Sponsors Link

9 Buah Yang Baik Untuk Fungsi Ginjal yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ pada tubuh manusia yang wajib dijaga kesehatannya. Karena fungsi ginjal sangatlah penting bagi kelangsungan hidup seseorang untuk itu, kita perlu memelihara agar fungsi ginjal tidak rusak. Salah satu cara untuk menjaga agar fungsi ginjal tetep sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk ginjal dan buah-buahan yang baik untuk ginjal serta menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal. Sayangnya tidak semua buah baik untuk kesehatan ginjal kita. Untuk itu mari kita bahas mengenai jenis buah yang baik untuk kesehatan fungsi ginjal.

ads
  1. Buah jeruk bali.

Jeruk bali memiliki kandungan flavanoid yang fungsinya untuk menjaga sehatan ginjal serta mencegah terjadinya kerusakan pada ginjal yang menjadi penyebab radang ginjal. Buah jeruk bali cukup mudah ditemukan di pasaran, mengkonsumsi buah ini merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal agar tetap sehat. Mengolahnya pun sangat mudah, bisa dikonsumsi secara langsung maupun dibuat jus.

  1. Buah manggis.

Seperti diketahui, kulit buah manggis kaya akan manfaat sebagai obat anti kanker yang sangat manjur. Kandungan ekstrak xanthone yang ada didalamnya bisa mengatasi penyakit ginjal kronis bahkan yang sudah parah sekalipun. Cara kerja dari senyawa xanthone yaitu secara bertahap dapat mengembalikan sistem penyaringan yang ada di dalam ginjal sehingga kotoran atau cairan tubuh yang sudah tidak digunakan dapat keluar bersama urin.

Senyawa xanthone yang ada di dalam kulit buah manggis diketahui dapat membantu proses penyembuhan penyebab ginjal bocor, serta mempelancar aliran darah di dalam tubuh.

Untuk mengkonsumsi buah manggis bisa langsung dimakan buahnya, untuk kulitnya sendiri bisa dibersihkan kemudian dikeringkan dan bisa langsung diblender untuk langsung dikonsumsi. Kulit buah manggis bisa diminum 1 sampai 2 kali dalam sehari.

  1. Buah anggur

Buah anggur termasuk buah yang cukup mudah ditemukan di pasaran, rasanya yang manis pasti disukai semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ternyata selain rasanya yang enak, buah anggur sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.  Untuk mengkonsumsi buah anggur bisa langsung dikonsumsi buahnya atau dijadikan jus. Caranya siapkan sebanyak kurang lebih 100 grm buah anggur, lalu cuci hingga bersih kemudian bisa ditambahkan dengan air ½ gelas lalu belender sampai halus. Jus buah anggur bisa langsung dikonsumsi. Buah ini dapat dikonsumsi sehari 1 kali, selain manfaatnya dapat menjaga kesehatan ginjal, buah anggur juga baik untuk menurunkan berat badan sebagai pengontrol nafsu makan.

  1. Buah blueberry

Adanya kandungan antioksidan dan phytokimia yang sangat tinggi pada buah bluebbery bisa meringankan cara kerja ginjal, sehingga kesehatan ginjal akan tetap terjaga. Buah blueberry sangat bermanfaat untuk kesehatan.  kandungan alaminya dapat menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak ginjal serta dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Cara mengkonsumsi buah ini pun bisa langsung dimakan secara langsung atau dijadikan jus blueberry. Caranya dengan menyiapkan kurang lebih  100grm buah bluberry yang sudah dicuci bersih lalu ditambahkan air putih sebanyak 1 gelas dan dibelnder hingga halus. Jus blueberry bisa langsung dikonsumsi sebagai minuman pembersih ginjal.

Sponsors Link

  1. Buah Apel

Buah apel diketahui tinggi akan beberapa vitamin dan juga serat diantaranya adalah vitamin A, vitamin b1, vitamin b3, b9 dan juga vitamin c. Mineral yang terdapat pada buah apel seperti kalisum, magnesium, potasium dan juga zat besi. manfaat dari buah apel sendiri sangatlah banyak, selain untuk menghilangkan racun yang ada pada ginjal dan dapat menghancurkan batu ginjal. Selain itu buah apel juga merupakan salah satu obat yang baik untuk penyakit ginjal karena manfaatnya yang cepat dapat menghilangkan asam, Fitokimia yang ada di dalam buah apel dapat melawan radikal bebas sehingga menekan kolesterol jahat dalam tubuh.  Untuk lebih jelasnya manfaat dari buah apel yaitu :

ads

  • Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
  • Dapat mencegah penyakit mulut
  • Sebagai obat gagal ginjal kronis
  • Dapat membantu mengurangi berat badan
  • Dapat membantu proses pencernaan.

Buah apel bisa dikonsumsi secara langsung buahnya, atau bisa juga dijadikan jus, caranya cukup dengan menyiapkan 100grm buah apel merah, kemudian di potong-potong dan ditambahkan satu gelas air, blender hingga halus dan jus apel pun siap untuk dikonsumsi. Jus apel bisa dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari untuk menjaga keehatan ginjal.

  1. Buah Semangka

Buah semangka termasuk buah yang kaya akan kandungan nutrisi, manfaat dari buah semangka dapat membantu membersihkan ginjal dan menghilangkan racun yang menumpuk di dalam tubuh.  Buah semangka memiliki sifat diuretik yang berasal dari kandungan sitrulinnya, yang bermanfaat untuk mengingkatkan urin yang dikeluarkan oleh tubuh. Kalium yang terdapat didalamnya dapat meluruhkan racun agar terbuang bersama urin sehingga dapat menjaga kesehatan ginjal. Vitamin yang terdapat pada buah semangka seperti vitamin c, B1, B6 dan juga vitamin A. Semangka juga mengandung asam amio sitrulin, asam spantotenik, tembaga biotin, kalium dan juga magnesium. Manfaat dari buah semangka sendiri diantaranya:

  • Mampu membersihkan ginjal dari racun yang menumpuk di dalam tubuh
  • Dapat menurunkan resiko kanker ginjal 
  • Dapat menurunkan resiko stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi
  • Menjaga kesehatan ginjal.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  1. Buah Pisang.

Buah pisang memiliki kadar potasium, kalium serta nutrisi yang sangat baik dan dapat menjaga kesehatan ginjal serta membersihkan ginjal yang kotor. Dalam buah pisang juga mengandung vitamin dan juga mineral yang sangat berlimpah seperti vitamin A, Vitamin B, Vitamin B6, B29 dan kaya akan asam folat. Manfaat dari buah pisang diantaranya :

  • Dapat membantu membersihkan ginjal
  • Dapat menjaga kesehatan ginjal
  • Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
  • Sebagai obat darah tinggi
  • Dapat menjaga kesehatan janin.
  1. Buah jeruk

Buah jeruk merupakan salah satu jenis buah yang didalamnya kaya akan vitamin c. Sehingga dapat membantu mengurangi resiko batu ginjal. Kandungan vitamin c yang ada di dalamnya bahkan mencapai 53,2 per 100gr, angka tesebut bisa mencukupi kebutuhan vitain c sebanyak 90%.  Jeruk juga kaya akan vitamin lain seperti vitamin A serta antioksidan serta flavanoid beta karoten, beta cryptoxanthin, tembaga, asam pantotenik dan juga kalsium. Buah jeruk dapat dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dibuat jus sebagai minuman. Manfaat buah jeruk sendiri diantaranya:

  • Mencegah penyakit jantung dan juga stroke
  • Mengurangi resiko batu ginjal
  • Mengontrol kadar gula dalam darah
  • Menurunkan resiko kanker usus besar.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
Sponsors Link

  1. Buah pepaya

Buah pepaya kaya akan berbagai macam vitamin seperti vitamin C, B1 (Tiamina) B2 (ribloflavin), B3 (Niacin), B5 (Asam pantotenik). Buah pepaya juga menjadi salah satu jenis buah yang biasa digunakan untuk pengobatan masalah ginjal karena kandungan magnesium dan kalium yang cukup tinggi di dalamnya. Manfaat dari buah pepaya sendiri diantaranya:

  • Dapat mengobati gejala gagal ginjal kronik
  • Dapat meberisihkan ginjal
  • Dapat mencegah kanker usus besar.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah kanker prostat
  • Mengurangi resiko hipertensi.

Berikut penjelasan mengenai jenis buah-buahan yang baik untuk fungsi ginjal semoga bermanfaat ya!

Sponsors Link
>
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips