih bersih dengan kulit hitam ini baik untuk kesehatan. Kulit manggis sendiri sudah banyak diekstrak menjadi berbagai jenis multivitamin untuk kesehatan. Manggis mempunyai kandungan senyawa utama yang mampu mencegah terjadinya kerusakan sel-sel dalam tubuh. Senyawa tersebut bernama xanthone. Xanthone mampu membersihkan tubuh dari berbagai zat berbahaya dan racun yang mungkin menyebabkan penyakit ginjal.

Selain itu buah manggis juga berkhasiat untuk menyembuhkan stroke ringan, memperbaiki masalah lambung dan menyembuhkan penyakit asam lambung. Sementara itu, buah manggis mampu membantu proses penyembuhan penderita sakit ginjal bocor.

9. Blueberry

Buah ini tergolong unik karena warnanya yang berbeda dengan buah pada umumnya. Warna dari blueberry adalah biru tua cerah. Tapi siapa sangka buah ini punya manfaat yang sangat besar untuk menyehatkan ginjal. Blueberry kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin B2, B6, E, B1, B3, C, dan K. Selain itu buah ini juga kaya akan kandungan senyawa yang baik untuk ginjal seperti mineral, kalsium, zat besi, proantosianidin, falvolo, resveratol, lemak, tanin, antosianin, kalium, fosfor, dan mangan.

Blueberry adalah buah dengan jumlah kalori rendah yang bisa menangkal radikal bebas dengan sangat baik. Buah ini akan membunuh virus dan bakteri jahat yang berkembang di dalam tubuh, dan mencegah keduanya melemahkan sel-sel dalam tubuh, termasuk ginjal.

Itulah berbagai macam buah yang menyehatkan ginjal. Masih banyak lagi buah buahan yang baik untuk kesehatan ginjal yang bisa Anda konsumsi. Jangan lupa juga untuk memakan makanan baik untuk penderita ginjal agar kondisi ginjal tidak semakin parah. Jagalah kesehatan ginjal dengan baik karena jika ginjal sudah bermasalah, menyembuhkannya bukanlah yang mudah dan sulit untuk mengembalikan fungsi ginjal seperti sedia kala.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan